Masak Ikan Kembung Yuk, Gizinya Lebih Tinggi dari Salmon

Reporter :
Jumat, 2 November 2018 14:01
Masak Ikan Kembung Yuk, Gizinya Lebih Tinggi dari Salmon
Harganya lebih murah dari ikan salmon, tapi gizinya jauh lebih tinggi.

Dream - Ikan salmon dikenal dengan nilai gizinya yang tinggi. Tak heran kalau ikan impor ini kerap dijadikan lauk andalan para ibu untuk membuat makanan bayi. Sayangnya, untuk membeli daging ikan ini memang harus merogoh kocek lebih dalam.

Sebenarnya ada lho ikan dari perairan Indonesia yang gizinya tak kalah dari salmon. Bahkan disebutkan lebih tinggi dari salmon. Ikan itu adalah kembung.

Kandungan protein, vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6, iodine, serta selenium pada ikan kembung lebih tinggi. Terutama kandungan zat omega3-nya yang jauh lebih tinggi dari salmon.

Zat tersebut dapat membantu perkembangan otak dan mata pada bayi. Vitamin D yang terkandung pada ikan kembung juga membantu penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi yang sehat.

" Ikan kita itu banyak sekali (contohnya ikan kembung). Tapi masyarakat masih belum menyadari gizi ikan-ikan lokal. Kita juga punya banyak sekali diversifikasi ikan (keragaman ikan),” ujar Machmud Direktur Pemasaran Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI kepada Liputan6 beberapa waktu lalu.

Mulai sekarang, selalu sajikan ikan kembung sebagai menu harian keluarga. Harganya lebih murah dari ikan salmon, tapi gizinya jauh lebih tinggi. Banyak cara untuk mengolah ikan kembung.

Bisa digoreng dengan bumbu kuning, dijadikan pepes dengan taburan kemangi yang tentunya sangat menggoda. Olahan kembung lainnya adalah dibakar kemudian disiram bumbu pedas balado atau sambal kecap. Nikmat!

(Sumber: Fitri Haryanti/ Liputan6.com)

Beri Komentar
Summer Style 2019