Pakaian Impor Kena Bea Masuk, Segini Besarannya

Reporter : Alfi Salima Puteri
Kamis, 18 November 2021 18:13
Pakaian Impor Kena Bea Masuk, Segini Besarannya
Siapa yang suka beli baju-baju import?

Dream - Pemerintah resmi menetapkan peraturan soal bea masuk terhadap impor pakaian dan aksesorinya melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 142/PMK.010/2021 yang ditandatangani langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani pada 21 Oktober 2021.

Bea masuk tindakan pengamanan (BMTP) ini berlaku efektif 21 hari sejak diundangkan, yakni tanggal 12 November 2021 hingga tiga tahun ke depan.

“ Sesuai dengan laporan akhir hasil penyelidikan Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia terbukti adanya ancaman kerugian serius yang dialami industri dalam negeri disebabkan oleh lonjakan jumlah impor produk pakaian dan aksesori pakaian," tulis Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, dikutip pada Kamis 18 November 2021.

Dalam aturan terbaru ini, pemerintah membagi BMTP ke dalam 134 pos tarif selama tiga tahun ke depan. Tarif tambahan pakaian impor berkisar mulai dari Rp19.260 hingga Rp63.000 per pos tarif. Ini berlaku untuk tahun pertama dan besarannya menurun di tahun berikutnya.

1 dari 3 halaman

Apa saja fashion itemnya?

Ilustrasi© shutterstock

Jenis produk yang dikenakan BMTP terdiri dari segmen atasan kasual, atasan formal, bawahan, setelan, ensemble, gaun, outerwear, pakaian dan aksesori pakaian bayi, headwear, dan neckwear.

Pengenaan BMTP produk pakaian dan aksesori pakaian yang ditetapkan oleh pemerintah berlaku terhadap semua negara.

Kecuali untuk segmen headwear dan neckwear sebanyak delapan pos tarif yang diproduksi dari 122 negara, sebagaimana tercantum dalam lampiran PMK tersebut.

Pemerintah berharap pengenaan BMTP ini bisa memulihkan ancaman yang disebabkan oleh lonjakan jumlah impor produk pakaian dan aksesori pakaian.

Sumber: Kemenkeu.go.id

2 dari 3 halaman

Harga Baju Nagita Rp100 Ribuan, Netizen: Akhirnya Bisa Kembaran!

Dream - Pesona Nagita Slavina memang kerap menarik perhatian publik. Gaya busananya pun sukses jadi sorotan.

Gigi, sapaan karib Nagita memang terlihat sering mengenakan fashion item branded untuk menunjang penampilannya. Tak tanggung-tanggung, harga fashion item yang dikenakan Nagita pun memiliki harga yang mahal.

Gaya Tabrak Motif Outfit Nagita Slavina, Roknya Saja Rp42 Juta

Namun kali ini istri dari Raffi Ahmad itu tampil berbeda dengan harga outfit yang tak terlalu mahal.

Fashion Nagita Slavina© Instagram.com/fashion_nagitaslavina

Dalam postingan yang diunggah akun @fashion_nagitaslavina, Gigi terlihat berpose sambil memamerkan senyum tipis. Riasan yang dikenakan Gigi dalam foto tersebut tampak natural.

Gigi tampil cantik dalam setelan berwarna-warni dengan motif garis. Beragam warna dalam setelan tersebut cenderung kalem dan gelap. Setelan cantik berbentuk seperti piyama ini memberikan kesan casual namun formal dalam tampilan Gigi.

3 dari 3 halaman

Netizen nggak percaya

Setelan piyama cantik tersebut ternyata keluaran brand lokal bernama Dear.Kinara.

'Basic Piyama Kinaya' yang dikenakan artis yang pernah bermain sinetron ini ternyata memiliki harga yang tidak terlalu mahal. Setelan ini dibanderol Rp199 ribu.

Tampil Anggun dan Sederhana, Harga Masker Nagita Slavina Bikin Netizen Susah Napas

Fashion Nagita Slavina© Instagram.com/fashion_nagitaslavina

Harga outfit Nagita yang tidak semahal outfit lain yang pernah ia kenakan membuat netizen bernafas lega. Banyak yang merasa senang karena harganya masih dapat dijangkau netizen.

" Akhirnya ada yg samaan harga bajunya sama mamagi..walau beda toko beda baju..," ujar @sephiiaaaaaaaaaaaa_

" Masih kebeli nih," tutur @chandradi.ah18

" Akhirnyaaaa ada juga outfit mama gigi yg harganya merakyat dan kejangkau dibeli," komentar @muslimahsuccess

" Alhamdulillah akhirnya mampu beli baju yg di pke mamagi," tambah @indahernawati6

Beri Komentar