Variasi Olahan Telur Ayam Arab, Sehat nan-Lezat

Reporter : Kusmiyati
Kamis, 15 Januari 2015 20:36
Variasi Olahan Telur Ayam Arab, Sehat nan-Lezat
Mulai dari hidangan telur western sampai Asia ada di resto yang diberi nama Sunny Side Up ini. Tak hanya lezat, sang pemilik Vanessa A. Setiawan juga berpikir menunya bisa berdampak sehat untuk tubuh.

Dream - Telur merupakan menu yang dekat dengan masyarakat Indonesia. Tidak sedikit yang mengonsumsinya saat sarapan atau pelengkap menu di siang atau malam hari. Untuk pecinta kuliner serba telur, restoran yang satu ini bisa dibilang cocok dimasukan ke daftar menu favorit Anda.

Mulai dari hidangan telur western sampai Asia ada di resto yang diberi nama Sunny Side Up ini. Tak hanya lezat, sang pemilik Vanessa A. Setiawan juga memikirkan efek kesehatan di setiap menunya.

" Setiap menu itu kami buat tidak hanya lezat tetapi juga menyehatkan. Semua kita pikirkan dengan matang. Kebetulan saya dan suami sangat peduli dengan itu," kata Vanessa saat ditemui Dream.co.id di kawasan Serpong, Tangerang, Kamis 15 Januari 2015.

Menurut Vanessa, ide restoran yang didirikan Juni 2011 ini tercetus karena sang pemilik berlatarbelakang bisnis telur.

" Kebetulan memang bisnis saya dan suami pendistribusian telur, dan kemudian kami suka makan dan senang dengan sesuatu yang sehat makanya restoran ini hadir," kata wanita cantik ini.

Tak perlu takut gendut ataupun alergi karena menurut Vanessa telur yang digunakan berkualitas tanpa bau amis.

" Telur yang amis itu karena tidak higienis. Kami menggunakan telur ayam Arab yang benar-benar kami jaga kualitasnya, ada sertifikat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan bersertifikat halal," tuturnya.

Benar saja, semua menu yang disajikan tidak tercium bau amis. Lidah Anda akan dimanjakan dengan tekstur telur yang lembut dan setiap bumbunya begitu meresap.

Menu yang ditawarkan diantaranya omelette, srambled eggs, egg benedict, baked egg hingga nasi goreng telur.

Memasuki tahun ketiganya, Sunny Side Up pun mengubah konsep restorannya tanpa menghilangkan menu terdahulu.

Jika sebelumnya biru pastel dan orange mendominasi restoran ini, kini lebih mengambil warna-warna kayu.

" Kami akan bertahap merenovasi semua Sunny Side Up, untuk yang pertama di Summarecon Mall Serpong ini selanjutnya di lima lokasi lain seperti Kota Kasablanka dan lainnya. Konsepnya lebih seperti khas peternakan, kayu-kayu mendominasi dan sedikit rustic," katanya.

Yang menarik, dibagian dinding restoran ini tergambar proses pembuatan menu khas resto ini yakni Omurice. Dimulai dari telur dihasilkan kemudian pembersihan, pengecekan dan akhirnya diolah menjadi menu lezat khas Asia.

Di tahun ini Sunny Side Up lebih memfokuskan pada menu andalannya, yakni Omurice sama dengan gambar di di dinding restoran.

Oleh karena itu kini Sunny Side Up menambahkan namanya dengan House of Omurice.

" Menu ini sebenarnya sudah ada pada konsep sebelumnya. Tapi dulu kita lebih menyajikan menu western hingga Asia. Semakin lama, kami melihat bahwa masyarakat Indonesia lebih menggemari menu nasi, yakni Omurice. Akhirnya kami melakukan inovasi," ujarnya.

Omurice sendiri, jelas Vanessa adalah hidangan khas Jepang yang terdiri dari Omelette dan rice (nasi), yang diproses dengan ragam variasi.

Untuk membuat omellette di Sunny Side Up House of Omurice ini, lanjut dia, ada empat jenis cara pembuatan, yakni Crepes, di mana telur dimasak hingga kering di kedua sisinya. Lava, yang dimasak setengah matang menyerupai gunung, sehingga saat di potong, telur setengah matang tadi keluar menyerupai lava.

Yang ketiga adalah Half Cooked, atau dikenal dengan telur setengah matang. Banyak orang yang menyukainya karena telur yang dimasak dengan cara ini memilik tekstur yang lebih lembut. Dan yang terakhir Well Cooked, telur yang dibuat omellette dengan matang yang sempurna, biasanya akan menjadi pembungkus nasi dalam hidangan Omurice.

Omurice di restoran yang telah memiliki empat cabang ini sangat bervariasi. Mulai dari yang manis, asam pedas, creamy hingga pedas.

Seperti Beef Demiglaze dengan Omellete taburan paprika dan nasi dengan bumbu tomat segar yang mendominasi. Bakso daging yang sangat empuk juga memberikan hidangan menjadi semakin menggoda.

Adapula Chicken Katsu Curry, dengan nasi goreng mentega dan chicken katsu yang sangat nikmat. Bumbu kari khas Jepang membuat hidangan ini sangat unik terasa.

Untuk yang ingin mencoba bumbu dengan tekstur lebih creamy, pesanlah Omurise Creamy Salmon. Balutan omellete dengan nasi goreng mentega hangat sangat memanjakan lidah.

Selain ketiga hidangan Omurise di atas, ada juga Spicy Katsubushi, Redspace Meatball, dan Brown rice Omurice.

Selain kehadiran Omurise, pada konsep barunya ini, Sunny Side Up House of Omurise ini juga menyajikan minuman sehat penuh gizi, yakni White Yolk atau Jus Putih Telur yang disajikan dengan gelas besar 'berotot'.

Hidangan serba telur ini tak hanya lezat dilidah, namun juga memiliki nutrisi yang begitu kaya. Apalagi, telur-telur yang digunakan oleh Sunny Side Up House of Omurise ini adalah telur berkualitas baik dari peternakan sendiri, yakni dari telur ayam kampung Arab.

Telur ayam kampung Arab, kata Vanessa, merupakan telur dari ayam yang diternakkan khusus sehingga telurnya mengandung lebih banyak omega 3, 127.8 mg per 100 gramnya.

Bebas bakteri E colli yang umumnya ada pada telur dan lebih kaya betakaroten. Karena betakaroten tersebutlah, telur-telur di sini memiliki warna yang cantik pada setiap kuning telurnya. Tak perlu khawatir soal harga, menu di sini berkisar Rp. 23ribu hingga Rp. 60ribu. (Ism)

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan