10 Kementerian Unik yang Tidak Ada di Indoensia

Reporter : Sugiono
Rabu, 23 Oktober 2019 07:41
10 Kementerian Unik yang Tidak Ada di Indoensia
Inilah 10 pos menteri dan kementerian unik yang tidak mungkin akan ada di Indonesia. Mulai Menteri Yoga, Menteri Kesepian, Menteri Toilet, hingga Menteri Kebahagiaan.

Dream - Dalam dua hari ini, Presiden Joko Widodo sibuk memanggil beberapa individu yang bakal menduduki kursi menteri di Kabinet Kerja jilid II.

Nama-nama yang muncul memang cukup mengejutkan. Ada bos Go-Jek Nadiem Makarim, Komisaris NET Media Tama Wishnutama Kusubandio, mantan Ketua TKN Erick Thohir, pakar hukum Mahfud MD, hingga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Mereka diprediksi akan menduduki jabatan menteri di kabinet Presiden Jokowi untuk periode 2019-2024. Namun, saat diwawancara oleh para awak media, sebagian besar calon menteri ini memilih menunggu pengumuman resmi Presiden Jokowi. 

Mereka tidak membeberkan mau jadi menteri apa di kabinet terbaru Presiden Jokowi nantinya. Penunjukan menteri merupakan hak prerogatif Presiden.

Nah, bicara soal kementerian, umumnya sebagian besar negara punya beberapa pos menteri yang sama. Misalnya, menteri pertahanan, menteri pendidikan, atau menteri luar negeri.

Namun ada beberapa pos menteri yang unik yang mungkin akan membuat kita terheran-heran. Pos menteri itu terdengar lucu karena nama departemennya sangat tidak umum bagi orang.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 10 pos menteri dan kementerian unik yang tidak mungkin akan ada di Indonesia. Mulai Menteri Yoga, Menteri Kesepian, Menteri Toilet, hingga Menteri Kebahagiaan.

1 dari 10 halaman

1. Menteri Yoga di India

Pada tahun 2014, pemerintah yang dipimpin Narendra Modi membentuk kementerian baru. Kementerian ini khusus mempromosikan praktik kesehatan tradisional India, Yoga. Sebagai menterinya, diangkatlah Shripad Naik.

 Shripad Naik ditunjuk jadi Menteri Yoga di India.

Dia menjadi Menteri AYUSH yang merupakan singkatan dari Ayurveda, Yoga, Unani, Siddha dan Homeopati. Meskipun pembentukan kementerian baru ini memicu beberapa kontroversi.

Salah satu kampanye yang paling sukses adalah mengorganisir Hari Yoga Internasional pada 2015. Acara yoga massal pada bulan Juni ini dipimpin oleh Perdana Menteri sendiri dan sukses mendatangkan lebih dari 35.000 peserta.

2 dari 10 halaman

2. Menteri Kebahagiaan Uni Emirat Arab

Bertujuan untuk menciptakan dan memelihara kebahagiaan bagi rakyatnya, para anggota kabinet UEA membentuk kementerian kebahagiaan pada bulan Februari 2016.

Ohood Al Roumi disumpah untuk menjadi menteri kebahagiaan di depan 29 anggota kabinet. Dia menjadi menteri wanita kedelapan di negara itu. Roumi menegaskan pekerjaannya bukanlah hal yang lucu.

 Ohood Al Roumi, Menteri Kebahagiaan Uni Emirat Arab.

Karena dia harus memikul tanggung jawab yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menjadikan negara itu di antara lima negara paling bahagia di dunia pada tahun 2021.

Caranya, dengan menyelaraskan semua rencana, program, dan kebijakan pemerintah. Hasilnya sungguh luar biasa. Sesuai dengan Laporan Kebahagiaan Dunia PBB, UEA menempati urutan ke 28 di antara 157 negara paling bahagia di dunia.

3 dari 10 halaman

3. Dewan Ahli Teh Amerika Serikat

Undang-undang Impor Teh tahun 1897 menuntut agar semua teh yang diimpor ke Amerika Serikat harus memenuhi standar rasa dan aroma yang tinggi. Jadi pemerintah AS membentuk Dewan Ahli Teh.

Di dewan yang terdiri dari tujuh orang itu akan bertemu selama dua hari setiap tahun untuk minum berbagai merek teh dan menetapkan teh apa yang boleh dikirim ke Amerika Serikat untuk tahun itu.

 Dewan Ahli Teh berkumpul untuk menguji teh yang layak diimpor ke Amerika Serikat.

Mereka kemudian meneruskan saran mereka ke FDA, yang mencicipi semua teh impor untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar yang ditetapkan.

Selama 99 tahun setelah penerapannya, pemerintah AS mulai menyadari pemborosannya. Karena membebani pembayar pajak sebesar US$200.000 per tahun.

Undang-undang Impor Teh akhirnya dicabut pada tahun 1996 setelah presiden Bill Clinton memutuskan bahwa teh tidak cukup penting untuk diimpor dengan standar yang lebih tinggi daripada makanan lainnya.

4 dari 10 halaman

4. Menteri Toilet Jepang

 Menteri Toilet Jepang, Haruko Arimura.

Salah satu dari daftar tiga hal paling terkenal di Jepang adalah tentang toilet. Sedemikian rupa sehingga negara itu bahkan memiliki museum senilai US$ 60 juta yang didedikasikan untuk toilet.

Selain itu, Menteri Pemberdayaan Wanita Jepang, Haruko Arimura, memiliki julukan resmi yaitu, Menteri Toilet pada tahun 2014.

