Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Psst.. Pelamar CPNS 2019 Bisa Diintip Dulu Pendaftar Formasi Incaran

Psst.. Pelamar CPNS 2019 Bisa Diintip Dulu Pendaftar Formasi Incaran Pendaftaran Seleksi CPNS 2019 Akan Dibuka Malam Ini, Senin 11 November 2019. (Foto: Setkab.go.id)

Dream – Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperkirakan jumlah pelamar seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Tahun 2019 akan meningkat 5-10 persen. Proses pendaftaran CPNS 2019 rencananya akan dimulai hari ini, Senin 11 November 2019 pukul 23.59.

"Dugaan saya mungkin naik sekitar 5-10 persen," ungkap Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen di kantornya, dikutip dari Liputan6.com.

Suharmen mengatakan jumlah pelamar CPNS tahun lalu tercatat mencapai 4.436.694 akun. Sementara masa puncak pendaftaran terjadi sekitar satu pekan jelang tahap pendaftaran CPNS 2018 ditutup.

Untuk tahun ini, rekrutmen CPNS 2019 dibuka selama dua minggu, terhitung mulai 11-24 November 2019. Suharmen memprediksi tahun ini, pelamar kembali memadati portal seleksi CPNS 2019 mendekati batas masa daftar.

Apalagi, portal SSCASN telah dibekali fasilitas Simulasi Pemilihan Formasi (SPF) yang bisa menghitung total pelamar pada satu formasi. Inilah yang membuat pelamar wait and see.

"Sebetulnya di situ (SPF) dia bisa menghitung satu formasi ini sudah berapa orang yang mendaftar di situ. Dengan semakin banyak orang yang mendaftar di situ, artinya kompetitor dia akan semakin banyak. Jadi orang akan wait and see," kata dia.

"Tetapi kalau waktunya sudah mepet-mepet kan enggak mungkin lagi wait and see. Dia sudah harus mendaftar, submit dokumen. Jadi dugaan saya di akhir-akhir itu akan puncak," kata dia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana)

Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka Jam 11.11 Malam, Ini Isi Portal SSCASN

Dream – Portal seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 resmi dibuka mulai hari ini, Senin 11 November 2019. Para pelemar bisa mendaftar penerimaan CPNS 2019 melalui situs sscasn.bkn.go.id.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menegaskan portal tersebut baru bisa diakses jam 23.11 malam hari alias pukul 11.11 malam.

“Sebelum melakukan pendaftaran, masyarakat diharapkan terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan pendaftaran yang tertuang pada portal SSCASN,” kata Plt Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono, dikutip dari situs BKN.

Paryono meminta masyarakat untuk membaca dan memahami semua peraturan pendaftaran di portal SSCASN terlebih dahulu. Jika menemui masalah atau kurang memahami penjelasan, masyarakat bisa mengakses kanal Frequently Asked Question (FAQ) dalam portal yang menyediakan jawaban atas persoalan yang umumnya menjadi kendala pelamar.

 

 

Dia mengatakan portal SSCASN juga menayangkan daftar formasi CPNS yang mencakup nama instansi, jabatan, lokasi, pendidikan, jenis formasi, dan jumlah formasi.

Hal ini dimuat pada kolom layanan informasi yang terletak di kanan atas halaman pertama portal.

“Silakan pelamar pahami betul alur pendaftaran dan tata cara registrasi di portal SSCASN dengan mengunduh Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2019 pada kolom Alur di portal,” kata Paryono.

Selain layanan FAQ, portal SSCASN juga menyediakan layanan helpdesk daring yang dapat dijadikan sebagai media pengaduan.

Buka Layanan Helpdesk

Paryono mengatakan mulai 11 November 2019, BKN akan membuka layanan helpdesk luring (offline) di Kantor Pusat BKN di Jalan Mayjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur dan Kantor Regional BKN yang akan memberikan solusi jika kendala pelamar tidak terselesaikan melalui penjelasan FAQ dan helpdesk daring.

Pendaftaran daring diagendakan akan dibuka sampai dengan tanggal 24 November 2019, yang dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi pada 16 Desember. Masa sanggah terhadap hasil seleksi administrasi dibuka 16 – 19 Desember dan kemudian dilanjutkan dengan pengumuman masa sanggah pada 26 Desember.

“Untuk menghindari terjadinya ketidakpuasan dalam putusan hasil seleksi administrasi yang diterbitkan instansi, pelamar diimbau untuk mempersiapkan dokumen-dokumen dengan baik dan hanya mengunggah dokumen yang sesuai dengan persyaratan,” kata dia.

Paryono mengingatkan calon pelamar untuk waspada terhadap oknum penipuan. Seleksi CPNS diselenggarakan dengan transparan, akuntabel, dan bebas biaya. “Tidak ada satu pun yang bisa lolos tanpa mengikuti seleksi,” kata dia. 

Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka Hari Ini, Ini Dokumen Harus Disiapkan

Dream – Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 resmi dibuka hari ini, Senin 11 November 2019. Tahap pendaftaran akan berlangsung selama 11—24 November 2019.

Seleksi CPNS 2019 tahun ini akan membuka 152.250 formasi terdiri dari 37.425 untuk kementerian/lembaga dan 114.861 untuk pusat.

