Bank Indonesia Pertahankan BI Rate 7,5%

Reporter : Ramdania
Selasa, 14 April 2015 16:50
Bank Indonesia Pertahankan BI Rate 7,5%
Bank Indonesia kembali menahan suku bunga acuannya di level 7,5%. Pencapaian inflasi menjadi alasan keputusan tersebut.

Dream - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia memutuskan tetap mempertahankan BI Rate sebesar 7,50 persen, dengan suku bunga Deposit Facility 5,50 persen dan Lending Facility pada level 8,00%.

Menurut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara, keputusan tersebut sejalan dengan upaya untuk mencapai sasaran inflasi 4 plus minus 1 persen pada 2015 dan 2016.

" Keputusan ini juga untuk mengarahkan defisit transaksi berjalan ke tingkat yang lebih sehat dalam kisaran 2,5-3 persen terhadap PDB dalam jangka menengah," ujar Tirta dalam keterangan persnya, Selasa, 14 April 2015.

Bank Indonesia, lanjut Tirta, akan terus mewaspadai risiko eksternal dan domestik serta secara konsisten memperkuat bauran kebijakan moneter dan makroprudensial, termasuk memperkuat langkah-langkah stabilisasi nilai tukar Rupiah, guna menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Selain itu, tambahnya, koordinasi dengan Pemerintah juga terus diperkuat dalam pengendalian inflasi dan defisit transaksi berjalan, serta mendorong percepatan reformasi struktural.

" Dalam kaitan ini, Bank Indonesia mendukung langkah-langkah Pemerintah memperkuat stabilitas makroekonomi dengan melanjutkan berbagai reformasi struktural, termasuk berbagai langkah perbaikan neraca transaksi berjalan dan percepatan berbagai proyek infrastruktur yang diperlukan dalam mendorong pertumbuhan yang berkesinambungan," tutup Tirta.

Beri Komentar