Impian UKM Go Public Bakal Jadi Kenyataan

Reporter : Ramdania
Sabtu, 30 Januari 2016 11:02
Impian UKM Go Public Bakal Jadi Kenyataan
Tak seperti perusahaan swasta, UKM akan mendapat perlakuan khusus jika mau menggelar IPO

Dream - Untuk membantu Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam mendapatkan pembiayaan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan aturan yang memberikan kemudahan UKM untuk mendapatkan dana melalui pencatatan saham di bursa (IPO).

Kepala Pengawas Pasar Modal OJK, Nurhaida, menyebutkan aturan mengenai IPO UKM ini akan berbeda dengan pencatatan saham perusahaan pada umumnya. Hal ini agar UKM tidak diberatkan dengan peraturan IPO ini.

" Kalau UKM langsung masuk ke pasar modal nanti mereka akan berat karena ada persyaratan tertentu, terkait underwriter, syarat minimum," ujarnya di Jakarta, Jumat, 29 Januari 2016.

Nantinya, lanjut Nurhaida, UKM ini akan dimasukkan dalam suatu daftar. Dengan modal dari investor luar, maka UKM-UKM ini siap masuk di bursa.

" Nanti perusahaan-perusahaan ini masuk dalam suatu daftar, lalu ada angel investor yang masuk dan membantu mereka menjadi perusahaan yang siap masuk di pasar modal," jelasnya.

OJK menargetkan aturan mengenai IPO UKM tersebut bisa rampung pada tahun ini. OJK menganggap masih banyak hal teknis yang perlu dibahas agar kebijakan ini benar-benar memberikan manfaat bagi pengembangan UKM di Indonesia.

" Kalau kita luncurkan tanpa persiapan detail. Lalu mereka masuk, tapi perdagangannya tidak likuid, maka itu tidak akan menarik. Oleh karena itu, kita perlu siapkan selengkap mungkin, bagaimana prosesnya, siapa yang menyiapkan, bagaimana nanti di secondary market, jangan sampai masuk bursa, ada di papan tapi tidak ada perdagangannya, itu juga tidak bagus," pungkasnya.

Beri Komentar