Haruka Eks `JKT48` Pimpin Lomba Masak 17an, Lihat Serunya

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 17 Agustus 2018 12:02
Haruka Eks `JKT48` Pimpin Lomba Masak 17an, Lihat Serunya
Acara yang diikuti karyawan PT Ajinomoto Indonesia itu berlangsung seru dan meriah.

Dream – Banyak ragam lomba yang digelar masyarakat dalam memeriahkan HUT ke-73 RI tahun ini. Ada yang menggelar lomba tradisional seperti panjat pinang, makan krupuk, balap karung dan lain sebagainya.

Tapi ada pula yang menggelar lomba memasak. Seperti lomba acara Umami Day 2018 ini. Serunya lagi, acara ini dipandu mantan personel JKT 48, Haruka. 

 

 Umami Day 2018

Foto: Umami Day 2018

Kegiatan lomba masak ini dibuka dengan special cooking performance oleh Mr Tsutomu Nara, Presiden Direktur PT Ajinomoto Sales Indonesia. Mr Nara, begitu biasa disapa, mendemokan keahliannya dengan membuat Beef Teriyaki menggunakan saus teriyaki.  

 Umami Day 2018

Foto: Umami Day 2018

Para peserta pun memulai lomba dengan antusias dan serius demi menciptakan menu Umami yang spesial dengan bumbu-bumbu umami. Selain mendapatkan hadiah yang menarik, pemenangnya juga akan menjadi Internal Chef di Dapur Umami.

“ Mari kita bersinergi untuk capai juara 1 produk Ajinomoto di tahun fiskal 2018,” ungkap Yani, selaku CFS (Consumer Food & Seasoning) Dept Manager dengan penuh semangat dan optimistis di hadapan peserta dan karyawan. (ism) 

1 dari 1 halaman

`Generasi Micin` di Mata Ajinomoto

Dream – Selain generasi milenel dan anak jaman now, kamu yang biasa berselancar di media sosial pasti pernah mendengar istilah `generasi micin`.  Sebutan ini biasanya dihubungkan dengan tingkah para netizen yang bikin geleng kepala

Micin sebetulnya merujuk pada sebutan masyarakat untuk penyedap rasa. Biasanya produk penyedap rasa ini mengandung bahan Monosodium Glutamate atau tenar dikenal MSG.

 Ajinomoto Jamin MSG Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Public Relation Manajer PT Ajinomoto Indonesia, M. Fachrurozy mengatakan selama ini memang masih banyak anggapan keliru dari masyarakat tentang MSG. Anggapan paling banyak beredar adalah soal MSG yang dituding tak aman untuk kesehatan

Menurut Facrurozy, produk MSG sebetulnya aman untuk dikonsumsi. “ BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan Kementerian Kesehatan sudah menyatakan (MSG) aman dan boleh digunakan,” kata Fachrurozy, di Jakarta, Kamis 12 Juli 2018.

Dia mengatakan MSG merupakan produk yang berasal dari tetes tebu yang difermentasi. Selama ini MSG juga banyak dipakai sebagai bahan tambahan pangan.

“ Misalnya, makan mie pakai MSG biar enak,” kata Fachrurozy.

Menurut Fachrurozy, perusahaannya takkan mungkin masih bisa beroperasi selama 50 tahun jika produk buatannya dianggap berbahaya. Jika terindikasi bahaya, pemerintah dipastikan sejak lama telah melarang peredaran produknya.

Fachrurozy mengakui, masih banyak masyarakat di Tanah Air yang menilai MSG secara keliru. Salah satu buktinya adalah penelitian yang menyatakan MSG dapat memicu kanker

Pada kenyataannya, penelitian itu dilakukan dengan menyuntikkan MSG pada otakseekor tikus. “ MSG itu bukan disuntikkan ke otak, tapi dimakan,” sanggah dia.

Ditambahkannya, ada pula keyakinan di masyarakat yang menganggap MSG dalam memicu otak menjadi tumpul. Anggapan ini berasal dari sebuah surat pembaca yang muncul di China pada tahun 1969. 

" Itu tahun 69. Sebelumnya tak ada masalah," kata Fachrurozy.

Dengan kondisi yang terjadi pada masyarakat, manajemen Ajinomoto mengaku upaya sosialisasi tentang penggunaan MSG memang masih menjadi pekerjaan besar. Selama ini, perusahaan terus berusaha meluruskan pemahaman yang keliru dari masyarakat tentang keamanan MSG. 

“ Dari 2008 kami (lakukan sosialisasi) bertepatan dengan 100 tahun kehadiran Ajinomoto. Kami memang fokus kesehatan MSG,” kata dia.

Tak hanya ke masyarakat, upaya menyosialisasikan keamanan MSG juga dilakukan dengan berdiskusi bersama sejumlah ahli. 

(Sah)

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan