Butuh Resolusi Karier? Ini 10 Tips Lebih Produktif di 2018

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 13 Desember 2017 15:15
Butuh Resolusi Karier? Ini 10 Tips Lebih Produktif di 2018
Tahun 2017 akan segera berakhir dan produktivitas masih gitu-gitu saja?

Dream – Tahun 2018 semakin dekat. Banyak profesional yang fokus untuk melakukan yang lebih baik tahun depan.

Salah satu resolusinya adalah produktivitas kerja.

Produktivitas inilah yang selalu ingin ditingkatkan oleh banyak orang. Sahabat Dream bisa meningkatkan produktivas kerja dan menendang kebiasaan buang-buang waktu.

Bagaimana caranya?

Dilansir dari Flipboard, Rabu 13 Desember 2017, ada tips-tips yang bisa diterapkan untuk meningkatkan produtivitas kerja. Misalnya berhenti berlanggan dari newsletter media sosial, seperti Twitter. Jika merasa ada feed yang kurang bermanfaat, segeralah berhenti untuk berlangganan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan informasi yang lebih penting dengan cepat.

Ada juga cara lainnya, yaitu mempelajari jalan pintas keyboard komputer. Pintasan ini akan menghemat waktu Sahabat Dream untuk bekerja. Cara yang paling mudah, selalu biasakan untuk menekan Control+A untuk mengeblok semua tulisan.

Selain itu, apa lagi? Berikut ini ada 10 tips untuk meningkatkan produktivitas kerja yang bisa dilakukan oleh Sahabat Dream.

1 dari 5 halaman

Matikan Notif di Gadget, ya!

Matikan Notifikasi di Gawai

Mematikan smartphone ketika bekerja tidak selamanya praktis. Justru yang lebih praktis adalah mengatur notifikasi. Pop up yang berulang-ulang muncul akan membuat konsentrasi terpecah dan membuat Anda untuk berpaling ke smartphone.

Menyusun Jadwal E-mail

Pemberitahuan e-mail baru juga bisa membuat konsentrasi bekerja terpecah. Lebih baik mengatur kapan waktu untuk mengecek e-mail. Plus, jangan merasa bersalah ketika tidak tidak buru-buru melihat e-mail baru yang masuk.

2 dari 5 halaman

Kerjakan Tugas yang Paling Penting dan Jangan Nyanyi

Hindari Lirik

Memainkan lagu ketika bekerja memang enak, apalagi kalau di laptop. Tapi, jangan sampai Anda menyetel mp3 dengan lirik. Sebab, lirik-lirik ini bisa mengganggu konsentrasi dan mendorong Anda untuk bernyanyi. Lebih baik menyetel lagu instrumental.

Lakukan yang Paling Prioritas

Kebanyakan orang lupa tentang poin ini. Nah, usahakan mengerjakan tugas yang paling prioritas, misalnya mengerjakan artikel yang menjadi tugas kantor sebelum mencari-cari berita yang hits. Jika melakukannya secara acak, Sahabat Dream tak bisa mengerjakannya tepat waktu.

3 dari 5 halaman

Coba Deh Dua Tips Ini

Potong Waktu Rapat 25 Persen

Rapat memang penting. Tapi, kalau rapat lama-lama, itu akan menghabiskan waktu Anda untuk bekerja. Belum lagi ada tugas yang menumpuk. Jika Sahabat Dream seorang manajer, Anda bisa memangkas waktu rapat 25 persen agar staf bisa memiliki waktu lebih banyak untuk mengerjakan tugasnya.

Cek Diri Sendiri

Setidaknya seminggu sekali, periksa kembali diri sendiri dengan rencana kerja yang telah dibuat. Lalu, bagaimana perasaan ketika mengerjakan ini semua. Jangan sampai menyalahkan diri sendiri terus-menerus ketika mengerjakan semua tugas di kantor.

4 dari 5 halaman

Sahabat Dream Jangan Segan Melakukan Ini

Jangan Ragu Katakan “ Tidak”

Selalu mengatakan “ ya” akan membuat Anda keteteran menggarap tugas. Jangan ragu untuk mengatakan tidak ketika diminta atasan untuk mengerjakan tugas baru—ini berlaku ketika pekerjaan sedang banyak-banyaknya. Dengan begitu, Sahabat Dream akan memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan tugas sebaik-baiknya.

Berhenti Multitasking

Bekerja multitasking ini bisa membuat Anda gagal mengerjakan tugas dengan sempurna. Lebih baik kerjakan tugas satu per satu terlebih dahulu. Sahabat Dream perlu focus yang tajam untuk mengerjakan tugas.

5 dari 5 halaman

Nah, Ini yang Paling Sering Dilupakan

Jangan Lupa Menyimpan Tugas

Yang namanya bekerja dengan komputer, kita tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Bisa saja listrik padam ketika sedang asyik-asyiknya bekerja tapi pekerjaan belum disimpan. Itu rasanya nyesek banget. Kita harus mengerjakan ulang pekerjaan dari nol.

Tak mau seperti itu, jangan malas untuk sering-sering menyimpan pekerjaan. Cukup tekan tombol keyboard Ctrl+S, komputer akan segera menyimpan pekerjaan yang telah dibuat.

Gunakan Templates

Jika berulang-ulang membuat dokumen yang sama, ini namanya membuang-buang waktu. Lebih baik membuat templates untuk mempermudah Anda untuk membuat dokumen. Plus, Sahabat Dream bisa menghemat waktu untuk bekerja.

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya