Freddy Wijaya Pendiri Pupuk Dinosaurus (Foto: Konferensi Pers Virtual 'Dilayani Tokopedia')
Dream - Berawal dari keprihatinan terhadap petani jagung di Nusa Tenggara Timur (NTT), ‘Pupuk Dinosaurus’ sekarang menjadi bisnis pupuk yang menolong banyak nasib petani.
Didirikan oleh Freddy Wijaya dan Steven Wijaya, pupuk organik ini awalnya hanya program pemberdayaan untuk membantu petani meningkatkan panen. Di tahun 2014 diketahui petani jagung di NTT sering mengalami kegagalan panen.
“ Kami carikan sebuah solusi, dari program pemberdayaan ini kami buatkan pupuk organik yang nyaris gratis untuk teman-teman petani di sana,” kata Freddy dalam konferensi pers virtual, pada Jumat, 17 Maret 2022.
Dengan menggunakan bahan bakteri alami tanah, tak disangka pupuk buatannya tersebut mendapat respons positif dari pengguna. Banyak petani yang menyampaikan keberhasilan hasil panen setelah menggunakan pupuk itu.
“ Setelah dipakai petani terutama yang di NTT, hasilnya tuh gede-gede banget gitu. Jadi jagung tuh tongkolnya bisa panjang, bulirnya penuh, mereka nggak pernah ngalamin itu sebelumnya,” ucap Freddy.
Berawal dari kegiatan yang bersifat sosial untuk membantu para petani, kini produk Pupuk Dinosaurus telah menjangkau petani di berbagai wilayah Indonesia, seperti Sumatera, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, hingga Maluku.
" Senang sekali rasanya, produk kami bisa membantu petani Indonesia memaksimalkan hasil panen," jelas Freddy.
Dengan tagline-nya ‘pupuk saat bumi diciptakan’, Freddy optimis bahwa pupuk buatannya bisa membantu petani lain di seluruh Indonesia. Inilah cerita Freddy dengan ‘Pupuk Dinosaurus’ nya.
Menilik ke belakang, Freddy mengaku pembuatan pupuk Dinosaurus murni untuk membantu petani. Selama proses tersebut, Fredddy mendapatkan pembelajaran tentang kehadiran petani yang berjuang untuk ketersediaan pangan masyarakat.
“ 2014 tuh awal mulai pemberdayaan, kurang lebih kita jalan 3 tahun. Jadi itu bener-bener non profit, kita murni bekerja untuk petani. Di sana kita belajar banyak hal, belajar dari mereka juga. Memperhatikan kesederhanaan petani, betapa luar biasanya mereka berjuang juga untuk ketersediaan pangan kita,” cerita Freddy.
Saat tahun 2017 Freddy dan temannya mulai terpanggil untuk menggarap proses pembuatan pupuk tersebut lebih serius. Di tahun inilah muncul ide untuk mendirikan usaha pupuk dengan target pengguna yang lebih luas.
“ Karena kalau hanya seluknya di NTT kan sayang banget, padahal potensinya besar banget, kenapa kita nggak melayani petani di seluruh Indonesia,” lanjut Freddy.
Sambutan positif dari pupuk yang ia buat terlihat dari banyaknya petani yang menelepon dan mengucapkan terima kasih. Freddy menilai respons tersebut menunjukan prospek yang bagus dalam pengembangan usahanya.
“ Kami buatkan, kami bikinkan sebuah usaha, kami urus semua perizinannya. Packaging juga kami tingkatkan, terus produk juga kami inovasi terus, sampai akhirnya terciptalah Pupuk Dinosaurus,” ujar Freddy.
Nama ‘Pupuk Dinosaurus’ sengaja dipilih karena hasil dari pupuk yang dipakai petani telah membuat tanaman bertumbuh lebih besar. Seperti pengalaman petani di Cipanas, Jawa Barat, yang menanam sayur sawi dan tumbuh sampai sebesar 5 kilogram.
