Rendam Akar Daun Bawang, Bisa Tumbuh Lagi dan Dimasak

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 8 Juli 2020 06:48
Rendam Akar Daun Bawang, Bisa Tumbuh Lagi dan Dimasak
Jangan buang akar daun bawang, rendam saja dalam gelas.

Dream - Daun bawang selalu jadi andalan kita untukmemasak berbagai hidangan. Rasa dan aromanya begitu kuat sehingga bisa memperkaya rasa masakan. Bisa juga untuk taburan agar aroma masakan jadi lebih nikmat.

Biasanya saat membeli daun bawang, selalu ada akarnya. Jika Sahabat Dream ingin menumbuhkannya lagi, ada trik mudah yang bisa dilakukan. Langkah pertama adalah jangan membuang akarnya.

Potong saja bagian putih hingga hijau dan sisakan bagian bawah hingga ke akar agak panjang. Kedua, bersihkan akar dari tanah dan rendam dalam air. Tempatkan dalam gelas atau toples transparan.

 

1 dari 4 halaman

Tumbuh dalam Waktu 9 Hari

Taruh dekat jendela dan jaga agar tetap lembap. Setelah beberapa hari, tunas hijau akan muncul dari bagian atas potongan.

Setelah itu, daun akan kembali tumbuh sangat cepat dalam waktu 6 hingga 9 hari. Biarkan akar terendam dan ganti air setidaknya tiga hari sekali. Daun bawang dalam gelas© Shutterstock

Ketiga, saat pucuk daun memanjang empat atau lima inci, bisa menanamnya di tanah atau pot yang diisi tanah berkualitas baik. Jika menyimpan ujung akar dalam toples, daun memang akan menghasilkan tunas hijau untuk sementara waktu tetapi tanaman akan melemah pada akhirnya dan berhenti berproduksi.

Keempat, jika sudah dipindah ke tanah atau pot, potong daun dan akan terus tumbuh di tanah hampir tanpa batas. Kamu pun punya tumbuhan daun bawang sendiri di rumah.

2 dari 4 halaman

Lihat Videonya

3 dari 4 halaman

Rawat Tanaman Rempah, Bisa Jadi Bumbu Segar di Dapur

Dream - Daun rempah dan bumbu jadi andalan kita untuk membuat cita rasa masakan jadi lebih nikmat. Daun basil, thyme, kemangi, rosemarry kerap dijual dalam pot di pusat perbelanjaan.

 Rawat Tanaman Rempah, Bisa Jadi Bumbu Segar di Dapur© MEN

Jangan ragu untuk membelinya dan menaruhnya di dapur. Tanaman daun rempah yang dijual di toko sangat mudah dirawat. Tertarik untuk merawat tanaman rempah di dapur sebagai bumbu masakan? Simak trik berikut

1. Pisahkan jika sudah lebat
Daun rempah dalam pot yang baru dibeli kerap terlihat penuh, lebat, dan sehat. Nah, kondisi ini terlalu padat, akan lebih baik membagi dan memindahkannya ke pot yang lebih kecil. Taruh beberapa di luar ruangan.

Cara ini akan membuat daun tumbuh lebih banyak. Gunakan satu pot kecil (sekitar empat inci) untuk setiap tanaman, atau pot yang lebih besar jika memiliki ruang untuk menaruhnya.

 

4 dari 4 halaman

Siram dan Panen Teratur

2. Sirami setiap dua hingga tiga hari
Tanaman dalam pot kecil akan mengering sangat cepat. Uji tanah setiap beberapa hari dengan memasukkan jari ke dalam tanah dan periksa kelembapannya. Buat tanah lebih lembap secara konsisten. Jangan biarkan mengering di sela-sela penyiraman, karena ini akan membuat tanaman stres. Lakukan penyiraman tiap dua hari sekali.

 Tanaman rempah di dapur© Shutterstock

3. Panen secara teratur
Agar tanaman rempah hidup lebih lama, harus dipanen secara teratur. Banyak yang cenderung membiarkannya. Padahal semakin banyak dipanen, semakin banyak tanaman yang akan dihasilkan, jadi pastikan untuk memotong beberapa cabang dan batang secara teratur.

Beri Komentar