Kaget Bayar Tarif Tol 5 Kali Lipat, Ternyata Kartunya Salah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 31 Januari 2018 10:15
Kaget Bayar Tarif Tol 5 Kali Lipat, Ternyata Kartunya Salah
Tarif tol yang dibayar biasanya sebesar Rp6 ribu.

Dream – Membayar tol dengan kartu elektronik memang memudahkan meski terkadang juga bisa buat ribet. Masalah muncul jika kamu jarang melihat saldo namun terlanjur masuk tol. Alhasil, harus meminjam pengendara di belakang dan menggantinya. 

Namun masalah itu masih ringan. Apa jadinya jika kamu membayar tarif tol namun biaya yang dikenakan ternyata 5 kali lebih mahal dari yang dibayarkan?

Pengalaman inilah yang terjadi pada seorang pengendara sepeda motor yang melewati jalur cepat South Klang Valley Expressway (SKVE), Malaysia. Dia terkejut melihat tarif tol yang dibayar.

Biasanya, si pengendari membayar tol di jalan ini sebesar 2,7 ringgit (Rp6.883). Tapi kala ini, saldo di kartunya terpotong sampai 4 kali lipat atau sekitar 8,9 ringgit (Rp30.629), atau lima kali lipat jika dirupiahkan.

Dilansir dari World of Buzz, Rabu 31 Januari 2018, pengendara motor yang bernama Thilagavathy terperanjat ketika melihat tarif tol yang dibayar “ membengkak” ketika hendak pergi ke Telok Panglima Garang, Selangor, ke Saujana Putra.

“ Saya terkejut melihat ada tambahan 6,2 ringgit (Rp21.337) yang dipotong dari kartu Touch ‘N Go Card,” kata Thilagavaty.

Dia kesal ketika bertanya kepada petugas tol, tetapi petugas yang bersangkutan tidak bisa memberi tahu alasannya.

“ Petugas tidak bisa menjelaskan alasan ada biaya dan saya puyeng mengapa saya diberikan ekstra biaya,” kata Thilagavaty.

 

1 dari 1 halaman

Ternyata Kartunya....

Juru bicara Touch’n Go angkat bicara tentang protes penggunaan kartu tol. Usut punya usut, ternyata si pengendara sepeda motor ini menggunakan dua kartu untuk membayar tarif tol.

“ Karena menggunakan kartu yang berbeda ketika dia memasuki jalan tol, sistem akan mengenakan tarif tol maksimum, yaitu 8,9 ringgit," kata juru bicara tersebut.

Meskipun penggugat telah menempuh jarak yang lebih pendek, biaya tolnya dihitung dari SKVE Tol Air Hitam ke pingu tol terakhir yaitu pintu tol Pulau Indah. 

Perusahaan mengatakan pengendara sepeda motor bisa meminta ganti rugi ke pengelola jalan tol. Juru bicara Touch’n Go Card juga meminta pengguna memastikan untuk menempelkan kartu di mesin pembaca.

“ Jika tidak, biaya tol maksimum akan dikurangkan dari kartu itu,” kata perusahaan.

(Sah)

Beri Komentar
Masak Pintar dengan SHARP bersama Chef Deny Gumilang | Online Dream Camp 2020