Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Yusril Ihza Mahendra Digandeng Bank Muamalat

Yusril Ihza Mahendra Digandeng Bank Muamalat Yusril Ihza Mahendra Ditunjuk Jadi Kuasa Hukum Bank Muamalat. (foto: Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafian)

Dream - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menunjuk Yusril Ihza Mahendra menjadi pengacara perusahaan. Yusril diharapkan bisa membantu mengatasi masalah yang ada di perusahaan.

“Pak Yusril akan membantu Bank Muamalat, terutama aspek hukum. Bank Muamalat sangat membutuhkan pendampingan dari sisi aspek hukum,” ujar CEO Bank Muamalat, Achmad K. Permana, di Jakarta, Rabu 5 Februari 2020.

Permana berharap pengacara baru ini bisa menciptakan atmosfer yang baik. Dengan begitu, kinerja positif perusahaan bisa meningkat.

“Pak Yusril akan mempercepat recovery Muamalat karena Bank Muamalat adalah icon,” kata dia.

Yusril mengatakan banyak nasabah yang bermasalah dengan Bank Muamalat selama sembilan tahun. Mantan Ketua Hukum Jokowi-Ma'ruf ini bertekad, untuk memperbaiki masalah hukum yang ada di Bank Muamalat.

“Saya masuk tim hukum Muamalat akan mencari solusi yang terbaik. Bisa dengan imbauan, somasi, perundingan atau hukum,” kata dia.

Bank Muamalat Sebentar Lagi Jadi Milik Ilham Habibie Cs

Dream - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan restu kepada Ilham Habibie dan mitranya yang tergabung dalam konsorsium Al Falah Investment Pte. Ltd menjadi pemilik baru Bank Muamalat. Proses pembelian bank syariah pertama di Indonesia itu sudah memasuki tahap melengkapi persyaratan administrasi.

"OJK telah menerima komitmen konsorsium Al-Falah dengan anggota lainnya yang saat ini sedang memproses dan melengkapi administratif," kata juru bicara OJK, Sekar Putih Djarot, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 5 Februari 2020.

Menurut Sekar, konsorsium Al-Falah melaporkan sedang menyediakan escrow account untuk kebutuhan pembelian Bank Muamalat.

 



Tahap selanjutnya, OJK akam meminta Bank Muamalat dan investor baru untuk menyampaikan pernyataan kepada publik setelah proses suntikan modal selesai.

Sekadar informasi, Al Falah merupakan perusahaan yang didirikan oleh Ilham Habibie. Putra sulung Alm. B. J. Habibie ini kini menjabat sebagai komisaris utama di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Dari sejumlah investor yang menyatakan minatnya menjadi investor baru Bank Muamalat, Al Falah dianggap calon yang paling siap menyuntikkan modal.

Ilham Habibie Siap Suntik Duit ke Bank Muamalat

Dream - Ilham Habibie siap menyuntikkan dana ke Bank Muamalat. Komisaris PT Bank Muamalat Tbk itu membentuk konsorsium sebagai investor bank syariah ini.

Ilham memimpin konsorsium investor yang terdiri dari dirinya sendiri, Arifin Panigoro, Lynx Asia, dan SSG Capital.

Putra B.J. Habibie ini ingin mempertahankan keberadaan Bank Muamalat. Apalagi, bank ini merupakan bank syariah pertama di Indonesia.

 

 

“Bank Muamalat sebagai bank pertama murni syariah yang memiliki nilai historis dan emosional bagi umat Islam di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk mempertahankan keberadaannya," kata Ilham di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Kamis 4 Oktober 2018.

Dia mengatakan salah satu cara yang dilakukan oleh konsorsium adalah menyuntikkan dana segar melalui penerbitan saham baru (right issue).

Dana Segar Bantu Bisnis Bank

Direktur Utama Bank Muamalat, Achmad K. Permana, mengatakan kepastian investor ini akan membantu bank syariah ini. Plus, akan membantu bisnis bank ke depannya.

Kehadiran Ilham dan konsorsium akan memberikan keyakinan bagi nasabah dan stakeholder Bank Muamalat.

