Debut Utang Syariah Afsel Sukses Besar

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 19 September 2014 21:04
Debut Utang Syariah Afsel Sukses Besar
Afrika Selatan mengeluarkan utang syariah perdananya senilai US$ 500 juta

Dream - Negara-negara Non Muslim mulai merasakan keuntungan besar dari penerbitan surat utang syariah atau sukuk. Kali ini giliran Republik Afrika Selatan yang menutup debut penjualan sukuk perdana senilai US $ 500 juta dengan tenor 5.75 tahun di pasar modal internasional.

Sukuk berdasarkan struktur Al-Ijarah dijual tingkat kupon 3,90 persen. Sukuk perdana Afrika Selatan ini bahkan kebanjiran peminat dengan mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) lebih dari 4 kali. Dari penawaran US$ 500 juta, Afrika Selatan menerima pemesanan (order book) hingga US$ 2,2 miliar.

Keputusan pemerintah yang pernah dikepalai Nelson Mandela untuk mengeluarkan obligasi syariah didorong keinginan memperluas basis investor. Penerbitan Sukuk ini juga akan menjadi patokan bagi perusahaan milik negara dalam mencari sumber pendanaan lain untuk pembangunan infrastruktur.

Mengutip laporan Zawya, Jumat, 19 September 2014, distribusi pembeli sukuk yang akan dicatatkan di Bursa Efek Luxembourg ini terdiri dari 59 persen investor Timur Tengah dan Asia, 25 persen dari Eropa, 8 persen dari Amerika Serikat dan sisanya dari beragam dunia di seluruh dunia.

Distribusi investor merupakan sukses besar dalam membangun basis investor yang lebih beragam untuk Afrika Selatan. Selain untuk menunjukkan kepercayaan investor terhadap kemampuan pemerintah dalam mempertahankan kerangka kebijakan makro-ekonomi yang berkelanjutan dan dengan manajemen fiskal yang baik.

Lead arranger dalam penebitkan sukuk Afrika Selatan adalah BNP Paribas, KFH Investment dan Standard Bank Group.

Beri Komentar