CONNECT WITH US!
CONNECT WITH US!

Catat! Telat Bayar PBB Didenda 2 Persen per Bulan

Reporter : Arie Dwi Budiawati | Kamis, 19 Mei 2016 11:20
Terlambat Baya Pajak Bisa Didenda 2 Persen Per Bulan (Sumber: Merdeka.com)
Aturan ini mulai berlaku pertengahan bulan ini.

Dream - Pemerintah telah merilis aturan baru tentang tata cara penerbitan surat tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Kini, masyarakat yang telat membayar pajak PBB, akan didenda sebesar 2 persen per bulan dari jumlah pajak yang seharusnya dibayar.

Dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Kamis 19 Mei 2016, aturan tersebut terdapat dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 78/PMK.03/2016 tentang Tata Cara Penerbitan Surat Tagihan Pajak Bumi dan Bangunan. Dalam PMK itu, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan menerbitkan Surat Tagihan Pajak (STP) PBB dalam hal terdapat PBB terutang dalam Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) atau Surat Ketetapan Pajak (SKP) yang tidak atau kurang dibayar setelah tanggal jatuh tempo pembayaran.

" STP PBB memuat PBB atau yang tidak atau kurang kurang dibayar, ditambah dengan administrasi sebesar 2 persen per bulan dari PBB yang tidak atau kurang dibayar," begitu bunyi pasal 3 ayat (1) PMK itu.

Denda administrasi ini dihitung dari jatuh tempo pembayaran sampai tanggal pembayaran untuk jangka waktu paling lama 24 bulan dari bagian dari bulan yang dihitung penuh. Jumlah PBB yang terutang dalam STP PBB harus dilunasi paling lambat setahun sejak tanggal diterimanya STP PBB oleh wajib pajak, yaitu tanggal tanda terima STP PBB yang disampaikan langsung atau tanggal bukti pengiriman dalam hal STP PBB yang dikirim lewat pos atau jasa pengiriman lainnya.

" STP PBB diterbitkan dalam jangka waktu paling lama lima tahun setelah saat berakhirnya tahun pajak," bunyi pasal 6 PMK No. 78 Tahun 2016.

PMK No. 78 Tahun 2016 ini pun juga menyebut penagihan pajak yang terutang berdasarkan STP PBB yang tidak dibayar pada waktunya, bisa ditagih dengan surat paksa.

Sekadar informasi, aturan ini telah diundangkan pada 13 Mei 2016. " Peraturan menteri ini berlaku pada tanggal diundangkan," bunyi pasal 10 beleid ini.

Tempat #NongkrongAsik di Jakarta Selatan

Rekomendasi Pilihan



Nenek Mian, Jemaah Haji Tertua Indonesia

Senin, 22 Agustus 2016 20:03

Penerbangan selama itu tentu membuat semua orang kelelahan. Ini juga dirasakan oleh Siti Mian Sarean. Lantaran usianya yang telah mencapai 101 tahun, tentu badannya terasa capai.

Naik 365%, Sebungkus Rokok Rp 50 Ribu Takkan Terjadi?

Senin, 22 Agustus 2016 19:20

âKalau Rp50 ribu itu naiknya sekitar 365%. Kami harus memperhatikan semua,â kata Dirjen Bea Cukai.

Intip Cantiknya Gloria Hamel Ketika Berhijab

Senin, 22 Agustus 2016 19:02

Melalui akun instagram di @Glorialhamel, beberapa kali siswi kelas 1 SMA ini mengunggah foto dirinya yang mengenakan jilbab.

Sebungkus Rokok Rp 50 Ribu, Bea Cukai Tak Mau Buru-buru

Senin, 22 Agustus 2016 18:30

Ditjen Bea Cukai menegaskan penentuan cukai maupun harga rokok tak bisa diputuskan sepihak. Mereka harus berkonsultasi dengan....

12 Tahun Jadi PNS Pemkot Bekasi, Ternyata Warga Negara Asing

Senin, 22 Agustus 2016 18:15

Yang mengejutkan, dia berhasil menyembunyikan status kewarganegaraan hampir selama 12 tahun.

Pesan Istri yang Bakar Tontowi untuk Rebut Emas Olimpiade Rio

Senin, 22 Agustus 2016 17:44

Michelle mengaku terus memberikan motivasi kepada Tontowi agar mampu melewati laga final dengan lancar. Salah satu caranya dengan memberi pesan kepada Tontowi agar mengingat si buah hati.

Negara dengan Harga Rokok Termurah dan Termahal Dunia

Senin, 22 Agustus 2016 17:30

Indonesia masuk kelompok termurah. Tapi ada yang lebih murah dari Indonesia?