Bos Berhati Mulia, Rela Potong Gaji Demi Pegawai

Reporter : Sandy Mahaputra
Kamis, 16 April 2015 11:02
Bos Berhati Mulia, Rela Potong Gaji Demi Pegawai
"Gaji saya sebagai CEO jika dibandingkan dengan karyawan biasa terlihat sangat konyol, tak masuk akal,"

Dream - Baik benar hati bos yang satu ini. Demi menyenangkan karyawannya, CEO perusahaan pemroses kartu kredit Gravity Payments, Dan Price, memotong gajinya untuk ditambahkan pada gaji karyawannya.

Alhasil, gaji terendah karyawan perusahaan di Amerika Serikat itu mencapai US$ 70 ribu, naik US$ 20 ribu dari rata-rata gaji karyawan di negara Paman Sam.

Price mengumumkan kepada 120 karyawan di perusahaan yang didirikannya pada tahun 2004 lalu bahwa, dia akan memotong gajinya sebagai CEO senilai US$ 1 juta menjadi US$ 70 ribu saja.

Tidak hanya itu, dia juga akan mengambil 80 persen keuntungan yang didapat perusahaan untuk kesejahteraan karyawan.

Dengan keputusannya ini, New York Times melaporkan sekitar 30 karyawan Price akan mengalami kenaikan gaji hingga dua kali lipat.

" Apa ada orang lain yang merasa terkejut sekarang? Saya ikut terkejut juga," kata Price diiringi tepuk tangan karyawannya saat mengumumkan keputusan tersebut di kantornya di Seattle.

" Gaji saya sebagai CEO jika dibandingkan dengan karyawan biasa terlihat sangat konyol, tak masuk akal," katanya seperti dikutip Dream dari laman metro.co.uk, Kamis, 16 April 2015.

Price nekat melakukan langkah itu setelah membaca artikel tentang kebahagiaan. Artikel itu mengatakan, tambahan pendapatan dapat berpengaruh besar bagi orang-orang yang digaji kurang dari US$ 70 ribu.

Gravity Payments mengelola US$ 6,5 miliar transaksi tahun lalu. Bukan sebuah keputusan mudah bagi Price karena ia memulai usahanya dari sebuah kamar asrama di Seattle Pacific University bersama kakaknya.

Salah satu karyawan Price, Phillip Akhavan, 29, mengatakan ia memperoleh gaji US$ 43 ribu sebelum ada pengumuman mengejutkan tersebut.

" Saya sampai tidak percaya. Ini akan membuat perbedaan yang sangat besar bagi orang-orang di sekeliling saya." (Ism)

Beri Komentar