Baru Rintis Bisnis? Baca 3 Tips Ini!

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 8 Mei 2017 07:15
Baru Rintis Bisnis? Baca 3 Tips Ini!
Para pelaku usaha bisa mengikuti tips ini untuk mengembangkan bisnis.

Dream Sahabat Dream, salah satu pintu rezeki adalah berdagang. Tidak jarang orang yang merintis usaha, mencari cara aman untuk menumbuhkan bisnisnya.

Tetapi, tidak jarang pula bisnis yang dirintis gulung tikar. Ada beragam alasan yang membuat bisnis jadi mandeg. Beberapa di antaranya soal pemasaran dan tak ada peluang  bisnis.

Dilansir dari CNBC, Senin, 8 Mei 2017, ada tiga tips yang bisa diikuti oleh pebisnis dalam menumbuhkan usaha yang dirintisnya. Pertama, promosi mulut-ke-mulut.

Jangan remehkan tips marketing sederhana ini. Cara promosi ini cukup ampuh untuk mempromosikan produk dan jasa bisnis seseorang kepada publik.

Tidak percaya? Sebuah kajian Nielsen pada tahun 2015 menunjukkan 90 persen konsumen lebih suka suatu produk yang direkomendasikan oleh temannya.

Yang kedua, menjadi seorang yang oportunis. Tidak jarang, pelaku usaha kecil, menjalankan usaha mereka sesuai dengan apa yang mereka ketahui.

Bukannya enggan untuk maju, banyak waktu mereka tersita untuk mengelola keuangan dan bisnis mereka. Mereka juga tidak punya kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman bisnis.

Alangkah baiknya jika wirausahawan meluangkan waktu untuk belajar hal baru, misalnya tentang teknologi. Dengan begitu, mereka bisa menjadi pebisnis yang jeli melihat peluang. Contohnya, menggunakan teknologi pembayaran mobile untuk transaksi bisnis.

Yang ketiga, mencari mentor. Dalam menjalin relasi dengan pebisnis lainnya, pelaku usaha sebaiknya mencari mentor bisnis. Tujuannya untuk membantunya dalam mengembangkan dan menjalankan bisnis.

Mentor juga bisa membantu pelaku usaha kecil dengan berbagi pengethuan bisnis. Tentu saja mereka lebih berpengalaman dalam berbisnis daripada pebisnis yang baru merintis usaha.

Beri Komentar