Pria di Lampung Mengaku Ditolak Beli Bensin Pakai Uang Rp50 Ribu Baru

Reporter : Sugiono
Kamis, 25 Agustus 2022 09:13
Pria di Lampung Mengaku Ditolak Beli Bensin Pakai Uang Rp50 Ribu Baru
Dia bercerita saat membeli bensin dan hendak membayar menggunakan uang pecahan Rp50 ribu terbaru, pegawai SPBU menolak mentah-mentah.

Dream - Informasi terkait penerbitan uang kertas baru tahun emisi 2022 oleh Bank Indonesia (BI) ternyata belum sepenuhnya diketahui masyarakat. Setidaknya hal itu dialami seorang pembeli BBM yang mengaku tak bisa mengisi bahan bakar kendaraan karena uang baru ditolak petugas SPBU. 

BI diketahui sudah meluncurkan tujuh pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022) sepekan yang lalu. Nominal Uang TE 2022 yang diluncurkan berupa pecahan Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp20.000, Rp50.000, dan Rp100.000.

Video curhatan mengenai kejadian yang dialami netizen itu diunggah di akun TikTok @sis130417gmail.com dan menjadi viral. Pria yang terdengar dalam video pendek itu melakukan transaksi menggunakan uang baru pecahan Rp50 ribu. 

 

1 dari 5 halaman

Menurut pengunggah video, kejadian tersebut dialaminya di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berada di Jalan Pagar Alam, Kedaton, Bandar Lampung.

Bayar bensin pakai pecahan Rp50 ribu baru, pria ini ditolak pegawai SPBU© Video TikTok

" Kejadian hari Sabtu jam 13.45," tulis pengunggah di bagian caption video yang telah ditonton lebih dari 2,2 juta kali.

2 dari 5 halaman

Dalam video berdurasi 44 detik, dia bercerita hendak membayar bensin yang baru dibelinya menggunakan uang pecahan Rp50 ribu baru. Namun pegawai SPBU yang menerima uang tersebut menolak mentah-mentah.

" Saya membeli minyak menggunakan uang baru ini (Rp50.000) tidak berlaku di Pertamina (SPBU)," jelasnya.

Dari petugas bersangkutan, lanjut pria dalam video tersebut, diketakan bahwa uang yang digunakannya untuk membeli bensin tidak berlaku. Padahal uang itu baru diterbitkan BI dan telah disahkan sebagai alat pembayaran.

" Uang ini dinyatakan tidak berlaku. Saya beli minyak, padahal ini uang baru," tambahnya.

3 dari 5 halaman

Di akhir videonya, dia memohon kepada pihak Bank Indonesia untuk melakukan sosialisasi terhadap Uang TE 2022 yang baru diluncurkan.

Bayar bensin pakai pecahan Rp50 ribu baru, pria ini ditolak pegawai SPBU© Video TikTok

Dia bahkan mempertanyakan apakah Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 itu sudah bisa digunakan untuk bertransaksi atau tidak.

" Sekali lagi saya mohon ke Bank Indonesia, apakah uang ini berlaku atau memang tidak berlaku uang ini?

" Karena kan saya membeli minyak di salah satu pom bensin dikatakan uang ini tidak diterima," ungkapnya.

4 dari 5 halaman

Video uang pecahan baru diterbitkan pada Kamis, 18 Agustus lalu ditolak pegawai SPBU di Lampung ini pun menuai berbagai komentar netizen.

Rata-rata netizen menduga pegawai SPBU di Lampung tersebut belum tahu kalau BI baru saja meluncurkan tujuh pecahan uang kertas baru tahun emisi 2022.

Bayar bensin pakai pecahan Rp50 ribu baru, pria ini ditolak pegawai SPBU© Video TikTok

Sementara yang lain mengatakan bahwa peluncuran uang baru tersebut sepertinya kurang sosialisasi kepada masyarakat umum sehingga muncul kejadian di Lampung.

" Mungkin belum tau itu uang baru bang..."

" Hahaha itu uang baru, yg pegawai spbunya belum tau kali."

" Karena peredarannya belum rata pak. Makanya sebagian wilayah belom ada yg mau nerima uang itu karena masih baruuu."

" Bukan tidak berlaku. Pegawai pom bensinnya aja belum tau. Makanya dia gak mau terima duit itu X bang."

Sumber: TikTok

5 dari 5 halaman

@sis130417gmail.com

kejadian hari Sabtu jam 13.45di Pertamina jalan pagar alam Kedaton bandar lampung

♬ suara asli - Sis Wanto

 

Beri Komentar