Kenapa Elon Musk Tertarik Bangun Pabrik Baterai Tesla di Batang Jawa Tengah?

Reporter : Alfi Salima Puteri
Sabtu, 21 Mei 2022 12:43
Kenapa Elon Musk Tertarik Bangun Pabrik Baterai Tesla di Batang Jawa Tengah?
Elon akan melakukan investasi melalui perusahaannya, Tesla, di kawasan industri Batang

Dream - Langkah pemerintah melakukan negosiasi dengan CEO Tesla Elon Musk untuk berinvestasi di Indonesia akan membuahkan hasil. Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut Tesla kemungkinan merealisasikan investasinya tahun ini.

" Alhamdulillah berkat tangan dingin dan intuisi Bapak Presiden Jokowi kemarin Tesla insyaallah akan masuk ke Indonesia," kata Bahlil dikutip dari Liputan6, Kamis, 19 Mei 2022.

Bahlil menyebut, Elon akan melakukan investasi melalui perusahaannya, Tesla, di kawasan industri Batang. Menurut Bahlil, kawasan industri itu merupakan yang terbaik di Indonesia.

1 dari 2 halaman

“ Di sana akan ada perusahaan-perusahaan besar seperti LG, Foxconn, kemudian Tesla pun Insya Allah akan masuk ke sana,” ungkapnya.

Hanya saja Bahlil belum bisa membocorkan kapan waktu pastinya produsen mobil listrik itu mulai menanamkan investasi di Indonesia. Tetapi ia memastikan bahwa Tesla pada tahun ini akan segera masuk ke Indonesia.

" Kalau ditanya kapan masuknya insyaallah 2022 ini tapi saya belum bisa mengumumkan bulannya. Nanti tunggulah karena kita belum tanda tangan kesepakatan," ujarnya.

 

2 dari 2 halaman

Selain itu, Bahlil juga belum bersedia untuk menyebutkan nilai investasi yang akan dilakukan Tesla. Meski demikian, ia menyebut bahwa perusahaan mobil listrik miliarder dunia Elon Musk itu akan berinvestasi pada baterai kendaraan listrik dan mobil listrik di Indonesia.

" Dia akan masuk pada dua bagian investasi besar, yang pertama itu tentang ekosistem baterai mobil listrik dan yang kedua adalah mobilnya. Berapa investasinya masih juga dirahasiakan masih tunggu. Tapi barang ini barang bagus dan barang gede," kata dia.

Beri Komentar