Contoh kementerian dan lembaga yang membuka pendaftaran ini adalah Kementerian Hukum dan HAM yang membuka 4.598 formasi, kementerian Kesehatan 2.205, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Plus Perguruan Tinggi 2.196 formasi.

Ada juga Kementerian Agama yang membuka 5.815 formasi dan Kejaksaan Agung 5.203 formasi.

Bagi yang ingin mendaftar, ada sederet dokumen yang harus dipersiapkan. Misalnya, dokumen scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah, dan transkrip nilai asli. Ada juga dokumen-dokumen pendukung yang menjadi syarat instansi.

Pendaftaran CPNS 2019 resmi dibuka hari ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran CPNS 2019 dilakukan secara online melalui situs portal https://sscn.bkn.go.id/. Pelamar akan melamar dengan kata kunci dan Nomor induk Kependudukan (NIK). Kemudian, mereka akan dimintai lengkapi data dengan mengunggah foto diri dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun sebagai bukti telah membuat akun.

Lalu, memilih jabatan dan melengkapi biodata disertai dengan keterangan pendidikan. Pelamar juga mengunggah dokumen yang diperlukan, memeriksa isian pada form resume, dan mencetak kartu pendaftaran.

Selanjutnya, berkas akan diverifikasi oleh Badan Kepegawaian Negara. Pelamar yang lulus seleksi administrasi akan mendapatkan kartu ujian untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Data NIK Bermasalah Saat Daftar CPNS, Begini Solusinya

Dream – Nomor Induk Kependudukan (NIK) merupakan data yang sangat penting saat mendaftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Apabila salah input, bisa-bisa kehilangan kesempatan mengikuti tes CPNS.

Jadi, bagi kalian yang akan mendaftar seleksi CPNS, teliti seluruh data diri, terutama NIK. Input dengan benar. Tapi bagaimana bila data NIK di situs pendaftaran CPNS 2019 tak ditemukan atau tidak sesuai?

 

 

Tenang saja. Badan Kepegawaian Negara (BKN), melalui akun Twitter @BKNgoid, Rabu 6 November 2019, memberi dua alternatif yang bisa kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah data NIK tak ditemukan atau tidak sesuai.

Pertama, kamu bisa menghubungi Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota masing-masing untuk konsolidasi data.

Hubungi Halo Dukcapil

Kedua, kamu bisa menghubungi call center Halo Dukcapil dengan mengirimkan data sesuai dengan format berikut.

#NIK

#Nama Lengkap

#Nomor Kartu Keluarga

#Nomor Telepon

#Permasalahan

BKN juga menyediakan saluran hotline di 1500537,WhatsApp 08118005373, SMS 08118005371, dan e-mail callcenter.dukcapil@gmail.com.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Rekrutmen CPNS 2024 Dibuka 3 Kali, Peserta Hanya Boleh Ikut Sekali Seleksi

Rekrutmen CPNS 2024 Dibuka 3 Kali, Peserta Hanya Boleh Ikut Sekali Seleksi

Meskipun dibuka 3 kali setahun, peserta hanya bisa ikut seleksi CPNS satu kali.

Baca Selengkapnya
Seleksi CPNS 2024 Bakal Dibuka Maret, Simak Jadwalnya

Seleksi CPNS 2024 Bakal Dibuka Maret, Simak Jadwalnya

Ini jadwal untuk tiga periode perekrutan CPNS di tahun 2024

Baca Selengkapnya
Siapkan Berkas, Rekrutmen CPNS dan PPPK Sebanyak 1,2 Juta Formasi Dibuka Bulan Ini

Siapkan Berkas, Rekrutmen CPNS dan PPPK Sebanyak 1,2 Juta Formasi Dibuka Bulan Ini

Pemerintah buka formasi CASN untuk 1,2 juta lowongan

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Dibuka Januari 2024, Rekrutmen CPNS Terbuka Buat Fresh Graduate dan Lulusan SMA

Dibuka Januari 2024, Rekrutmen CPNS Terbuka Buat Fresh Graduate dan Lulusan SMA

Kuota terbesar CPNS 2024 akan dialokasikan untuk fresh graduate maupun lulusan SMA Sederajat

Baca Selengkapnya
Ada 2,3 Juta Formasi CASN di Tahun 2024, Begini Cara Daftar CPNS dan PPPK

Ada 2,3 Juta Formasi CASN di Tahun 2024, Begini Cara Daftar CPNS dan PPPK

Pemerintah telah mengumumkan selekasi CASN 2024 ada 2,3 juta formasi

Baca Selengkapnya
Persiapan Tes CPNS 2024 dan Rekrutmen Bersama BUMN, Kamu Bisa Latihan Soal dengan Cara Ini

Persiapan Tes CPNS 2024 dan Rekrutmen Bersama BUMN, Kamu Bisa Latihan Soal dengan Cara Ini

Sebelum ikut tes, ada baiknya calon peserta CPNS, PPPK maupun Rekrutmen Bersama BUMN untuk melakukan try out

Baca Selengkapnya
Pemerintah Buka Loker 225 Ribu CPNS Fresh Graduate Khusus IKN, Cek Jadwalnya

Pemerintah Buka Loker 225 Ribu CPNS Fresh Graduate Khusus IKN, Cek Jadwalnya

Direncanakan ada 225.000 CPNS yang ditempatkan di IKN.

Baca Selengkapnya