Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

BI Tak Lirik Pelonggaran Kredit Kendaraan Bermotor

BI Tak Lirik Pelonggaran Kredit Kendaraan Bermotor Ilustrasi Perumahan.

Dream - Bank Indonesia (BI) melonggarkan aturan Loan to Value (LTV). Namun, aturan itu hanya diperuntukkan kepada kredit kepemilikan rumah (KPR), bukan untuk kredit kendaraan bermotor (KKB).

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Makroprudensial BI, Filianingsih Hendarta, mengatakan BI melihat mayoritas kredit KKB adalah kredit kendaraan yang bersifat konsumtif.

"Kredit KKB itu 80 persen itu kendaraan roda empat untuk rumah tangga (dan sifatnya) konsumtif. Itu sudah cukup," kata Filianingsih di kompleks BI, Jakarta, Selasa 21 Juni 2016.

Dia mengatakan pertumbuhan kredit KKB cukup baik. Sayangnya, dia tidak bisa menyebutkan angka pertumbuhan KKB.

Dengan uang muka (down payment), Filianingsih optimistis kredit kendaraan bermotor sampai saat ini belum memerlukan pelonggaran.

"Dengan DP 20 persen, itu masih cukup. Kami tidak melihat ada keperluan untuk perubahan besar. Pertimbangan kami adalah pertumbuhan kredit KPR dulu," kata dia.

Sekadar informasi, BI melonggarkan aturan LTV untuk kredit kepemilikan rumah. BI menaikkan fasilitas kredit dari 80 persen menjadi 85 persen untuk rumah pertama, 70 persen menjadi 80 persen untuk rumah kedua, dan 60 persen menjadi 75 persen untuk rumah ketiga.

Dengan begitu, masyarakat hanya membayar DP sebesar 15 persen untuk kredit rumah pertama, 20 persen untuk rumah kedua, dan 25 persen untuk rumah ketiga.

Sementara itu, untuk pembiayaan syariah berakad musyarakah mutanaqisah (MMQ) dan ijarah muntahiya bittamlik (IMBT), BI pun turut menaikkan fasilitas kredit dari 85 persen menjadi 90 persen untuk rumah pertama, 75 persen menjadi 85 persen untuk rumah kedua, dan 65 persen menjadi 80 persen untuk rumah ketiga.

Aturan ini, lanjut Filianingsih, bertujuan untuk mendorong pertumbuhan KPR. Dengan pelonggaran LTV ini, dia optimistis ada tambahan pertumbuhan bagi kredit KPR tahun ini.

"Ada tambahan (pertumbuhan) 3,69-6,65 persen sampai akhir tahun ini," kata dia. (Ism) 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pendaftaran Mudik Gratis Kendaraan Bermotor Dimulai Hari Ini, Begini Cara Daftarnya

Pendaftaran Mudik Gratis Kendaraan Bermotor Dimulai Hari Ini, Begini Cara Daftarnya

Pendaftaran mudik gratis akan dimulai hari ini Senin, 4 Maret 2024.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Tebak Gambar Makanan

BUNGKUS! Tebak Gambar Makanan

Dream - Tebak-tebakan gambar yuk Sahabat Dream. Ikuti petunjuk gambar untuk bisa menebak nama makanan. Berapa yang bisa kamu jawab?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Tipe-Tipe Karyawan Memasuki `Jam Rawan`

NOTED KAK! Tipe-Tipe Karyawan Memasuki `Jam Rawan`

Sahabat Dream, kalian kira-kira tipe yang mana nih kalau sudah masuk jam-jam rawan seperti ini? Comment di bawah yuk.

Baca Selengkapnya