4 Tips Irit Setelah Lebaran, Perhatikan yang Nomor 2

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 2 Juni 2020 08:36
4 Tips Irit Setelah Lebaran, Perhatikan yang Nomor 2
Apalagi saat ini sedang ada corona.

Dream – Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, lebaran tahun ini kamu dituntut ekstra hemat. Ada beberapa kebutuhan yang harus diprioritaskan di tengah pandemi corona.

Namun, kamu tak perlu khawatir terhadap pengeluaran yang masih tak terkontrol. Ada beberapa tips berhemat setelah Lebaran agar dompet tetap aman dan silaturahmi jalan.

Jika kamu merasa keuangan sedang tidak baik-baik saja, lebih baik tidak perlu membeli hal-hal yang tidak begitu penting.

Berikut ini tip berhemat setelah Lebaran agar dompet tetap aman dan silaturahmi jalan sebagaimana dikutip dari Cek Aja, Selasa 2 Juni 2020:

1 dari 4 halaman

Atur Keuangan Kembali

Tips berhemat setelah lebaran yang pertama adalah memeriksa dan mengatur keuangan kembali. Setelah lebaran, mungkin kondisi keuangan agak sedikit tak terkontrol, demi tetap bisa merayakan dengan suka cita.

 © Dream

Setelah itu, tekadkan diri kamu untuk memulai mengatur kembali keuangan dari awal. Misalnya, dengan mengatur uang belanja, uang untuk menabung, investasi, untuk kebutuhan pokok dan lain-lain.

Hal tersebut dilakukan agar alokasi dana bisa tersusun dengan baik. Sehingga, jika kamu membutuhkan dana, kamu bisa menggunakan dana sesuai perencanaan, dan tidak terpecah.

2 dari 4 halaman

Lunasi Utang

Di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, penghasilan seseorang mungkin saja tidak sama seperti bulan-bulan sebelumnya, yang full tanpa potongan. Dengan adanya pemotongan gaji, beberapa kebutuhan pun mungkin tidak bisa kamu beli.

Mungkin beberapa orang memilih untuk meminjam dana ke beberapa lembaga keuangan atau bahkan ke keluarga, teman dan kerabat. Kegiatan tersebut memang sangat membantu. Perlu diingat kembali, kamu juga harus melunasi utang-utang tersebut tepat waktu.

Terlebih, hal ini juga termasuk dalam tips berhemat setelah lebaran, yang bisa membuat kondisi finansial mu kembali sehat. Jika, mendapatkan penghasilan lebih, sebaiknya kamu tutupi dulu hutangmu agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Setelah itu, kamu baru bisa memulai lagi mengatur keuangan untuk kebutuhan lainnya.

3 dari 4 halaman

Batasi Pengeluaran Harian dan Bulanan

Ketiga, membatasi pengeluaran harian dan bulanan. Tips berhemat setelah lebaran selanjutnya adalah dengan cara membatasi pengeluaran harian dan bulanan. Jika sebelumnya bebas membeli sesuatu yang penting maupun tidak penting, kali ini kamu harus benar-benar menyaring apa saja hal-hal penting yang wajib dibeli.

 © MEN

Untuk pengeluaran harian, mungkin kamu bisa memprioritaskan membeli bahan pangan atau bahan pokok. Untuk pengeluaran bulanan, kamu bisa memprioritaskan membeli token listrik, bayar kontrakan atau cicilan rumah, pulsa handphone, hingga bensin.

Batasi pengeluaran yang tidak penting, di mana stop dulu membeli barang-barang keinginan kamu, dan belilah barang-barang yang menjadi kebutuhan kamu.

4 dari 4 halaman

Prioritaskan Kebutuhan yang Penting

Keempat, memprioritaskan kebutuhan penting. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sebaiknya kamu memprioritaskan membeli barang-barang yang penting.

Misalnya makanan, bahan pokok, obat-obatan, vitamin, masker, dan alat-alat kesehatan lainnya.

Terlebih, kini memiliki tubuh yang sehat menjadi hal yang mahal. Tidak mau bukan, jika kamu mementingkan membeli baju baru, tetapi kamu kelaparan hingga sakit?

Beri Komentar