Biaya Pasang Ring Jantung Rp80 Juta, Dicover BPJS Kesehatan?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 20 November 2019 06:36
Biaya Pasang Ring Jantung Rp80 Juta, Dicover BPJS Kesehatan?
Itu baru satu ring jantung.

Dream - Meninggalnya pesinetron Cecep Reza di usia yang masih sangat muda, 31 tahun, mengejutkan publik. Keluarga memastikan pemeran Bombom di sinetron Bidadari itu tutup usia karena penyakit jantung yang diidapnya.

Dari keterangan keluarga, Cecep sebetulnya telah menjalani perawatan untuk memperbaiki kinerja jantungnya. Malah, Cecep diketahui telah melalui operasi pemasangan ring untuk memacu sirkulasi darah ke bagian jantung.

Prosedur pemasangan ring atau stent dilakukan pada pasien pengidap jantung koroner atau mereka yang mengalami penyumbatan pembuluh jantung karena plak. Pada umumnya, penumpukan plak ini disebabkan oleh kolesterol atau zat-zat lain yang menempel di dinding pembuluh darah.

Nah, agar aliran darah di jantung tetap lancar, dipasanglah alat yang yang menyerupai ring.

1 dari 6 halaman

Biasa Pasang dan Perawatan Penyakit Jantung

Dikutip dari Hello Sehat, Rabu 20 November 2019, biaya pemasangan ring jantung terbilang mahal. Pemasangan satu ring bisa mencapai kisaran Rp42 juta-Rp80 juta.

Nilainya bertambah jika pasien membutuhkan lebih dari satu ring.

Pengeluaran tersebut belum termasuk biaya rawat inap, perawatan sampai obat jantung yang harus diminum setelah operasi. Total biayanya bisa mencapai Rp150 juta-Rp250 juta.

2 dari 6 halaman

Dicover Asuransi Kesehatan dan BPJS Kesehatan

Kabar baiknya, pemasangan ring jantung ini ditanggung oleh asuransi kesehatan. Salah satunya adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dikatakan bahwa asuransi pemerintah ikut menanggung biaya pasang ring (sampai empat ring) serta biaya rawat inap dan obat-obatannya.

Selain BPJS Kesehatan, ada pula asurasi kesehatan swasta yang turut menanggung biaya perawatan penyakit kritis dan kronis. Misalnya, sakit jantung, diabetes melitus, dan hipertensi.

Perusahaan asuransi kesehatan juga menyediakan produk khusus yaitu asuransi penyakit kritis. Masing-masing perusahaan asuransi kesehatan punya kebijakan yang berbeda tentang produk ini.

Ada perusahaan asuransi kesehatan yang membayarkan 20 persen dari total biaya tanggungan penyakit kritis, tapi ada juga yang hanya membayarkan 10 persennya saja. Lagi-lagi, hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan asuransi kesehatan.

3 dari 6 halaman

Cecep Reza Sempat Pasang Ring Jantung, Kenali Risiko dan Manfaatnya

Dream - Aktor dan fotografer muda Cecep Reza mengembuskan napas terakhirnya hari ini, 19 November 2019 pukul 14.50 WIB. Cecep wafat di usia 31 tahun. Dari keterangan kerabatnya, Ade Firman Hakim, Cecep memang memiliki masalah dengan kesehatan jantungnya.

Hal ini diketahui dari percakapan Ade dan Cecep melalui aplikasi pesan singkat. Cecep mengungkap kalau dirinya baru saja menjalani pemasangan ring jantung.

 Cece memasang ring jantung

Prosedur pemasangan ring atau stent kerap dilakukan pada pasien jantung koroner atau mereka yang mengalami penyumbatan pembuluh darah di jantung akibat plak. Umumnya penumpukan plak di pembuluh darah disebabkan oleh kolesterol atau zat-zat lain di yang menempel di dinding pembuluh darah.

Alat yang bentuknya menyerupai ring dipasang di dalam pembuluh darah yang tersumbat agar aliran darah tetap lancar. Ketahui prosedur dan risikonya.

4 dari 6 halaman

Prosedur pemasangan ring jantung

Dalam melakukan pemasangan ring jantung, awalnya dokter akan melakukan pemasangan kateter pada jantung. Kateter dimasukkan ke dalam pembuluh darah dari pangkal paha atau lengan.

 Flu Bisa Picu Serangan Jantung?

Setelah kateter masuk, sebuah kabel penuntun kemudian dimasukkan untuk menuntun balon dan ring ke daerah yang bermasalah. Balon dalam keadaan kempis diletakkan di bagian luar kabel penuntun dan di lapisan terluar akan diletakkan ring atau stent.

Setelah berada di dalam, balon dikembangkan, sehingga ring juga ikut mengembang. Dengan demikian, rongga arteri yang sebelumnya tersumbat akibat penumpukan plak menjadi lebih lebar. Setelah ring terpasang, balon dikempiskan lagi dan dikeluarkan.

Pada umumnya, proses pemasangan ring jantung hanya memakan waktu 1-3 jam. Selama proses persiapan dan pemulihan, pasien perlu menjalani rawat inap selama beberapa hari di rumah sakit.

 

5 dari 6 halaman

Perawatan setelah Pasang Ring Jantung

Setelah ring jantung dipasang, pasien disarankan untuk banyak minum air putih. Untuk mengatasi rasa sakit pada luka bekas sayatan, dokter akan memberikan obat pereda nyeri. Di samping itu, obat antikoagulan mungkin juga bisa diberikan untuk mencegah terbentuknya gumpalan atau bekuan darah.

 Waspada! Pemicu Serangan Jantung yang Sering Terabaikan

Sepanjang masa pemulihan, pasien diminta untuk membatasi semua aktivitas fisik, termasuk menyetir kendaraan bermotor. Meski diperbolehkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, dokter menganjurkan untuk melakukannya secara perlahan dan bertahap, setidaknya selama satu minggu setelah menjalani pembedahan.

 

6 dari 6 halaman

Risiko Pasang Ring Jantung

Pemasangan ring jantung pada sebagian besar pasien jantung bekerja dengan sangat baik. Meski demikian prosedur ini memiliki sejumlah risiko sama seperti tindakan bedah lainnya.

 Cecep Reza By KLY

Risiko atau komplikasi yang mungkin dapat dijumpai antara lain:
- Penggumpalan darah
- Serangan jantung
- Alergi obat yang digunakan selama proses pemulihan
- Infeksi pembuluh darah
- Pembuluh darah yang menyempit kembali
- selain itu, ada pula komplikasi yang lebih jarang terjadi, seperti strok dan kejang.

Penting diketahui pilihan untuk tidak menjalani operasi pemasangan ring jantung umumnya akan berefek jauh lebih fatal daripada beberapa risiko di atas. Sebab, penyempitan pembuluh darah yang tidak ditangani dengan tepat pada akhirnya akan berdampak lebih serius, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Selengkapnya baca di sini

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone