Panduan Penting Saat Menyantap Barbeque Korea

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 6 September 2019 17:46
Panduan Penting Saat Menyantap Barbeque Korea
Demi kenikmatan yang lebih maksimal saat menyantapnya.

Dream - Kini sedang menjamur rumah makan dan kedai yang menyajikan menu korean barbeque. Menu daging jadi daya tariknya. Irisan daging tipis, baik yang sudah dibumbui maupun belum siap dipanggang sendiri untuk kemudian disantap bersama hidangan pendamping atau banchan.

Ada juga yang menyediakan menu hidangan laut. Biasanya, restoran korean barbque ini menawarkan paket all you can eat. Harganya mulai dari Rp100.000 per orang, boleh makan sepuasnya dengan waktu tertentu.

Bagi Sahabat Dream yang belum terlalu familiar dengan makanan ini, ada panduan penting yang sebaiknya diketahui. Tentunya demi kenikmatan yang lebih maksimal saat menyantapnya.

1 dari 4 halaman

Isi piring banchan

Sebelum mengambil daging, pilih hidangan pendamping atau dalam bahasa Korea disebut banchan. Lauk pauk ini penting untuk pengalaman K-BBQ kamu, karena menambah rasa dan tekstur yang berbeda untuk setiap gigitan.

Banchan© Banchan

Banchan ini antara lain kimchi, selada, bawang putih, kkadugi (kimchi lobak yang dipotong dadu), sukjunamul (kecambah kacang hijau yang diasinkan), japchae (mie goreng) , atau lauk apa pun yang tersedia, di meja. Termasuk bumbu-bumbu dan saus yang ada.

2 dari 4 halaman

Kimchi bisa dipanggang

Sehat dan Langsing dengan Kimchi© MEN

Bagi penyuka kimchi, buat sensasi rasa yang berbeda dengan memanggangnya. Tak perlu lama, cukup panaskan sebentar dan membuat tekstur sayuran jadi lebih lembut. Apalagi jika dipadukan dengan daging yang telah dipanggang. Juara rasanya!

3 dari 4 halaman

Panggang dulu baru celupkan ke bumbu

Mungkin kamu ingin mencelupkan daging ke bumbu sebelum dibakar demi mendapatkan rasa yang lebih meresap, tapi cara ini kurang tepat. Daging di korea barbeque sudah sangat tipis, tak perlu bumbu yang meresap.

Korea barbeque© Shutterstock

Jika dicelup bumbu malah akan menempel ke panggangan. Rasa bumbu pun bakal hilang. Sebaiknya, panggang dulu, setelah itu baru celupkan ke saus.

4 dari 4 halaman

Panggangan bersih

Selalu pastikan kondisi panggangan bersih tanpa residu sebelum digunakan. Harusnya setiap berganti pelanggan, panggangan pun diganti dengan yang bersih.

Korean barbaque© Shutterstock

 

Jika menggunakan panggangan bekas, maka banyak residu yang akan merusak rasa makanan. Jangan segan untuk meminta panggangan yang baru jika kondisinya kotor dan banyak residu.

Selamat makan, Sahabat Dream!

Sumber: Yummy

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More