Biar Impianmu Tak Hanya Jadi Cerita, Mulai Menabung Sekarang Juga

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 17 Mei 2019 19:41
Biar Impianmu Tak Hanya Jadi Cerita, Mulai Menabung Sekarang Juga
Begini triknya!

Dream - Mengaku sebagai bagian dari generasi milenial, ada banyak tantangan finansial yang harus dihadapi, terkait dengan gaya hidup modern. Mulai dari kebiasaan hangout di kafe hingga traveling yang dapat mengganggu stabilitas keuangan pribadi, apalagi jika nggak dibarengi perencanaan matang.

Padahal masih banyak impian jangka panjang yang menanti untuk diwujudkan, seperti membeli rumah sendiri hingga memenuhi kebutuhan keluarga. Biar hidupmu isinya nggak melulu cerita impian yang tak bisa diwujudkan, yuk mulai biasakan diri untuk menabung sejak sekarang.

Begini triknya!

Niatkan Diri untuk Susun Skala Prioritas

Belum akhir bulan, tapi gajimu kian menipis hingga sulit untuk menyisihkan uang untuk ditabung. Kondisi ini bukan hanya dipicu oleh gaya hidup yang dinamis, tapi juga minimnya edukasi dalam mengelola keuangan yang membuatmu sering menghadapi tantangan finansial ini.

Untungnya, kamu masih bisa memperbaikinya dengan membulatkan tekad untuk menyusun keuangan pribadimu sesuai dengan skala prioritas. Setiap orang punya tujuan tersendiri dalam memanfaatkan uang yang dimiliki.

Cari apa yang menjadi hal-hal yang diprioritaskan, misalnya memiliki rumah sendiri atau membiayai pernikahan tanpa campur tangan orangtua, lalu lanjutkan dengan membuat rencana keuangan bulanan.

Pisahkan Dana Tabungan Setelah Menerima Gaji

Begitu gaji sudah di tangan, langsung pisah-pisahkan sesuai skala prioritas yang sudah disusun sebelumnya. Jika kebingungan, ambil patokan 50-30-20 dalam merencanakan keuangan pribadimu.

Untuk anggaran kebutuhan wajib, alokasikan 50 persen dari gaji, sedangkan 30 persen untuk kebutuhan pribadi, dan 20 persen untuk investasi atau tabungan.

Memang butuh komitmen yang kuat untuk mengikuti rumus ini, tapi hasilnya akan terbayar saat melihat kondisi keuangan pribadi yang lebih stabil.

Traveling Boleh Tapi Sesuaikan dengan Bujet

YOLO alias You Only Live Once jadi motto yang sering mendorong generasi milenial untuk cenderung berfoya-foya tanpa memikirkan masa depan. Kamu masih bisa traveling, asal perhatikan bujet yang dimiliki.

Usai memisahkan gaji menurut skala prioritas, lihat bujet yang dimiliki untuk melakukan kegiatan kesukaanmu tersebut. Jangan memaksakan mengambil dana dari pos lainnya karena dapat mengganggu keseimbangan keuangan pribadimu.

Wujudkan Impian ke Tanah Suci dengan Membuka Tabungan Khusus

Mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Tanah Suci tentunya tak akan disia-siakan oleh umat Muslim untuk menjalankan ibadah haji atau umrah. Biaya yang cukup tinggi tak jarang menurunkan semangatmu untuk melangkah ke Tanah Suci sebagai salah satu prioritas hidupmu.

Siasati dengan membuka tabungan khusus untuk haji yang memberi peluang bagi nasabah untuk berangkat haji dengan aman dan nyaman.

Nantinya, kamu tinggal menyetor sejumlah uang secara rutin setiap bulannya hingga mencapai nominal tertentu sebagai syarat mendaftarkan diri untuk berangkat haji di Kementerian Agama.

Perencanaan keuangan pribadimu akan semakin maksimal dengan memiliki tabungan yang tepat, seperti Tabungan iB Pahala dari CIMB Niaga Syariah yang memiliki berbagai keuntungan, mulai dari kenyamanan transaksi, kemudahan akses hingga fasilitas auto debet.

Jangan ragu lagi, buka rekening Tabungan iB Pahala untuk membantu mewujudkan semua impian jangka panjangmu. Info lengkap klik di sini.

Beri Komentar