Mengintip Tren Roti, Cake dan Pastry Paling Populer

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Selasa, 22 Oktober 2019 11:12
Mengintip Tren Roti, Cake dan Pastry Paling Populer
Aneka jenis roti yang semakin banyak bermunculan dan menyaingi tren kue.

Dream - Seperti halnya di dunia fashion, kuliner juga mengalami perputaran tren. Banyak variasi baru yang muncul di bidang makanan dan minuman sejak beberapa tahun terakhir.

Menurut data Kementerian Perindustrian, industri makanan dan minuman berkontribusi sebesar 6,35 persen terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) hingga triwulan I 2019.

Kuliner di bidang roti, cake dan pastry turut andil dalam memperkaya tren kuliner Indonesia. Salah satunya dengan aneka jenis roti yang semakin banyak bermunculan dan menyaingi tren kue.

" Angka konsumsi roti di Indonesia sebenarnya masih sangat rendah, tapi trennya cenderung naik. Berbeda dengan cake yang hanya dikonsumsi ketika saat tertentu saja seperti ulang tahun, roti menawarkan daily consumption," ujar Edison Manalu, CEO The Harvest Group di pembukaan The Harvest Express Stasiun Jakarta Kota, Jakarta Barat, Senin 21 Oktober 2019.

 

 

1 dari 5 halaman

Fusion Kuliner

Konsep fusion atau percampuran makanan juga sudah diterapkan di bisnis kuliner roti. Misalnya salted egg bread dengan topping telur asin kekinian.

 Pastry

Tak seperti namanya, roti ini justru terasa legit dengan sedikit rasa manis, tanpa meninggalkan kesan buttery khas telur asin. Variasi roti klasik seperti long john juga masih banyak ditemukan.

Roti ini dipopulerkan dari Melayu pada masa kolonial Inggris. Biasanya, long john disajikan hangat dengan lapisan telur dadar.

Versi manis-gurih juga diciptakan dengan kombinasi topping lainnya, seperti cream cheese.

 

2 dari 5 halaman

Sandwich

Roti lapis alias sandwich juga masih populer dan banyak dikonsumsi pada jam sarapan. Hidangan ini juga bisa disajikan dengan isian unik.

 The Harvest Express

" Kalau di sini semua isi sandwich disukai, tapi paling favorit beef rendang," imbuhnya.

Selain roti, ada juga hidangan pastry yang populer seperti danish dan croissant. Tak ketinggalan dengan cake lapis legit, red velvet dan opera. Pilihan mana favoritmu, Sahabat Dream?

3 dari 5 halaman

Pilihan Sajian Pastry Nikmat di Hiruk Pikuk Stasiun Kota

Dream - Konsep grab to go semakin populer di perkotaan. Kafe atau restoran dengan konsep ini menawarkan menu yang dapat langsung dinikmati di perjalanan.

 Pilihan Sajian Pastry Nikmat di Hiruk Pikuk Stasiun Kota

Tidak hanya enak, penyajian cepat memudahkan orang ketika berpergian. Khususnya kalangan pekerja dengan mobilitas tinggi dan aktivitas padat.

Salah satu cake shop di Indonesia, The Harvest mengusung konsep tersebut dengan membuka gerai The Harvest Express ke-2 di stasiun. Setelah Stasiun Gambir, rekan Commuters kini bisa mencicipinya di Stasiun Jakarta Kota.

" Gaya hidup masyarakat perkotaan kelas menengah sudah sangat sibuk. Dengan konsep ini, orang datang tidak perlu duduk. Bisa langsung pesan dan pergi," ujar Edison Manalu, CEO The Harvest Group di Jakarta, Senin 21 Oktober 2019.

 

 

4 dari 5 halaman

Padukan dengan Minuman Nikmat

Konsep grab to go memungkinkan pelanggan yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengganjal perut. Ada berbagai jenis roti, pastry dan slice cake yang tersaji di lemari display cantik.

 The Harvest Express

Sahabat Dream dapat memadukannya dengan berbagai kopi kekinian serta minuman lain seperti teh tarik, es cokelat dan lychee tea.

" Kopinya hasil budidaya petani lokal di Dampit, Malang yang memproduksi biji robusta terbaik," imbuhnya.

 

5 dari 5 halaman

Berapa Harganya?

Selain roti, pastry dan slice cake, The Harvest Express juga menyediakan birthday cake berukuran besar dan aneka kudapan manis seperti cokelat, permen, kukis dan madu. Harganya lebih terjangkau dari gerai The Harvest reguler.

 The Harvest Express

Dengan harga promo Rp15 ribu - Rp30 ribu, pelanggan sudah mendapat sepasang makanan dan minuman. Untuk menu a la carte, makanan dan minuman dijual mulai dari Rp10 ribu.

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik