Mengintip Peternakan Ayam McDonald's Hingga Proses Diolah Sampai di Piring Konsumen

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Kamis, 19 Mei 2022 19:12
Mengintip Peternakan Ayam McDonald's Hingga Proses Diolah Sampai di Piring Konsumen
Tentunya semua orang ingin setiap proses makanan yang dikonsumsi melalui tahapan yang bersih, sehat dan halal

Dream - Dalam sebulan sudah berapa kali Sahabat Dream memasan menu ayam dari restoran cepat saji? Mungkin ada 1 atau 2 kali kita pernah mencicipi daging ayam dengan tepung khas agar menu makanan tak melulu sama. 

Nah Sahabat Dream pernah tidak berpikir berapa banyak daging ayam yang diolah sebuah restoran cepat saji untuk menghidangkan menu andalannya itu? Darimana bahan-bahan daging ayam tersebut diperoleh?

Pertanyaan itu langsung terjawab ketika restoran cepat saji McDonald's membuka dapurnya untuk memperkenalkan proses pengelolaan ayam yang tiap hari dihidangkan mereka. Tak hany soal pasokan, perusahaan juga memperlihatkan peternakan, proses penyembelihan, penyimpanan, hinga daging ayam tersaji untuk dihidangkan kepada pelanggan setianya.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Masyarakat Indonesia saat ini memiliki kecenderungan untuk semakin memperhatikan mutu makanan yang dikonsumsi. Tidak hanya mencari kualitas rasa, namun juga memperhatikan keamanan dari mutu makanan," jelas Sutji Lantyka, Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia pada virtual tour Mengenal Sistem Peternakan Ayam McDonald's Indonesia, Rabu 18 Mei 2022.

McDonald’s Indonesia memperlihatkan sistem peternakan ayam di bawah pengelolaannya. Di tempat ini, raksasa restoran cepat saji multinasional ini memantau kualitas daging ayam dengan menerapkan prinsip kesehatan dan kesejahteraan hewan.

1 dari 4 halaman

Kenyamanan Ayam Memengaruhi Kualitas Daging

Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Ayam-ayam ternak ini juga diberikan kenyamanan seperti penggunaan sistem ventilasi khusus untuk menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk, memberikan ruang gerak yang cukup, melakukan kontrol kualitas, serta menjaga kuantitas pakan ternak.

Untuk membuat ayam merasa nyaman, luas kandang dibuat dengan mengatur tempat berjalan yang sesuai habitat aslinya

Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Karena kenyamanan ayam memiliki peranan penting untuk memastikan daging ayam yang disajikan memiliki kualitas terbaik," jelas Imam Gazali, QA Manager McDonald’s Indonesia pada kesempatan yang sama.

2 dari 4 halaman

Sanitasi Habitat Ayam

Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

McDonald’s Indonesia juga menerapkan prosedur keamanan hayati atau biosecurity meliputi sanitasi untuk menjaga kebersihan semua elemen, baik dari para pekerja hingga ekosistem kandang.

Peternakan ini juga memiliki proses isolasi yaitu tindakan untuk mencegah kontak di antara hewan pada suatu area atau lingkungan.

Tindakan yang paling penting dalam pengendalian penyakit adalah meminimalkan pergerakan hewan dan kontak dengan hewan yang baru datang.

 

 

3 dari 4 halaman

Proses Pengiriman Ayam

Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Proses pengiriman ayam dari kandang ke pemotongan harus memenuhi tiga prinsip. Yang pertama menggunakan keranjang khusus agar ayam dapat bergerak bebas saat proses perjalanan.

Elemen kedua adalah pengantaran dilakukan malam hari agar ayam tidak mengalami stress.

Terakhir, jarak pemotongan tidak jauh dari kandang sesuai dengan standar global.

4 dari 4 halaman

Proses Pemotongan

Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Saat ayam sampai dari peternakan, tim McDonald's melakukan pengecekan kualitas yang diawasi dokter hewan. Daging ayam yang sudah dipotong sesuai syariat islam, diproses dengan cara halal dari pemotongan hingga pengemasan.

Daging ayam yang diproduksi harus dikirimkan pada hari yang sama. Potongan-potongan ayam tersebut akan diolah oleh juru masak McDonald's di dapur dan siap disajikan ke Sahabat Dream semua.

Tidak hanya menyoroti mengenai kualitas ayam yang digunakan, McDonald’s Indonesia juga memperkenalkan satu menu baru yaitu Smoky BBQ Wings yang terinspirasi dari menu dengan cita rasa ‘smoke’ atau asap yang saat ini tengah populer di kalangan pecinta kuliner tanah air.

Beri Komentar