7 Manfaat Terong Belanda yang Jarang Diketahui, Bisa Cegah Obesitas

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 26 Juli 2022 07:48
7 Manfaat Terong Belanda yang Jarang Diketahui, Bisa Cegah Obesitas
Terong belanda memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Dream – Pernahkah Sahabat Dream mengonsumsi terong belanda? Terong belanda biasanya dikonsumsi dengan dijadikan sirup. Kamu juga bisa mengonsumsinya secara langsung. Rasanya  asam, menyegarkan, dan banyak mengandung air.

Buah yang memiliki nama latin Solanum betaceum ini berwarna merah atau kuning jingga dan banyak dijumpai di kawasan benua Amerika, Australia, dan Asia. Meskipun bukan menjadi buah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat,  Sahabat Dream jangan meremehkan manfaat terong belanda ini.

Terong belanda memiliki berbagai kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja terdapat kandungan vitamin C, fosfor, serat, kalsium, protein, energi, dan masih banyak lagi. Jadi, ketika sahabat Dream menemukan buah ini, tidak ada salahnya untuk membeli dan mencobanya ya.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat terong belanda untuk kesehatan sebagaimana dirangkum Dream melalui hellosehat.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan

Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan© Pixabay.com

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat terong belanda yang pertama adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Mengingat bahwa imunitas tubuh sangatlah penting untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Itulah mengapa, seseorang yang imunitas tubuhnya tidak baik, maka akan lebih mudah terserang penyakit.

Sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh, sahabat Dream bisa mengonsumsi terong belanda. Karena di dalamnya terdapat kandungan berupa vitamin B kompleks yang mampu untuk mengatur metabolisme tubuh. Keberadaan vitamin B di dalam terong belanda juga bisa mengolah kalori menjadi energi melalui karbohidrat dan protein. Oleh karena itulah, terong belanda menjadi buah yang bisa kamu pilih untuk menjaga tubuh yang lebih sehat.

Membuat Hidup Lebih Lama

Manfaat terong belanda yang tak kalah istimewa adalah bisa membuat hidup lebih lama. Hal ini karena di dalamnya terkandung vitamin C yang cukup tinggi. Di mana kandungan inilah yang sangat diperlukan bagi tubuh karena mampu untuk mengurangi respons inflamasi, melindungi jaringan DNA, serta bisa mengurangi biomarker stres seluler.

Manfaat itulah yang bisa membantu untuk membalikkan efek dari penuaan. Meski begitu, dalam hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

2 dari 3 halaman

Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan

Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan© Freepik.com

Mencegah Obesitas

Obesitas adalah masalah kelebihan berat badan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, berat badan haruslah dijaga dan diperhatikan dengan baik. Terutama dalam memerhatikan pola makan yang dikonsumsi sehari-hari. Nah, agar Sahabat Dream terhindar dari obesitas, maka bisa mengonsumsi terong belanda.

Hal ini pernah dilakukan sebuah studi yang meneliti ekstrak terong belanda pada tikus gemuk yang diberi makanan tinggi lemak. Hasilnya membuktikan bahwa tikus tersebut yang diberi terong belanda menunjukkan potensinya dalam menjaga berat badan. Dengan begitu, tidak ada salahnya jika sahabat Dream menyediakan terong belanda di rumah untuk dikonsumsi bersama keluarga agar terhindar dari obesitas.

Menjaga Tekanan Darah

Kondisi tekanan darah haruslah dilakukan pengecekan secara rutin agar selalu stabil. Jika tekanan darah terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka hal ini tidalah baik bagi kesehatan tubuh. Ketika tekanan darah terlalu tinggi, maka bisa memicu penyakit seperti stroke.

Untuk menjaga tekanan darah, Sahabat Dream bisa mengendalikan asupan kalium melalui makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Kebetulan, terong belanda memiliki kandungan kalium yang rendah, sehingga baik untuk kamu konsumsi. Selain itu, jangan lupa untuk mengatur makanan yang dikonsumsi sehari-hari dan memastikan asupan yang masuk ke tubuh benar-benar bergizi.

3 dari 3 halaman

Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan

Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan© Freepik.com

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat terong belanda berikutnya adalah bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Menyadari bahwa penyakit jantung menjadi penyakit yang sangat berbahaya dan bisa merenggut nyawa seseorang. Oleh karena itu, kesehatan jantung haruslah dijaga dengan baik, yakni dengan menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu makanan yang bisa Sahabat Dream konsumsi untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung adalah terong belanda. Buah ini memiliki kandungan berupa serat larut, antosianin, hingga karotenoid yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi buah tersebut, Sahabat Dream bisa terhindar dari beberapa penyakit yang berhubungan dengan jantung, seperti jantung koroner dan stroke.

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat terong belanda selanjutnya adalah bisa membantu menurunkan risiko kanker. Hal ini karena di dalam terong belanda terkandung antosianin yang ampuh dalam menangkal radikal bebas serta menghambat pertumbuhan sel kanker tertentu.

Oleh karena itu, yuk mulai mengonsumsi terong belanda dari sekarang. Sahabat Dream bisa mengonsumsinya secara langsung atau bisa juga dibuat menjadi jus yang menyegarkan.

Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah organ penting yang harus selalu dijaga kesehatannya. Karena keberadaan matalah yang akan membantu manusia dalam menjalankan aktivitasnya, terutama untuk melihat sesuatu. Sebagai upaya menjaga kesehatan mata, asupan makanan yang mengandung vitamin A sangatlah penting.

Hal tersebut bisa Sahabat Dream dapatkan dengan mengonsumsi terong belanda. Beta karoten yang ada dalam vitamin A adalah antioksidan yang mampu menghindarkan mata dari degenerasi makula seiring dengan bertambahnya usia. Demi mendapatkan mata sehat, sahabat Dream hanya perlu mengonsumsi terong belanda secara rutin tanpa memberikan tambahan gula. (mut)

Beri Komentar