Dulu Dilarang, Kini Boleh Menyalakan HP Saat Isi BBM Pakai MyPertamina

Reporter : Alfi Salima Puteri
Kamis, 30 Juni 2022 11:45
Dulu Dilarang, Kini Boleh Menyalakan HP Saat Isi BBM Pakai MyPertamina
Masyarakat tak perlu khawatir dengan penggunaan HP di SPBU asal memperhatikan panduan yang telah dibuat oleh Pertamina.

Dream - Mulai 1 Juli mendatang, masyarakat yang ingin membeli bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dan Solar wajib mendaftarkan diri melalui aplikasi MyPertamina.

Kebijakan ini ternyata menuai pro dan kontra di masyarakat. Sebab selama ini masyarakat dilarang bermain ponsel atau HP (handphone) di area Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Kini, pemerintah melalui Pertamina bakal mewajibkan pembelian BBM subsidi seperti Pertalite dan Solar Subsidi menggunakan aplikasi MyPertamina. Di mana, membuka aplikasi tersebut harus melalui ponsel.

1 dari 3 halaman

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo, menyampaikan, masyarakat tak perlu khawatir dengan penggunaan HP di SPBU asal memerhatikan panduan yang telah dibuat oleh Pertamina.

" Tak perlu khawatir, penggunaan HP di SPBU aman dengan memerhatikan beberapa panduan berikut. Pastikan Anda mendaftar di MyPertamina agar dapat mengakses layanan Pertalite dengan lancar," kicau Prastowo melalui akun Twitternya @prastow, Rabu 29 Juni 2022.

Mengutip video yang dibuat oleh Pertamina, perusahaan pelat merah itu memastikan menggunakan handphone di area SPBU diperbolehkan dengan sejumlah ketentuan dan syarat yang berlaku. Antara lain di lokasi publik area.

2 dari 3 halaman

" Area aman di SPBU di antaranya publik area, convenience store, foodcourt, dan kantor. Sedangkan lokasi yang dilarang yaitu area tangki, area pemmbongkaran BBM dan mesin dispenser SPBU," jelas Pertamina.

Selain itu, penggunaan handphone untuk transaksi pembelian BBM juga diperbolehkan dengan jarak minimal 1,5 meter dari dispenser SPBU.

" Pembayaran MyPertamina untuk mobil bisa digunakan dengan aman dari dalam kendaraan. Karena penggunaan HP di area pelayanan SPBU memang diperuntukkan hanya untuk kebutuhan transaksi saja. Atau dengan jarak minimal 1,5 meter dari mesin dispenser BBM," jelas Pertamina.

3 dari 3 halaman

Menurut Pertamina, pembayaran menggunakan handphone juga sudah lama diterapkan di beberapa negara lain.

" Jadi meskipun aman, gunakan handphonemu dengan bijak dan tetap ikuti aturan demi keamanan bersama," pungkasnya.

 

Beri Komentar