Forum Zakat Gelontorkan Dana Rp4,2 Miliar untuk Korban Gempa Cianjur

Reporter : Okti Nur Alifia
Kamis, 8 Desember 2022 06:12
Forum Zakat Gelontorkan Dana Rp4,2 Miliar untuk Korban Gempa Cianjur
Forum Zakat (FOZ) mencatat dana zakat untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat, mencapai Rp4,2 miliar.

Dream - Gempa Cianjur, Jawa Barat, yang terjadi pada 21 November 2022 menyebabkan setidaknya 334 orang meninggal duia. Tidak hanya korban jiwa, banyak bangunan, termasuk rumah warga, yang rusak parah, bahkan ambruk.

Bantuan pun mengalir untuk warga yang terdampak gempa bermagnitudo 5,6 tersebut. Salah satunya datang dari asosiasi zakat yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ).

" Forum Zakat sebagai asosiasi melalui Forum Zakat Provinsi Jawa Barat mencoba mengejawantahkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jadi kali ini kita mengolaborasi, mengoordinir, di Cianjur," kata Direktur Eksekutif Forum Zakat, Agus Budiyanto, dalam acara Ruang Tengah Giving With Impact di Jakarta, Rabu 7 Desember 2022.

1 dari 2 halaman

Menurut Budi, dana pengeluaran zakat yang disalurkan untuk korban gempa Cianjur sampai dengan Rabu, 7 Desember 2022, sebanyak Rp4,2 miliar. Saat ini, sekitar 80 lembaga zakat turun membantu korban gempa Cianjur.

" Alhamdulillah kalau kita kalkulasi total dana yang disalurkan lembaga zakat anggota FOZ itu ada di angka per hari ini Rp4,2 miliar untuk membantu saudara-saudara kita yang ada di Cianjur," sebut Budi.

Lembaga zakat yang tergabung dalam FOZ hadir di 16 kecamatan dan 169 desa di Cianjur dengan ratusan titik aksi. " Dan Alhamdulillah jangkauannya sudah di semua kecamatan yang terdampak," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Sebagai informasi, Indonesia kembali dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia pada 2022. 

Berdasarkan daftar World Giving Index (WGI) 2022 yang dikeluarkan oleh badan amal Charities Aid Foundation (CAF), Indonesia menempati peringkat tertinggi dengan total skor 68 persen.

Ini merupakan yang kelima kalinya secara beruntun dalam 5 tahun terakhir.

Beri Komentar