Rencananya, pada 11 Oktober 2018, akan diadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Salah satu agendanya adalah right issue.

“Ke depannya, perseroan optimis bahwa permodalan Bank Muamalat akan semakin kuat dan stabil, sehingga upaya perseroan untuk melakukan ekspansi pembiayaan dapat berjalan dengan baik,” kata Permana.

Siapa Pun Boleh Jadi Investor

Juru Bicara Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sekar Putih Djarot, mengatakan siapa pun boleh menjadi investor Bank Muamalat. Asal, dia memiliki kredibel dan dana segar.

Pernyataan ini disampaikan menanggapi kabar investor dalam rangka penambahan modal Bank Muamalat.

Investor tersebut harus menempatkan sejumlah uang dalam escrow account di Bank Muamalat sesuai kesepakatan dengan otoritas.

Terakhir, bank harus segera melakukan RUPS untuk menetapkan investor tersebut.

(Sumber: Liputan6.com/Bawono Yadika)

Ilham Habibie Minati Bank Muamalat? OJK: Tunjukan Dulu `Tabungan` Rp4 T

Dream – Ilham Habibie dan konsorsiumnya dikabarkan berminat menjadi investor PT Bank Muamalat Tbk. Meski kabar itu santer beredar, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan  konsorsium belum mengajukan surat formal terkait rencana tersebut.

Ketua Dewan Komisaris OJK, Wimboh Santoso, mengizinkan siapa saja untuk mengajukan diri sebagai investor di bank syariah ini. Asalkan, harus memenuhi kaidah yang ditentukan.

“Silakan siapa saja boleh propose. Siapa yang jadi lead konsorsium. Itu silakan, boleh. Tapi, harus propose kepada otoritas,” kata Wimboh di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Kamis 4 Oktober 2018.

Menurut Wimboh, konsorsium harus menerangkan soal anggotanya dan rencana untuk menyuntikkan modal yang sebelumnya sudah mendapatkan persetujuan anggota.

 

 

Jika ingin memberikan dana segar ke Muamalat, Wimboh mengatakan setiap anggota dalam konsorsium harus melampirkan pemberian dana sebesar Rp4 triliun yang ditujukan dalam escrow account.

“Dalam escrow account, itu nominalnya Rp4 triliun. Setelah ada escrow, baru berbicara. Baik yang jadi anggota, ketua konsorsium, harus kirim surat,” kata dia.

Wimboh mengimbau kepada pihak konsorsium untuk tak hanya melempar wacana investasi jika administrasi belum siap.

“Kalau hanya bicara, silakan. Tapi surat formal kepada otoritas baru ada, baru siap, baru bicara serius,: kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
40 Kata-Kata Lucu Sindiran Bayar Utang secara Halus, Biar yang Ngutang Cepat Sadar

40 Kata-Kata Lucu Sindiran Bayar Utang secara Halus, Biar yang Ngutang Cepat Sadar

Kata-kata lucu sindiran bayar utang mungkin diperlukan untuk mengingatkan kembali agar segera membayar utangnya.

Baca Selengkapnya
Bagaimana Hukum Meminjam Uang di Bank untuk Modal Usaha dalam Islam? Begini Penjelasan Buya Yahya

Bagaimana Hukum Meminjam Uang di Bank untuk Modal Usaha dalam Islam? Begini Penjelasan Buya Yahya

Ada dua jenis bank, yakni konvensional dan syariah. Di samping itu, tidak menutup kemungkinan terjadinya riba yang sangat dilarang Islam.

Baca Selengkapnya
Merasa Bersalah, Penipu Kembalikan Uang Usai Tahu Korbannya Yatim Piatu, Bahkan Dikasih Jumlah yang Lebih Banyak

Merasa Bersalah, Penipu Kembalikan Uang Usai Tahu Korbannya Yatim Piatu, Bahkan Dikasih Jumlah yang Lebih Banyak

Penipu ini merasa bersalah hingga akhirnya mengembalikan uang milik korban. Bahkan jumlahnya jauh lebih besar dari yang dicuri

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.