Selain Kopi, Deretan Makanan dan Minuman Ini juga Mengandung Kafein

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Kamis, 8 Desember 2022 06:36
Selain Kopi, Deretan Makanan dan Minuman Ini juga Mengandung Kafein
Ternyata terdapat beberapa bahan makanan lain yang mengandung senyawa kafein

Dream - Kafein adalah obat perangsang psikoaktif yang mempercepat sistem saraf pusat dan dapat membantu penggunanya merasa lebih bangun dan waspada. Umumnya masyarakat Indonesia selalu mengidentikan kafein dengan menu minum air kopi.  

Ketika digunakan dalam jumlah sedang, kafein umumnya merupakan cara yang aman untuk meningkatkan energi, konsentrasi, dan kinerja atletik. 

Masyarakat Indonesia juga selalu meminum kafein dalam secangkir kopi karena diyakini bisa mengusir kantuk. Padahal kafein tidak melulu berasal dari biji kopi. Banyak bahan makanan lain yang juga mengandung senyawa tersebut. Melansir dari health.com, berikut daftar makanan yang mengandung kafein.

1 dari 4 halaman

Cokelat

Cokelat berasal dari biji kakao berkafein alami, sehingga dapat mengandung jumlah kafein yang bervariasi. Persentase kakao yang lebih tinggi dalam cokelat berarti mengandung lebih banyak kafein.

Dark chocolate misalnya, lebih berkafein karena memiliki kandungan kakao yang lebih banyak dibanding cokelat susu.

Es Krim

Beberapa es krim mengandung kandungan kafein yang lebih banyak dari es krim lainnya. Es krim rasa kopi, mocca, atau cokelat misalnya mengandung kafein yang lebih tinggi yang berasal dari bahan rasa itu sendiri.

 

2 dari 4 halaman

Kopi Decaf

Walaupun mempunyai nama decaf/decaffeinated, bukan berarti kopi tanpa kafein memiliki nol kafein.

Hanya saja kandungan kafeinnya sangat sedikit, sehingga peminum kopi jenis ini masih dapat memperoleh manfaat kopi biasa tetapi dengan kandungan kafein yang lebih sedikit.

Kombucha

Kombucha, minuman teh fermentasi yang dibuat dari teh hitam, hijau, dan oolong, secara alami mengandung kafein. Kadarnya kafein pada kombucha bervariasi tergantung cara pembuatan dan merk minuman itu sendiri. Namun, kandungan kafein biasanya menurun selama proses fermentasi.

 

3 dari 4 halaman

Matcha

Matcha atau teh jepang merupakan olahan minuman bubuk yang berasal dari daun tanaman Camellia sinensis. Karena menggunakan daun teh utuh, teh matcha mengandung lebih banyak kafein dibanding teh seduh lainnya. 

Meski mengandung kafein yang mirip dengan kadar kafein di kopi, minum teh matcha dilaporkan membuat orang merasa lebih tenang dan tidak terlalu gelisah dibanding minum kopi.

Suplemen Pre-Workout 

Suplemen olahraga ini biasanya dikonsumsi sebelum berolahraga untuk meningkatkan energi dan kinerja. Minuman ini umumnya mengandung kafein, kreatin, dan asam amino. 

Beberapa merek minuman suplemen ini terkadang mengandung kadar kafein maksimal dari yang direkomendasi, bahkan kandungan kafein yang tercantum tidak sepenuhnya akurat dan bisa mengandung lebih banyak atau lebih sedikit kafein.

 

 

4 dari 4 halaman

Snack Bar

Snack bar atau protein bar biasanya kaya kalori dan karbohidrat, namun makanan ini juga bisa mengandung jumlah kafein yang bervariasi. Kafein ini bisa berasal dari sejumlah kecil kopi bubuk, ekstrak matcha dan teh hijau, yerba mate, atau kokoa.

Soda Non-Cola

Soda ringan atau soda tidak ber-cola bisa mengandung kafein, walaupun tidak sebanyak soda cola biasa. Secara tradisional, beberapa jenis soda cola dan non-cola dibuat dari kacang kola, yang secara alami mengandung kafein. Namun, produsen modern minuman mengandalkan untuk menggunakan kafein sintetis, perasa buatan, dan gula tambahan.

Obat Pereda Nyeri

Beberapa obat pereda nyeri yang dijual dipasaran mengandung sejumlah kafein. Pasalnya, senyawa ini dapat berfungsi untuk meredakan nyeri. Efek penghilang rasa sakit dari kafein adalah salah satu alasan beberapa obat jenis ini mengandung stimulan. 

(Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: Health.com)

 



 

 

 

Beri Komentar