Bukan dari Warisan, Pasangan Belum Genap 20 Tahun Ini Sudah Jadi Miliarder

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 26 Juli 2021 16:12
Bukan dari Warisan, Pasangan Belum Genap 20 Tahun Ini Sudah Jadi Miliarder
Apa rahasia yang membuat pasangan yang mulai bisnis sejak SMP ini bisa sukses menjalankan bisnisnya?

Dream – Bekerja keras agar bisa menikmati masa pensiun di usia muda pasti jadi harapan semua orang. Kita hampir pasti tak ingin mengisi waktu pensiun, apalagi di usia senja, dengan hal-hal yang memusingkan kepala. 

Jika kamu memiliki impian itu, pengalaman Dalton Ng dan Joella Lum bisa menjadi pelajaran. Pasangan muda ini sudah bsia menjadi seorang miliarder sebelum usianya menginjak 20 tahun. Keduanya memiliki kekayaan sekitar US$2 juta-US$3 juta atau sekitar Rp28,94 miliar-43,41 miliar.

Dikutip dari Asia One, Senin 26 Juli 2021, Joella dan Dalton memiliki pemikiran yang berbeda dari orang-orang yang seumuran dengan mereka. Keduanya memiliki sifat mandiri dan punya pemikiran wirausaha.

“ Kamu tahu siapa orang yang membeli enam pak penghapus dan menjualnya satu satu saat duduk di bangku SD? Ya, itulah kami,” kata Joella yang berusia 19 tahun.

Keduanya menghasilkan sekitar US$70 ribu-US$150 ribu (Rp1,01 miliar-Rp2,17 miliar) per bulan dari aneka bisnis dan investasi yang dijalankan.

1 dari 4 halaman

Ini Dia Bisnis Dalton dan Joella

Dalton menjalankan dua startup, yaitu Glance.sg sebuah platform untuk para freelancer dan ContainerPay yang merupakan sistem proses pembayaran untuk industri pengapalan.

Sedangkan Joella mengoperasikan beberapa toko di platform e-commerce Shopify. Dia juga mengelola investasi saham dan cryptocurrency.

Upaya Joella dan Dalton berbuah manis. Keduanya bisa pindah dari rumah orang tua ke hunian sendiri. Tak hanya itu, mereka punya uang yang cukup untuk mendesain baju dan kustom komputer.

Joella dan Dalton tak pelit informasi tentang cara menjadi orang yang tajir tatkala muda. Berikut ini adalah tips-tipsnya.

© Dream
2 dari 4 halaman

Mulai Lebih Awal

Keduanya memang tidak serta-merta kaya dalam sehari. Kebebasan finansial yang diperoleh itu berkat kerja keras saat berada di SMP. Joella dan Dalton menabung dan menginvestasikan kembali penghasilannya.

Joella mulai bisnisnya ketika membeli beberapa brand pakaian di situs jual beli. Bisnisnya ini menghasilkan ribuan dolar. Saat itu, wanita berusia 19 tahun sedang duduk di kelas 2 SMP.

Kalau Dalton, dia mulai merintis programming dan developing apps saat berada di bangku SMP. Setiap proyeknya menghasilkan US$10 ribu (Rp144,71 juta). Penghasilan pertamanya dibelikan iPhone baru dan MacBook. Sisanya, ditabung dan diinvestasikan.

Kalau bisnisnya sedang tidak bagus, setidaknya Dalton dan Joella berusaha investasi US$30 ribu (Rp434,13 juta) per bulan. Mereka menempatkan barang-barang mewah di urutan terakhir, seperti makan malam mewah atau pakaian branded.

“ Hal pertama yang menjadi prioritas kami adalah sewa, belanja makanan, transportasi, biaya perawatan anjing kami, dan investasi,” kata Joella.

3 dari 4 halaman

Bertanggung Jawab Setelah Habiskan Uang

Dalton dan Joella punya aturan ketika hendak menghabiskan uang. Kuncinya adalah bertanggung jawab setelah berbelanja. Saat mengeluarkan uang untuk membeli barang tertentu, nilainya dikalikan menjadi tiga. Nah, uang inilah yang akan diinvestasikan oleh Dalton.

“ Inilah jalan saya membuat uang kembali lagi,” kata dia.

Keduanya juga memperkirakan jumlah pengeluaran dan nilai barang kalau hendak menjualnya kembali.

© Dream
4 dari 4 halaman

Riset Sebelum Investasi

Joella dan Dalton tak sembarangan ketika berinvestasi. Keduanya meriset terlebih dahulu instrumen yang akan digunakan untuk investasi.

Misalnya untuk cryptocurrency, Dalton telah “ nyebur” ke investasi itu saat duduk di bangku sekolah menengah bertahun-tahun yang lalu. Kini, dia mencicipi hasilnya. Ini alasan dia memasukkan mata uang kripto sebagai salah satu instrumen investasi.

“ Kamu sebaiknya tidak berinvestasi untuk hal yang tidak dipahami,” kata dia.

“ Ini tidak berarti saya lihat berita, kemudian ikut investasi,” tambah Dalton.

Joella menambahkan trading ini bisa membuat suasana investor menjadi naik turun. Yang dibutuhkan saat investasi adalah tetap tenang dan memotong kerugian.

“ Kalau tak sanggup untuk investasi dalam jumlah besar, konsistensi adalah kuncinya,” timpal Dalton.

Beri Komentar