3 Tips Beli Rumah untuk Generasi Milenial

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 27 Januari 2017 06:15
3 Tips Beli Rumah untuk Generasi Milenial
Memiliki hunian merupakan impian bagi semua orang.

Dream - Memiliki rumah adalah dambaan bagi setiap orang, terutama mereka yang termasuk generasi milenial. Meskipun begitu, tak jarang mereka menunda-nunda untuk membeli rumah dengan alasan belum ada dana atau belum mendesak.

Padahal mereka tahu, semakin lama menunda membeli rumah, harga juga akan semakin tidak terjangkau. Lalu, bagaimana caranya supaya generasi milenial tidak kesulitan membeli rumah?

Country General Manager Rumah123.com, Ignatius Untung, memberikan beberapa tips. Yang pertama, mereka yang belum lulus kuliah atau sudah bekerja, sebaiknya mulai menabung.

" Buat yang belum lulus kuliah atau sudah kerja, harus sisihkan uang," kata Untung di Jakarta, Kamis 26 Januari 2017.

Yang ke dua, kata Untung, mengubah kebiasaan. Biasanya, orang yang baru menerima gaji, langsung membelikan macam-macam. Makanya, tidak jarang mereka tidak memiliki sisa gaji untuk ditabung. Sebaiknya, ketika menerima gaji, uang tersebut tidak langsung dibelanjakan. 

" Seharusnya, (begitu) kita dapat gaji, langsung sisihkan untuk tabungan," kata dia.

Yang ke tiga, mengubah pola pikir. Untung mengatakan generasi milenial sebaiknya memiliki daftar prioritas. Misalnya mendahulukan rumah daripada jalan-jalan.

" Kalau mau beli (sesuatu, harus berpikir), 'mana yang ditunda tapi saya tidak bisa membeli' dan 'mana yang ditunda tapi saya bisa membeli'," kata dia.

Contohnya, lanjut Untung, membeli rumah dan jalan-jalan. Dia mengatakan pembelian rumah menjadi prioritas daripada jalan-jalan karena harga rumah akan semakin tidak terjangkau--meskipun gaji naik--jika semakin ditunda. Sebaliknya, kegiatan jalan-jalan masih bisa dilakukan meskipun ditunda, apalagi jika ada kenaikan gaji.

" Semakin ditunda, properti semakin tidak terbeli," kata dia.

Beri Komentar
Mesranya Foto Post-Wedding Lindswell Kwok dan Hulaefi