Sajian Nostalgia Kopi Padang di Jakarta

Reporter :
Rabu, 10 Juli 2019 08:12
Sajian Nostalgia Kopi Padang di Jakarta
Diolah dengan nanyang style dengan rasa yang otentik.

Dream – Minum kopi sudah jadi rutinitas kaum perkotaan. Apalagi, kini menjamur berbagai kedai es kopi di sudut kota dengan harga yang sangat terjangkau. Salah satu kopi yang sangat populer adalah es kopi susu.

Yaitu, sajian kopi hitam yang dicampur dengan susu segar atau susu kental manis. Meski banyak es kopi yang penyajiannya modern, kopi lokal khas daerah masih memiliki tempat tersendiri seperti kopi Padang.

Kopi ini dilatarbelakangi oleh tradisi yang dibawa oleh pendatang dari daratan Tiongkok yang kemudian menjadi budaya di Padang hingga kini. Warga lokal kerap menikmati kopi dari pagi hingga sore dengan menggunakan es (Kopi Es Padang).

Penasaran seperti apa rasa Kopi Padang? Sahabat Dream bisa menyicipinya di Kopi Goh Leng. Kedai kopi ini dikemas dengan sangat modern di Lantai 5 Pacific Place Mall Jakarta.

Dalam pembuatannya, Kopi Es Padang menggunakan kopi robusta dari Sumatera yang di proses secara tradisional dan khas yakni Nanyang style sehingga memberikan aroma kuat dan juga warnanya yang menghitam.

1 dari 6 halaman

Teko Tembaga

Racikan Kopi Es Padang ini pun terbilang unik karena dimasak dengan menggunakan teko tembaga yang menjadi ciri khas pedagang kopi di Kota Padang. Hal tersebut dilakukan Kopi Goh Leng untuk mempertahankan keotentikan dan mempertahankan rasa tradisionalnya.

Sebagai teman minum kopi, ada juga beragam camilan dengan rasa khas. Bisa membangkitkan rasa sajian tempo dulu.

 Kopi pAdang

 

2 dari 6 halaman

Rasa Otentik

" Melalui cita rasa otentik Kopi Goh Leng dan kudapan khas seperti martabak kelapa, kami ingin dapat membawa konsumen kami menjelajahi cita rasa tempo dulu. Namun kami juga tidak melupakan untuk menciptakan suasana serta nuansa kedai kopi yang modern,” kata Santi Sandra Widjaja, General Manager PT Artisan Kuliner Nusantara, seperti dikutip dari rilis yang diterima Dream.

 Kopi Goh Leng

Untuk harga yang ditawarkan oleh Kopi Goh Leng cukup terjangkau. Segelas kopi padang berkisar antara Rp34 ribu hingga Rp36.000. Sedangkan untuk camilannya mulai dari Rp20 ribu.

3 dari 6 halaman

Inikah Kopi Termahal di Dunia?

Dream - Penggila kopi pasti bersedia membayar mahal untuk secangkir kopi yang sempurna. Sahabat Dream juga peminum kopi?

Dari beragam jenis kopi yang pernah diseruput, mungkin kamu bakal penasaran dengan kopi yang disajikan oleh Klatch Coffee, kedai kopi di California, Amerika Serikat.

Kedai ini baru saja memenangkan lelang biji kopi organik Elida Geisha Natural yang disebut-sebuat sebagai salah satu kopi terbaik di dunia. Harganya dalam kondisi mentah mencapai US $803 per 450 gram atau Rp11,5 juta.

Untuk biji kopi yang sudah dipanggang harganya mencapai US $1.200 per 450 gram atau Rp17,2 juta.

4 dari 6 halaman

Dilelang

Klatch Coffee baru saja membeli membeli 4,5 kg biji kopi tersebut. Biji kopi yang dilelang hanya 10 persen dari 100 pon yang dihasilkan.

 Inikah Kopi Termahal di Dunia?

Lelang kopi berkualitas ini dilakukan oleh Specialty Coffee Association of Panama. Bagi yang penasaran dengan rasanya kopi ini dijual per cangkir. Harganya US $75 atau Rp 1 juta.

Duh, jadi penasaran rasa kopi seharga sejuta.

5 dari 6 halaman

Gemasnya Kopi dengan Gula Berbentuk Awan

Dream - Kedai kopi kekinian bukan hanya menjamur di Indonesia tapi juga di China. Salah satu kedai kopi yang sangat terkenal di negeri Tirai Bambu ini adalah Mellower Coffee.

Bukan hanya menyajikan kopi dari biji kopi berkualitas dan barista terlatih, kedai ini menarik pengunjung karena kreativitasnya. Kopi yang biasanya hanya disajikan dalam sebuah cangkir, kini tampil lebih teatrikal.

 Sweet Little Rain

Terdapat gulali putih berbentuk awan di atas sajian kopi. Saat terkena uap panas, gula tersebut bakal meleleh jatuh ke gelas.

6 dari 6 halaman

'Hujan' yang Sangat Manis

Bisa juga dinikmati layaknya permen kapas. Menu ini dinamakan Sweet Little Rain.  Tampilannya memang sangat menarik dan bikin penasaran.

 Sweet Little Rain

Apalagi, kopi ini tampak sangat Instagramable. Tak heran kalau jadi perbincangan dan membuat penasaran.

 Sweet Little Rain

Sahabat Dream ingin mencicipi kopi gula awan tersebut?

(Sah, Sumber: Bored Panda)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie