Dua Masalah Bisnis Ini Kerap Menghadang Pengusaha

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 7 April 2017 13:27
Dua Masalah Bisnis Ini Kerap Menghadang Pengusaha
Salah satunya�

Dream – Dalam dunia bisnis, para pelaku usaha kerap menghadapi sejumlah kendala. Sebut saja omzet turun atau penjualan terhambat. Namun, ada dua masalah utama yang kerap ditemui pelaku usaha dalam berbisnis.

" Yang pertama, kita ini seperti menyetir dalam kondisi 'buta' (dalam menjalankan bisnis)," kata perencana keuangan syariah, Ahmad Ghozali, dalam acara " Membangun Bisnis sesuai Syariah" di kompleks Al Azhar, Jakarta, Jumat 7 April 2017.

Menurut Ghozali, usaha tanpa mengetahui dasar-dasar berbisnis sama dengan menyetir kendaraan tanpa memahami rambu-rambu lalu lintas. Padahal, dasar-dasar bisnis seperti pemahaman omzet dan pemisahan keuangan antara keuangan pribadi dan usaha sangatlah penting. 

Prinsip yang ke dua, lanjut dia, adalah riba. Tidak jarang pelaku usaha berurusan dalam riba. Untuk itu, dia meminta pelaku usaha untuk menghindarinya.

" Berbisnis jangan dalam kondisi riba karena tidak akan berkembang. Kalaupun berkembang, (bisnisnya) akan rapuh sekali. Kalau mau, jauhi riba, perbanyak bisnis," kata Ghozali.

Beri Komentar