Merenung Sukses ala Miliarder, Ini 9 Cara Menirunya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 29 Mei 2016 16:02
Merenung Sukses ala Miliarder, Ini 9 Cara Menirunya
Tak disangka, CEO O2E Brands, Brian Scudamore, juga senang menghabiskan waktunya untuk berpikir.

Dream - Berpikir adalah salah satu kunci sukses para pimpinan perusahaan ternama. Sebut saja Bill Gates dan Warren Buffet.

Kunci sukses ini juga sudah dipraktikkan oleh seorang founder dan CEO O2E Brands, Brian Scudamore. Bahkan, dia menyebut berpikir itu layaknya seorang dokter yang tengah mengoperasi pasiennya. Sekadar informasi, dia adalah pimpinan perusahaan yang bernilai US$250 juta atau Rp3,39 triliun.

" Saya merasa memikirkan bisnis seperti pembedahan," kata Scudamore dilansir dari Inc.com, Minggu 29 Mei 2016.

Lalu, bagaimana caranya? Scudamore pun membagikan tipsnya. Ada sembilan langkah yang dia lakukan untuk memikirkan bisnisnya sampai menemukan ide-ide baru untuk bisnis.

1. Buat jadwal

Cobalah meluangkan waktu untuk memikirkan bisnis. Jika sudah ketemu, mintalah orang-orang untuk tidak mengganggu Anda di waktu itu. Scudamore biasanya meluangkan waktunya pada hari Senin.

2. Jangan pergi ke kantor

Scudamore mengklaim ide terbaiknya muncul saat dia tak pergi ke kantor. Biasanya, dia pergi ke kedai kopi, jalan-jalan ke hutan, atau duduk di bangku taman.

3. Bawa buku catatan

Menulis adalah cara yang ampuh untuk menangkap ide dan buatlah seperti skema. Scudamore mengatakan buku catatannya dipenuhi dengan gambar, tanda panah, dan kata-kata.

4. Jadwalkan kembali rapat yang kurang penting.

Disarankan untuk lebih selektif dalam memilih rapat. Misalnya, melihat rapat manakah yang menjadi prioritas. Jika ada yang tidak sesuai prioritas, jadwalkanlah kembali rapat tersebut.

5. Cek kembali daftar prioritas dalam sepekan

Alangkah baiknya untuk mengecek kembali daftar hal-hal yang harus dilakukan. Tanyakan kembali mana lebih prioritas. " Haruskan kita melakukannya?"

6. Identifikasi tiga tujuan dalam memikirkan bisnis

Selain merencanakan waktu untuk merenung dan mengkaji lagi to do list, buatlah tiga tujuan untuk berpikir dan usahakan tujuan tersebut tercapai.

7. Gunakanlah pertanyaan-pertanyaan yang bisa mendorong adanya pemikiran yang mendalam

Scudamore memberikan beberapa contoh pertanyaan yang sering dilakukan ketika sedang berpikir.

*Apakah saya melakukan hal yang tepat di antara orang yang tepat?
*Apa yang menjadi hal yang paling penting?
*Apa kelebihan saya?
*Apa kelemahan saya?
*Bagaimana cara saya menghabiskan lebih banyak waktu dengan kelebihan saya?
*Bagaimana cara saya mengurangi waktu dengan kekurangan saya?

8. Beri jangka waktu pemecahan masalah terbesar dalam bisnis

Setiap bisnis memerlukan waktu singkat untuk menyelesaikan masalah. Sebagian hari Anda bisa diluangkan untuk menginvestigasi isu-isu yang menantang dan cara untuk mengeluarkan ide-ide.

9. Beri waktu untuk memikirkan ide baru

Merespons suatu masalah itu adalah hal yang penting, tetapi yang paling penting adalah proaktif dengan ide-ide baru untuk bisnis yang lebih baik. Luangkan waktu untuk menemukan cara mengeluarkan pemikiran-pemikiran baru atau kesempatan baru untuk mengeksplorasi bisnis.

Beri Komentar