Kafein Bukan Pemicu Jantung Berdetak Cepat?

Reporter : Irma Suryani
Rabu, 3 Februari 2016 06:04
Kafein Bukan Pemicu Jantung Berdetak Cepat?
Ada penelitian baru bahwa menyeruput kopi tidak membuat jantung berdetak cepat

Dream- Menyeruput kopi menjadi pilihan sebagian orang untuk membuat tubuh rileks. Namun penelitian lama menyebutkan jika kafein yang terdapat dalam kopi bisa membuat jantungmu berdetak lebih cepat.

Temuan itu pun membuat para penikmat kopi mengurangi konsumsi kopi agar jantung tetap sehat. 

Tetapi, sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association telah menemukan bahwa kafein tidak menyebabkan jantung berdetak lebih cepat.

Dilansir dari laman huffingtonpost, Rabu, 3 Februari 2016, para peneliti di Universitas California San Fransisco melakukan penelitian terhadap 1.388 pria dan wanita untuk mengonsumsi teh, kopi dan cokelat selama setahun. Mereka juga memantau detak jantung peminum teh, kopi dan cokelat selama 24 jam.

Hasilnya adalah 60 persen orang yang mengonsumsi kafein lebih dari satu jenis makanan dan minuman tidak terdekteksi detak jantung yang berlebihan.

" Kalian mungkin tidak perlu mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung coklat, kopi dan teh karena memiliki manfaat mengurangi resiko kardiovaskular," kata penulis studi Dr Gregory Marcus.

Layaknya sebuah hasil hasil penelitian, banyak orang yang menyangsikan temuan tersebut. Beragam pertanyaan muncul. Bagaimana jika kopi ataupun makanan dan minuman yang mengandung kafein dikonsumsi berlebihan? Apakah ada dampak yang lebih berbahaya? Hal ini tentunya akan memerlukan penelitian lebih lanjut.

Manfaat kopi lain sebenarnya sangat banyak, bisa menjadi antioksidan, dan meningkatkan rasa bahagia di dalam diri kamu.

Kini terserah pada kamu.....

Beri Komentar