Selama Lebara Tarif Tol Didiskon 10 Persen?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 31 Mei 2018 13:45
Selama Lebara Tarif Tol Didiskon 10 Persen?
BUMN ini ingin menarik pengendara melalui jalan tol pada siang hari.

Dream – PT Jasa Marga Tbk (Persero) dan seluruh badan usaha jalan tol (BUJT), mengusulkan diskon tarif tol saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2018. Mayoritas BUJT sepakat menetapkan diskon tarif 10 persen di ruas tol.

Direktur Operasional II Jasa Marga, Subakti Syukur, mengatakan hari ini sedang dibahas utnuk sosialisasi diskon tarif tol.  Jasa Marga termasuk salah satunya operator yang mengusulkan diskon khusus tarif tol selama Lebaran.

“ Khususnya di ruas yang kami kelola, diskonnya 10 persen dan waktunya itu H-2 hingga H+2. Jadi, empat hari,” kata Subakti di Gerbang Tol Cikarang Utama, Cikarang, Jawa Barat, Kamis 31 Mei 2018, dikutip dari Liputan6.com.

Subakti menjelaskan panjangnya masa pemberian diskon dimaksudkan untuk menghindari penumpukan kendaraan di satu hari atau waktu yang sama. Dengan kebijakan ini diharapkan arus mudik melalui jalan tol bisa lebih tersebar.

“ Diskon ini harapannya bisa menarik pengendara untuk melalui jalan tol di siang hari. Jadi, tersebar,” kata Subakti.

Jasa Marga memperkirakan puncak arus mudik melalui jalan tol akan terjadi pada 9 Juni 2018. Untuk arus balik, diperkirakan akan terjadi pada tanggal 20 Juni 2018 dan 24 Juni 2018.

(Sumber: Liputan6.com/Ilyas Istianur Praditya)

1 dari 1 halaman

Alhamdulillah, Tarif Tol saat Mudik Akan Didiskon 10%

Dream – Pemerintah akan kembali memberlakukan promo diskon tarif tol untuk para pemudik pada Lebaran 2018. Pemerintah akan memberikan potongan tarif sebesar 10 persen.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan keputusan diskon tarif tol itu sudah dibicarakan dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

“ Tadi, Dirjen Bina Marga baru melapor sedikit hasil rapat tadi pagi bertemu BUJT. Jadi rata-rata sepakat diskonnya 10 persen,” kata Basuki di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Sabtu 19 Mei 2018.

Dia berkata operator jalan tol sepakat memberikan diskon 10 persen. Kini, tinggal persoalan waktu penerapannya. “ Kalau ini, kita libur dari tanggal 11 Juni. Ada yang mau mulai dari tanggal 11 Juni sampai selesai libur. Tapi, ada juga yang H-2 sampai H+2. Itu tergantung mereka,” kata dia.

Sementara itu, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Arie Setiadi Moerwanto, mengatakan diskon 10 persen ini bersifat suka rela. Kebijakan ini akan ditindaklanjuti bersama dengan pihak BUJT untuk menentukan waktu pelaksanannya. 

“ Hanya tinggal waktunya, masukan dari BUJT berbeda-beda. Ada yang prefer di peak days. Ada juga yang ingin memberikan lebih panjang, sebelum dan sesudah Lebaran,” kata Arie.

Dia mengatakan kebijakan diskon tarif tol ini digulirkan untuk mengurai kepadatan lalu lintas saatarus mudik, terutama yang ada di ruas tol.

“ Untuk jalan-jalan seperti ini, diberikan diskon agar lalu lintas mudik menjadi terbagi. Untuk jalan yang masih kosong, kami berikan diskon supaya banyak yang masuk ke situ,” kata Arie.

(Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana)

Beri Komentar