Begini Cara Jual Barang Digital dalam Bentuk NFT di OpenSea Seperti Foto Selfie Ghozali Everyday, Raup Cuan Miliaran Rupiah!

Reporter : Sugiono
Kamis, 13 Januari 2022 12:59
Begini Cara Jual Barang Digital dalam Bentuk NFT di OpenSea Seperti Foto Selfie Ghozali Everyday, Raup Cuan Miliaran Rupiah!
Koleksi foto selfie termurah dari Ghozali Everyday sekarang dijual seharga 0,28 ETH. Jika dikonversi dalam bentuk uang rupiah, nilainya sekitar Rp13,5 juta!

Dream - Baru-baru ini nama Ghozali Everyday menjadi perbincangan hangat di jagat dunia maya, khususnya Twitter.

Pria Semarang ini viral karena berhasil menjual foto selfie-nya dalam bentuk Non Fungible Token (NFT) di e-commerce OpenSea.

Foto selfie Ghozali yang diambil di depan komputer setiap hari dalam rentang waktu 2017 hingga 2021 itu pun laku dijual dengan harga fantastis hingga 277 Ethereum atau berkisar Rp13,3 miliar.

Bahkan koleksi foto selfie termurah dari Ghozali Everyday ini sekarang dijual seharga 0,28 ETH. Jika dikonversi dalam bentuk uang rupiah, nilainya sekitar Rp13,5 juta!

1 dari 4 halaman

Fenomena Jual Beli Barang dalam Bentuk NFT

NFT sendiri merupakan produk blockchain yang terus booming hingga awal tahun 2022 ini. Peminat juga makin bertambah di Indonesia karena terinspirasi Ghozali Everyday yang menjadi miliarder dadakan.

Sementara OpenSea merupakan marketplace NFT terbesar di dunia saat ini. Transaksi beli dan jual di sana terus mengalami peningkatan sejak NFT mulai marak digunakan untuk melakukan transaksi digital pada tahun 2017.

OpenSea menjadi salah satu pilihan bagi pembeli, penjual, maupun kreator untuk melakukan transaksi NFT. Sudah banyak yang dapat untung dari minting yaitu istilah membeli NFT dengan harga murah kemudian menjualnya dengan harga lebih tinggi.

2 dari 4 halaman

Barang yang Bisa Dijualbelikan dalam Bentuk NFT

Yang menguntungkan dari NFT ini adalah tidak adanya batasan aset digital yang dapat dibeli dan dijual di OpenSea.

Kebanyakan yang diperjualbelikan di marketplace OpenSea adalah benda dalam bentuk digital seperti karya seni, game, film hingga nama domain.

Jika Sahabat Dream tertarik, bisa melakukan jual beli aset digital di OpenSea dengan membuat akun yang sudah terdaftar sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Cara Jualan Aset Digital dalam Bentuk NFT

Sekadar informasi, sebelum membuat akun di marketplace OpenSea, kalian perlu punya dompet mata uang kripto (cryptocurrency wallet) yang terkonfigurasi agar dapat menjual NFT.

Kalau sudah memenuhi satu syarat tersebut, maka membuat akun dan melakukan transaksi NFT di marketplace OpenSea akan menjadi relatif mudah.

Namun untuk cara membuat akun di OpenSea, silakan mencarinya lewat Google. Kita hanya belajar cara melakukan transaksi jual dan beli NFT di markeplace OpenSea seperti dikutip dari Alphr:

1. Masuk ke laman OpenSea.io dan log in ke akun kalian

2. Klik pada foto profil di bagian kanan atas

3. Pilih 'Profile'

4. Pilih NFT yang ingin dijual dari wallet yang sudah dikonfigurasi sebelumnya

5. Pilih 'Sell'. Kalian akan diarahkan ke halaman penjualan

4 dari 4 halaman

Aset Digital Dijual Secara Biasa atau Lelang

6. Pilih jenis dan harga jualnya. Kalian bisa menetapkan harga tetap atau lelang

Kalau lelang, masukkan harga awal, waktu kedaluwarsa, dan ambang harga. Durasi penjualan bisa berlangsung selama satu hari, tiga hari, atau seminggu.

7. Jika pengaturan penjualan telah selesai, klik 'Complete Listing'

8. Untuk pendaftaran penjualan pertama, kalian harus memverifikasi wallet dengan cara menyelesaikan dua transaksi.

Yang pertama adalah untuk mengaktifkan akun untuk penjualan, dan yang lainnya adalah memberikan akses item kepada OpenSea saat penjualan berlangsung.

9. Setelah membayar fee, konfirmasi rincian penjualan dan post NFT yang ingin dijual di OpenSea

Kalian dapat menggunakan kolom 'Activity' di sebelah kiri untuk melihat daftar aset digital yang sedang dijual.

Dengan nilai tukar uang kripto yang menggiurkan, banyak yang tertarik untuk berjualan produk digital dalam bentuk NFT.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba berjualan produk digital dalam bentuk NFT melalui OpenSea?

Beri Komentar