Tiket Internasional Garuda Indonesia Bisa Dibayar Pakai 8 Mata Uang Asing

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 16 April 2019 18:20
Tiket Internasional Garuda Indonesia Bisa Dibayar Pakai 8 Mata Uang Asing
Penumpang rute internasional tak perlu lagi menunggu lembar tagihan kartu kredit.

Dream – Garuda Indonesia Group mempermudah masyarakat dalam membayar tiket. Maskapai pelat merah ini menyediakan pilihan mata uang untuk pembayaran tiket rute penerbangan internasional.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 16 April 2019, Garuda Indonesia menyediakan delapan mata uang asing untuk pilihan pembayaran, yaitu baht Thailand, euro, yen, dolar Hong Kong, poundsterling, dolar Singapura, dolar AS, dan dolar Australia.

Dengan pilihan pembayaran ini, penumpang rute internasional bisa langsung menyetujui dan mengetahui jumlah tagihan pembayaran tiket tanpa harus menunggu lembar tagihan kartu kredit.

“ Kami terus berupaya memberikan layanan pemesana tiket pesawat yang mudah dan lancar bagi para penumpang,” kata CEO Garuda, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, di Jakarta.

Pria yang akrab dipanggil Ari Askhara ini menggandeng Citi Indonesia untuk menyediakan program tersebut. Ari mengatakan program pembayaran dengan mata uang asing ini menggunakan layanan Citi InstantFX.

Layanan tersebut mendukung lebih dari 70 jenis mata uang dan telah digunakan oleh beragam industri, seperti agen perjalanan online, penyedia layanan pembayaran, dan online marketplace.

“ Ke depannya, kerjasama antara Garuda Indonesia Group dan InstantFX juga akan diterapkan oleh para mitra pengelola operasional bersama Garuda Indonesia Group—Sriwijaya Air Group,” kata dia.

Ari mengatakan tahun depan, grup maskapai ini akan memperbanyak mata uang untuk opsi pembayaran.

“ Kami yakin jaringan global dan solusi Citi akan mendukung maskapai untuk menghadirkan lebih banyak lagi layanan terbaik bagi para penumpangnya,” kata CEO Citi Indonesia, Batara Sianturi.(Sah)

1 dari 2 halaman

CIMB Niaga Sediakan Pembiayaan Syariah Agen Travel Mitra Garuda Indonesia

Dream – PT Bank CIMB Niaga Tbk dan PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) menjalin kerjasama terkait fasilitas pembiayaan syariah deposit booking seat untuk pembelian tiket perjalanan umroh dan haji khusus.

Pembiayaan syariah ini diberikan kepada agen travel Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) dan Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Direktur Syariah Banking CIMB Niaga, Pandji P. Djajanegara, Direktur Business Banking CIMB Niaga, Rahardja Alimhamzah, dan Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah di Jakarta.

Pandji menjelaskan fasilitas pembiayaan ini menggunakan akad murabahah dan disalurkan kepada agen travel PPIU dan PIHK dalam membayar deposit booking seat umroh dan haji khusus. Deposit ini bisa disetor untuk yang statusnya sudah terkonfirmasi oleh Garuda Indonesia.

“ Kami berharap fasilitas pembiayaan ini memberikan keleluasaan bagi para travel agent mitra Garuda Indonesia dalam mengelola likuiditas. Sehingga, mereka dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnis dan mengoptimalkan pelayanan kepada Tanah Suci,” kata Pandji  dalam keterangan tertulis CIMB Niaga yang diterima Dream, Kamis, 21 Februari 2019.

Menurut Pandji dukungan tersebut diharapkan bisa meningkatkan peran perusahaan dalam mengembangkan industri travel umroh dan haji khusus. Sekadar informasi, Unit Usaha Syariah (UUS) CIMB Niaga itu menjadi salah satu Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPS-BPIH) yang ditunjuk pemerintah.

“ Kami akan terus mendukung pengembangan industri travel umrah dan haji melalui berbagai produk dan layanan yang kompetitif,” kata dia.

Pikri mengapresiasi kerja sama ini mengingat pangsa pasar umrah merupakan pasar yang trafik pergerakan penumpangnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Dia mengharapkan kerja sama ini bisa menjadi nilai tambah untuk mitra bisnis Garuda, termasuk rekanan biro perjalanan.

BUMN ini ingin memaksimalkan potensi pasar umroh dan haji khusus melalui instrumen penunjang pembiayaan deposit booking seat.

“ Melalui sinergi antar korporasi tersebut, kami harapkan dapat membantu likuiditas mitra bisnis Garuda, sehingga dapat meningkatkan lagi dan mengoptimalkan tingkat keterisian kursi Garuda khususnya penerbangan ke Timur Tengah,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Ini Bentuk Kerja Samanya

Kerja sama ini memberikan keuntungan baik untuk travel agent, Garuda Indonesia, maupun CIMB Niaga. Bagi travel agent, keuntungan yang diterima yaitu pengelolaan cashflow yang lebih fleksibel dengan opsi pembayaran yang lebih panjang dan pembayaran kembali yang relatif mudah.

Sementara, Garuda Indonesia mendapatkan kepastian pembayaran deposit dan meningkatkan penjualan dengan bertambahnya kemampuan finansial agen travel untuk melakukan booking seat tiket perjalanan umrah dan haji khusus.

Bagi CIMB Niaga, kemitraan ini membuka peluang untuk meningkatkan portofolio pasar yang potensial dan akan terus berkembang.

Fasilitas pembiayaan tersebut dapat digunakan oleh para travel agent yang telah bermitra dengan Garuda Indonesia minimal tiga tahun. Selain itu, mereka juga terdaftar sebagai anggota salah satu asosiasi seperti Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (HIMPUH) dan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (AMPHURI).(Sah)

Beri Komentar