Gado-gado, Salad Asli Indonesia Bernutrisi Super

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 4 September 2019 09:24
Gado-gado, Salad Asli Indonesia Bernutrisi Super
Ketahui faktanya.

Dream - Bagi penyuka sayuran atau mereka yang sedang berdiet, menu salad selalu jadi pilihan utama. Rasanya yang segar dengan tekstur sayuran yang garing, salad pun jadi makanan favorit.

Sebenarnya, Indonesia juga punya menu sayur yang juga tak kalah nikmat dengan salad, yaitu pecel dan gado-gado. Banyak yang menganggap kalau dua menu tersebut kurang sehat jika dibandingkan salad.

Pasalnya, sausnya dari kacang dan mengandung kalori tinggi. Belum lagi taburan kerupuknya. Bagaimana faktanya?

" Kalau diperhatikan, makanan Indonesia suka kurang serat. Tapi ada gado-gado yang lebih sehat daripada salad bule karena ada fiber dan proteinnya dari kacang," kata Chef Yuda Bustara di Almond Zucchini, Jakarta Selatan, Selasa 3 September 2019.

1 dari 5 halaman

Olah dengan Tepat

Gado-gado akan menjadi lebih sehat ketika diolah dengan cara yang benar. Cara mengolah sayur yang benar adalah menyajikannya dalam keadaan mentah, atau dikukus maupun direbus selama 1-5 menit.

 Gado-gado Boplo : Citra Rasa Kuliner Tradisional

Setelah itu siram dengan air dingin supaya nutrisinya terjaga serta warnanya tetap menarik. Sajikan gado-gado dengan saus kacang secukupnya saja, tak perlu pakai kerupuk. Untuk lebih kenyang bisa ditambah nasi merah dan irisan telur.

2 dari 5 halaman

Makanan Sehat Tinggi Protein, Cocok Jadi Menu Diet

Dream- Kandungan protein dalam makanan yang kita konsumsi sangat penting dalam pembentukan kekuatan organ tubuh, otot, kulit, dan hormon yang ada di dalam tubuh.

Oleh sebab itu makanan dengan kandungan protein yang tinggi ini sangat cocok untuk jadi menu makanan sehat sehari-hari.

Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh saja, protein juga mampu membantu tubuh kita untuk menurunkan berat badan, mengurangi lemak dalam perut, meningkatkan massa otot dan kekuatan otot.

Makanan sehat tinggi protein sangat cocok untuk kalian yang sedang berdiet dan membentuk tubuh.

Dalam rekomendasi nutrisi harian, tubuh memerlukan kurang lebih 46 gram protein untuk wanita dan 56 gram untuk pria, setiap harinya. Rekomendasi ini berdasarkan kebutuhan tubuh manusia yang sudah dirata-rata.

Untuk memenuhi kebutuhan protein harian tersebut, kita bisa mengonsumsi makanan tinggi protein seperti 7 makanan di bawah ini:

3 dari 5 halaman

Makanan Sehat Tinggi Protein, Dada Ayam

 Makanan Sehat

Makanan yang berasal dari daging hewan ini sudah sangat terkenal di kalangan orang yang rutin berdiet. Dada ayam selalu menjadi pilihan bagi artis Korea yang sedang berdiet.

Selain rasanya yang enak, dada ayam mengandung protein yang tinggi, dengan syarat kita memakannya tanpa kulit.

Dalam daging bagian dada ayam ini terdiri dari 80% protein kalori, dan apabila dada ayam direbus tanpa kulit mengandung 53 gram protein dengan 284 kalori.

Kandungan ini sangat baik untuk menu diet harian, karena dengan sekali makan dada ayam, seorang pria dapat memenuhi kebutuhan protein harian mereka.

4 dari 5 halaman

Makanan Sehat Tinggi Protein, Tuna

Di antara jenis ikan, tuna menjadi salah satu ikan yang terkenal mengandung banyak nutrisi baik untuk pertumbuhan manusia, salah satunya protein.

Tidak hanya kaya protein saja, daging ikan tuna juga mengandung banyak omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak anak.

 Makanan Sehat


Dalam daging tuna kita bisa mendapatkan 94% kebutuhan protein harian. Dan dalam satu cup daging ikan tuna, mengandung 39 gram protein dengan 179 kalori.

Mengonsumsi ikan tuna secara rutin dijamin dapat memenuhi kebutuhan protein harian dan cocok jadi menu diet yang menyehatkan.

5 dari 5 halaman

Makanan Sehat Tinggi Protein, Biji Labu

Buah labu mungkin sudah biasa dikonsumsi, begitu pula dengan bijinya. Buah labu dan biji labu sama-sama mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam biji labu, kita bisa menjumpai nutrisi penting seperti zat besi, magnesium, dan zinc yang penting untuk menambah massa otot.

 Makanan Sehat


Dalam sekali mengonsumsi biji labu, kita dapat memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 14%, dan dalam 1 ons biji labu, terdapat 5 gram protein dengan 125 kalori. Porsi nutrisi ini sangat cocok untuk jadi penambah kebutuhan protein harian.

Beri Komentar
Detik-Detik Jokowi Umumkan Kabinet Indonesia Maju