“ Di Cipanas, ada seorang petani namanya bang Apep, di sana tuh nanam sawi bahkan satu batangnya itu bisa sampai 5kg, terus kol juga gede-gede banget,” cerita Freddy.
“ Berasal dari pengalaman-pengalaman petani yang sharing ke kita gitu. Kita pikir karena hasilnya tuh gede-gede semua, kita namain dinosaurus aja deh,” lanjut Freddy.
Freddy menambahkan makna lain dari nama ini. Jenis pupuknya yang organik, diibaratkan seperti awal bumi diciptakan, tak ada pupuk kimia. Semuanya alami dan seimbang.
Tak hanya lewat cara konvensional, Freddy juga mulai melakukan pendekatan digital untuk memperkenalkan produk Pupuk Dinosaurus. Proses edukasi dilakukan dengan membagikan video berisi kisah sukses dari petani yang telah menggunakan produknya. Berbagi tips dan trik meningkatkan produktivitas serta hasil panen yang lebih berkualitas juga terus dilakukan.
“ Kita punya peran penting untuk bisa mengembangkan solusi, salah satunya lewat edukasi terutama petani di media sosial lewat video. Membagikan pengalaman langsung dari petani yang merasakan,” kata Freddy.
Dengan bisnis yang dijalaninya selama ini, Freddy menolak masih adanya sebagian pola pikir di masyarakat yang menganggap petani sebagai profesi remeh, tidak keren, dan membuat hidup menjadi susah.
Dari pengalamannya, Freddy melihat pangsa pasar di industri pertanian sangat besar bahkan bisa mencapai mancanegara. Namun hal itu hanya bisa dicapai jika masyarakat menjalani prosesi ini dengan serius.
“ Masa kita nggak melihat 7 miliar penduduk dunia, mereka akan mencari barang-barang berkualitas,” tegas Freddy.
“ Kalau kita amati mayoritas pekerjaan di Indonesia ya petani, 75% di Indonesia itu tersebar dari sabang sampai Merauke."
Semua petani yang masuk ke dalam pemberdayaannya, bekerja penuh sebagai petani atau full petani. Freddy melihat profesi petani sangat positif, dalam ceritanya pula ada seorang petani yang dapat meningkatkan panennya hingga 30 persen. Hal ini semakin membuatnya terus semangat untuk membantu semua petani.
Memulai bisnis di bidang pertanian diakui tak mudah. Untuk membuka dan memperkenalkan produk Pupuk Dinosaurus, Freddy harus menghadapi banyak antangan di tahun 2017 lalu. Ia harus memperkenalkan produk, mengakses pasar, hingga mengedukasi para petani.
“ Tantangannya memang banyak, jujur luar biasa, terutama pada saat awal yah, jadi me-launching sebuah produk itu butuh pengenalan,” kata Freddy.
Ia pun membukanya dengan toko online agar produknya dikenal masyarakat tak hanya di NTT. Salah satunya melalui platform Tokopedia lewat program Dilayani Tokopedia.
“ Jadi saat itu yang pertama kami buka adalah toko online. Itu ngebantu kita banget untuk nge build awareness. Paling nggak dengan kita muncul di toko online terutama di Tokopedia, teman-teman petani yang ada di daerah semua udah mulai bisa kenal,” ucap Freddy.
Freddy memanfaatkan ‘Dilayani Tokopedia’ demi memastikan produknya dapat diakses petani di seluruh penjuru Indonesia dengan mudah. “ Berkat Dilayani Tokopedia, omzet kami meningkat signifikan. Hal ini juga menjadi penyemangat kami untuk terus berkontribusi pada kemajuan sektor pertanian Indonesia,” jelasnya.
Layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) Tokopedia, yang sebelumnya bernama TokoCabang, kini bertransformasi menjadi ‘Dilayani Tokopedia’ dan resmi diluncurkan pada Jumat, 18 Maret 2022. Layanan tersebut memungkinkan penjual menitipkan produk di ‘gudang pintar’ pada wilayah dengan permintaan tinggi.(Sah)