Penyebab Makanan Indonesia Kalah Pamor dengan Hidangan 'Tetangga'

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 3 September 2019 13:49
Penyebab Makanan Indonesia Kalah Pamor dengan Hidangan 'Tetangga'
Penasaran mengapa?

Dream - Dibandingkan dengan makanan khas Asia Tenggara lainnya, makanan Indonesia belum begitu terkenal secara internasional. Padahal, cita rasa khas Indonesia banyak digemari, bahkan rendang menjadi kudapan favorit dunia.

" Masakan Indonesia sebenarnya sangat laku dan disukai, tapi belum terkenal. Nggak seperti makanan khas Korea, Jepang atau Thailand," ujar Chef Degan Septoadji di Almond Zucchini, Jakarta Selatan, Senin 2 September 2019.

Menurut mantan juri Masterchef, hal tersebut disebabkan oleh kurangnya promosi skala internasional. Masakan dari negara lain begitu ternama juga karena komunitasnya yang besar di luar negari.

" Selain itu, kalau dibandingkan dengan makanan Vietnam, Chinese atau Japanese, di negara tertentu sudah ada komunitas besarnya. Misalkan masakan khas Vietnam di Australia komunitasnya gede banget. Bahkan China Town saja ada di berbagai negara," kata Chef Degan.

1 dari 5 halaman

Bahan Makanan

Komunitas tersebut juga telah terbentuk sejak lama. Sehingga impor bahan-bahan masakan khas negara tertentu bisa lebih mudah dilakukan.

 Pala Dikategorikan Bumbu Dapur Haram?

" Vietnam banyak komunitasnya karena zaman refugee mereka memang di beberapa negara sudah punya komunitas tinggi. Mereka bisa impor barang-barangnya. Jadi kalau saya ke Australia mau masak masakan Vietnam, bahan aslinya bisa dibeli di sana. Kalau Indonesia belum ada," ungkapnya.

Sedikitnya bahan baku untuk membuat kudapan khas Indonesia menyiratkan bahwa komunitasnya paling sedikit di antara lainnya.

2 dari 5 halaman

Toko Khusus

Jika ingin masak masakan khas Indonesia, biasanya ia membeli bahan di toko yang menjual bahan makanan Thailand atau Vietnam. Bahan pun harus disesuaikan dengan yang ada.

" Bikin terasi biasanya dari toko Thailand. Santan khas Indonesia saja belum banyak. Paling yang ada kecap manis, tapi masih terbatas dari Indonesianya sendiri," kata Chef Degan.

3 dari 5 halaman

Kerap Diklaim

Menjamurnya restoran khas Thailand, Vietnam, Singapura maupun Malaysia membuat makanan dari negara tersebut lebih dikenal. Hal ini membuat makanan Indonesia kalah populer.

  Resep Kreasi Nasi Goreng Tom Yam

" Di masing-masing ada Nasi Goreng. Padahal Nasi Goreng juga dari kita. Tapi di sana nggak ada restoran Indonesia, orang nyangka ini mungkin dari Singapura. Untuk itu, distribusi bahan makanan seperti rempah itu penting supaya kita bisa dapat bahannya," ungkap Chef Degan.

4 dari 5 halaman

Hindari 3 Kesalahan Saat Membumbui Masakan

Dream - Sudah membuat masakan favorit keluarga, tetapi hasilnya malah mengecewakan. Rasa masakan tak seperti biasa. Ada yang kurang atau malah rasanya menjadi sangat aneh.

Dalam memasak, insiden salah perhitungan takaran bumbu memang kerap terjadi. Ada yang kurang atau berlebihan sedikit saja, bisa mengubah rasa dan aroma keseluruhan masakan.

Rasa yang diinginkan malah tak didapatkan. Nah, coba hindari tiga kesalahan ini dan konsisten dalam memberi takaran bumbu.

 Hindari 3 Kesalahan Saat Membumbui Masakan

1. Tidak memberi garam sama sekali

Garam jadi komponen super penting dalam masakan. Efek memberi garam pada masakan bisa membuat daging menjadi lebih empuk, sayuran menjadi lebih nikmat serta masakan jadi lebih terasa.

Dengan takaran yang pas, tidak berlebihan, justru akan mengeluarkan rasa asli masakan. Jadi, tak perlu takut memberi garam.

5 dari 5 halaman

Rempah

2. Selalu menggunakan lada hitam

Lada hitam memang memiliki rasa yang tajam. Sifat rasanya, meningkatkan kemampuan kita untuk mencicipi makanan, menstimulasi kelenjar air liur sehingga kita mengalami rasa lebih lengkap. Namun, tidak perlu menggunakannya dalam segala hal masakan seperti garam.

Sifat lada hitam tidak seperti garam yang akan melebur dengan masakan. Bumbu ini akan menonjol dengan rasa khasnya. Membumbui segala masakan dengan lada hitam akan membuatnya malah terasa membosankan.

 Tempat Terbaik Menyimpan Rempah Masakan

3. Menggunakan rempah lama
Umur rempah juga sangat mempengaruhi rasa. Ingat kembali kapan Sahabat Dream memperbarui rempah di dapur. Jika sudah lebih dari 6 bulan hingga setahun sebaiknya ganti dengan yang baru. Kesegaran rempah yang baru digiling akan sangat kualitas rasa masakan.

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan