Berani-beraninya Pinjol Teror dan Marahi Jenderal Polisi Ini, Padahal Tak Punya Utang

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Rabu, 27 Oktober 2021 13:45
Berani-beraninya Pinjol Teror dan Marahi Jenderal Polisi Ini, Padahal Tak Punya Utang
"Saya enggak tahu urusan ditagih uang oleh orang enggak jelas atas utang yang dimiliki oleh orang yang tidak jelas," kata sang jenderal.

Dream - Teror pinjol tidak hanya doalami oleh masyarakat biasa. Ancaman oleh penagih utang pinjalan online ternyata juga dialami oleh Brigjen Pol Krishna Murti.

Melalui akun Instagram @krishnamurti_bd91, Kepala Biro Misi Internasional Divisi Hubungan Internasional Polri itu mengaku pernah ditelepon debt collector. Padahal, tidak punya utang kepada pinjol.

" Saya pernah tiba2 di telpon nomor tidak dikenal. Marah minta bayar uang," tulis Krishna Murti di Instagram.

1 dari 4 halaman

Karena merasa tak pernah berutang, Krishna pun memblokir nomor telepon tersebut. Tapi, sang penagih utang tak hilang akal, mereka kembali menelepon dengan menggunakan nomor lain.

" Saya gak tau urusan ditagih uang oleh orang gak jelas atas hutang yg dimiliki oleh orang yg tdk jelas," tambah dia.

Krishna Murti pun mengaku mendapat banyak aduan tenetang praktik pinjol yang mencekik kehidupan masyarakat.

" Ternyata pinjol ini pukis**k juga ya. Pantes banyak orang yg nangis2 dikerjain mereka," tulis Krishna Murti.

© Dream
2 dari 4 halaman

Pelaku pinjol ilegal© Liputan6.com

Belakangan aksi pinjol memang sangat meresahkan. Mereka meminjamkan uang kepada masyarakat namun dengan bunga yang sangat tinggi. Banyak orang yang meminjam tak lebih dari lima juta harus membayar puluhan, bahkan ada yang ratusan juta.

Praktik pinjol ilegal yang beroperasi tanpa pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lebih mirip dengan renternir online. Sudah banyak orang putus asa karena terjerat utang pada pinjol, beberapa di antara mereka bahkan sampai mengakhiri hidup.

3 dari 4 halaman

Pelaku pinjol ilegal© humas.polri.go.id/Merdeka.com

Karena itulah, Polri kini gencar melakukan penggerebekan markas pinjol ilegal. Polisi bahkan menyita Rp20,4 miliar dari pinjol ilegal. " Polri membasmi pinjol sampai ke akar2nya," imbuh Krishna Murti.

Dia berpesan kepada masyarakat agar tidak meminjam uang kepada pinjol ilegal, tidak membebani hidup dengan pengeluaran yang di luar batas kemampuan. " Hidup asik2 aja," ujar Krishna Murti.

© Dream
4 dari 4 halaman

      View this post on Instagram

A post shared by Krishna Murti (@krishnamurti_bd91)

Beri Komentar