Gelar ini muncul karena keyakinannya bahwa memperbaiki toilet umum sangat penting bagi kemajuan perempuan.

" Perempuan tidak mungkin masuk ke toilet kotor di taman umum. Untuk memungkinkan wanita pekerja di luar rumah bisa nyaman memakainya, maka perlu memperbaiki toilet umum."

5 dari 10 halaman

5. Menteri Kesepian, Inggris

 Tracey Crouch, Menteri Kesepian Inggris.

Perdana Menteri Inggris Theresa May telah menunjuk Tracey Crouch sebagai Menteri Kesepian untuk mengatasi masalah sosial di negara itu, yaitu banyak manula yang terisolasi di rumah-ruamh mereka.

" Bagi banyak orang, kesepian adalah realitas menyedihkan di kehidupan modern ini," katanya.

6 dari 10 halaman

6. Kantor Modifikasi Cuaca, China

 Petugas Kementerian Modifikasi Cuaca Beiijing siap menembakkan bibit hujan.

Di China ada satu kementerian bernama Beijing Weather Modification Office atau Kantor Modifikasi Cuaca Beijing yang bertugas khusus memodifikasi atau mengubah cuaca sesuai kebutuhan.

Jadi, kementerian ini bertugas mengontrol hujan, seperti memutuskan kapan harus hujan dan di mana hujan harus turun. Kebanyakan, kementerian ini akan 'menurunkan' hujan sehari sebelum peristiwa besar atau tepat di atas wilayah yang rawan kekeringan.

Tugas terbesar mereka adalah ketika diadakan Olimpiade Beijing pada tahun 2008.

Lebih dari 32.000 anggota staf bekerja penuh waktu dan paruh waktu menembakkan peluncur roket dan peluru penyemai awan dari senjata antipesawat, ke dalam awan yang melayang di atas tempat Olimpiade diadakan. Di Indonesia, gugus tugas sejenis ini dijalankan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

7 dari 10 halaman

7. Kementerian Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan Arab Saudi

 Para anggota polisi penegak syariah Arab Saudi.

Di Arab Saudi ada kementerian Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan yang tugasnya antara lain melarang perdagangan obat dan minuman beralkohol, serta wanita berpakaian tidak pantas.

Tidak itu saja, tugas kementerian lainnya adalah melarang membawa anjing dan kucing di depan umum, mewajibkan pria ke masjid saat waktu sholat, melarang pria dan wanita yang bukan mahram di berdua di tempat publik.

Yang unik adalah tugas mereka yang melarang orang melakukan praktik perdukunan. Mereka bahkan punya unit anti-perdukunan yang akan menangkap dukun dan paranormal.

8 dari 10 halaman

8. Kementerian Perlindungan Planet, Amerika Serikat

 Ilustrasi Serangan Alien ke Bumi.

Kementerian ini menjadi bagian dari Kantor Keselamatan dan Misi AS. Misi departemen adalah untuk mempromosikan eksplorasi tata surya yang bertanggung jawab, menghindari kontaminasi biologis dari lingkungan yang dieksplorasi, serta untuk memastikan tindakan pencegahan diambil untuk melindungi biosfer bumi jika ada kehidupan di tempat lain.

NASA telah mempekerjakan kementerian perlindungan planet sejak Perjanjian Luar Angkasa ditandatangani pada tahun 1967.

9 dari 10 halaman

9. Menteri Unifikasi

 Kim Yeon-chul, Menteri Unifikasi Korea Selatan.

Meskipun muncul ancaman perang yang terus-menerus, Korea Utara dan Korea Selatan masih berharap untuk disatukan kembali suatu hari nanti.

Bahkan, konstitusi Korea Selatan menuntut agar Korea Selatan mengusahakan penyatuan kembali dengan Korea Utara.

Untuk itu, pemerintah Korea Selatan membentuk Kementerian Unifikasi, yang bertugas memperbaiki hubungan dengan Korea Utara dan mendidik warga Korea Selatan tentang manfaatnya.

10 dari 10 halaman

10. Kementerian Manajemen Penggunaan Bahasa, Shanghai

Menerjemahkan Bahasa Mandarin ke Bahasa Inggris bisa menjadi mimpi buruk bagi warga negara China.

Inilah sebabnya mengapa bank-bank China memiliki cash recycling machines atau mesin daur ulang uang tunai, sementara rumah sakit proktologi disebut rumah sakit anus.

Restoran juga menyajikan fried enema atau enema goreng (bukan sosis goreng) dan Jew’s ear juice atau jus telinga Yahudi yang sangat rasis.

 Terjemahan Bahasa Inggris dari Bahasa Mandarin yang super ngakak.

Versi bahasa Inggris yang tidak akurat dan lucu ini disebut Chinglish, sebuah pelesetan tentang bahasa China dan Inggris.

Chinglish mungkin lucu untuk orang asing dan warga negara China dengan pemahaman bahasa Inggris yang sempurna. Tetapi tidak bagi pemerintah Beijing dan Shanghai.

Pemerintah Shanghai bahkan membentuk Komisi Shanghai untuk Manajemen Penggunaan Bahasa untuk memberantas Chinglish dan menerjemahkan semua tanda dan restoran dengan benar sebelum Shanghai Expo 2010.

Sehingga, tidak ada lagi orang asing yang bingung ketika membaca tulisan area kencing atau urine district untuk ke toilet. (ism) 

Beri Komentar
Mengharukan, Reaksi Gempi Dengar Gading dan Gisel Tidur Bareng Lagi