Pisang Goreng Madu Legit, Bikin Sendiri di Rumah

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 6 Desember 2022 07:12
Pisang Goreng Madu Legit, Bikin Sendiri di Rumah
Chef Jerry Andrean, pemenang Masterchef Indonesia Season 7, membagikan resepnya.

Dream - Pisang termasuk buah yang mudah diolah dengan banyak cara. Salah satu yang disukai banyak orang adalah pisang goreng. Untuk membuatnya sangat mudah, cukup lumuri pisang dengan campuran tepung dan goreng.

Ada juga cara lain dalam menggoreng pisang, yaitu menambahkannya dengan campuran madu. Sahabat Dream mungkin pernah mendengar Pisang Goreng Madu Bu Nanik, jika ingin membuatnya sendiri di rumah sebenarnya cukup simpel.

Pisang ini begitu legit dan manis. Simak saja resepnya dari Chef Jerry Andrean, pemenang Masterchef Indonesia Season 7, yang diunggah di akun Instagramnya @jerrymci7.

Bahan-bahan:
- 7 sdm tepung terigu
- 2 sdm tepung beras
- 1 sdm tepung maizena
- 2 sdm gula
- 2 sdm madu
- 12-15 sdm air
- Garam sejumput
- Vanilla Essence secukupnya
- 2 pisang tanduk, potong dadu kecil-kecil

 

1 dari 4 halaman

Cara Membuat:

Pisgor© Instagram

- Dalam sebuah wadah, masukan tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, aduk rata
- Tambahkan gula, madu, air, garam, dan vanilla essence. Campur hingga adonan rata
- Masukkan pisang tanduk yang sudah dipotong dadu ke dalam adonan, aduk pelan hingga pisang terlumuri adonan
- Panaskan minyak dalam wajan. Ambil adonan pisang dengan sendok besar dan masukkan ke wajan hingga berbentuk bulat
- Goreng hingga berwarna emas-kecokelatan. Angkat dan tiriskan minyak
- Pisang goreng siap disajikan

 

 

2 dari 4 halaman

Lihat videonya

 

 

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

3 dari 4 halaman

Cara Tepat Menyimpan Pisang Biar Tahan Lama

Dream – Pisang merupakan kaya vitamin dan harganya sangat terjangkau. Rasanya yang manis dengan tekstur lembut membuat buah ini sangat disukai orang dewasa dan anak-anak.

Kita kerap kali membeli pisang dalam jumlah banyak agar bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Sayangnya, dalam beberapa hari pisang jadi lembek dan kesegarannya pun berkurang. Penting bagi Sahabat Dream mengetahui cara menyimpan pisang agar lebih tahan lama. Ikuti saja trik berikut.

© Dream

Menggantung pisang
Ketika membeli pisang kamu pasti akan melihatnya sering digantung pada kail. Ternyata ada alasan ilmiah dari cara ini. Pisang diketahui akan segera matang setelah dipetik dari pohon, dan gas etilen yang mengatur kematangan pada pisang akan terlepas dari batang setelah dipetik.

Saat digantung, pelepasan gasnya akan bekerja lebih lambat sehingga dapat menahan kematangan pisang. Selain itu, menggantung pisang juga mencegahnya cepat busuk dibandingkan hanya meletakkannya di meja, di mana pisang akan terus matang dengan cepat.

Beli pisang yang berwarna hijau
Cara terbaik agar pisang tahan lama adalah dengan membeli pisang yang memiliki warna hijau. Pisang tersebut telah dipetik saat masih hijau, lalu perlahan akan matang hingga berwarna kuning cerah seiring berjalannya waktu. Untuk itu sebaiknya pilih pisang yang belum terlalu matang apabila ingin menyimpannya lebih lama.

 

4 dari 4 halaman

Bungkus batang pisang dengan plastik
Gas etilen yang membuat pisang matang berasal dari batang. Jadi untuk memperlambat proses pematangannya, kamu bisa membungkus batang tersebut dengan bungkus plastik atau aluminium foil. Cara ini cukup berhasil namun untuk hasil terbaik, pisahkan pisang dan bungkus batangnya satu per satu.

Pisang segar© Shutterstock

Taruh pisang matang di lemari es
Bila pisang sudah matang, kita bisa memindahkannya ke lemari es jika tak ingin segera menyantapnya. Suhu dingin akan mencegah pisang matang lebih cepat (setidaknya untuk beberapa hari).

Bekukan pisang
Membekukan pisang adalah salah satu cara termudah untuk menjaganya tetap awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama. Tetapi membekukan pisang juga harus dengan benar. Pertimbangkan untuk membekukan pisang dengan mengupasnya dan simpan dalam kantong kedap udara, baru taruh di freezer. Kamu bisa mengolahnya jadi smoothies.

Laporan Yuni Puspita/ Sumber: Reader Digest

Beri Komentar