5 Tips Ampuh Cegah `Kalap` Belanja Pas Ramadan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 11 Mei 2018 06:30
5 Tips Ampuh Cegah `Kalap` Belanja Pas Ramadan
Tak jarang pengeluaran membengkak selama bulan Puasa.

Dream – Bulan Ramadan semakin dekat. Di bulan yang penuh berkah ini setiap Muslim dilatih untuk bersabar dari makan dan minum serta mengendalikan emosi.

Meski separuh hari dihabiskan dengan puasa, ada kalanya kita kalap saat belanja. Apalagi saat menjelang berbuka puasa. Tanpa sadar kita mengeluarkan uang untuk membeli makanan pembuka yang sebetulnya takkan habis disantap. 

Ramadan memang sering kali membuat orang mengeluarkan uang lebih banyak. Tak heran banyak dompet jebol karena ketidakmampuan kita menahan nafsu berbelanja. Apalagi jika sudah mendekati Lebaran. 

Lalu bagaimana caranya agar bulan Puasa keuangan tidak jebol?

Dikutip dari iMoney, Jumat 11 Mei 2018, ada lima tips yang bisa kamu ikuti. Yang pertama, menetapkan anggaran untuk buka puasa. Tak jarang, jajanan takjil yang menjamur di pinggir jalan membuat mata kalap dan sukses membuat orang mengeluarkan banyak uang untuk membeli makanan-makanan untuk berbuka. Sering kali makanan yang sudah dibeli tidak habis dimakan.

Kedua, membuang pengeluaran yang tidak perlu. Kamu bisa mencoret pengeluaran “ rutin” yang biasa dilakukan di luar bulan Ramadan, misalnya, nonton bioskop.

Sahabat Dream juga sebaiknya mulai belajar menghindari belanja sekaligus. Biar hemat, kamu bisa membeli barang-barang jelang Lebaran satu per satu. Misalnya, membeli baju di luar bulan Puasa. Kalau bisa, “ cicil” pembelian barang untuk keperluan hari raya Idul Fitri.

Keempat, hindari buka puasa yang mewah. Saat bulan Ramadan, akan lebih baik jika buka puasa di rumah bersama keluarga dan teman-teman Anda. Tak apa sekali dua kali berbuka puasa di restoran dan hotel. Kalau mau dompet “ selamat”, lebih baik membatasi pengeluaran untuk ini.

Tips terakhir yang bisa kamu terapkan adalah terus melanjutkan untuk pengeluaran tak terduga. Meskipun hari Lebaran mendorong mengeluarkan lebih banyak uang, kamu harus tetap melanjutkan kebiasaan menabung. Sisihkan minimal 10 persen dari gaji untuk pengeluaran tak terduga setelah Lebaran.

Yuk kita belajar menahan nafsu selama Ramadan.

(Sah)

 

Beri Komentar