Canggih, Kaca Mata Hitam Ini Bisa Deteksi Penjahat

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 8 Februari 2018 18:30
Canggih, Kaca Mata Hitam Ini Bisa Deteksi Penjahat
Sepintas memang mirip kaca mata biasa.

Dream – Sepintas kaca mata hitam ini terlihat biasa saja. Namun, pandangan kamu akan berubah jika berkesempatan mengenakannya. 

Kaca mata hitam ini mampu mendeteksi wajah untuk menangkap penjahat.

Dikutip businessinsider.sg dari Kamis 8 Februari 2018, kaca mata ini sepintas mirip dengan Google Glass. Produsennya, LL Vision Technology. Rencananya, kaca mata ini akan dirilis awal tahun ini dan digunakan oleh polisi stasiun di Tiongkok.

CEO LL Vision Technology, Wu Fei, mengatakan kaca mata ini terhubung ke database yang bisa menghubungkan pelancong dengan pelaku kriminal. Tak disebutkan berapa lama pencocokan wajah dengan kaca mata itu. Wei mengatakan sistemnya bisa mendeteksi 10 ribu wajah dalam 100 milidetik.

Kaca mata canggih ini akan hadir di Tiongkok sebelum Tahun Baru Imlek. Ketika itu, diprediksi ada 389 juta perjalanan dengan kereta api.

Sekadar informasi, teknologi deteksi wajah sedang dikembangkan oleh polisi Tiongkok. Sistem yang dibangun ini bisa mengingat wajah 1,3 miliar penduduk dalam waktu 3 detik. Tujuannya agar bisa memantau siapa-siapa saja yang naik kereta.

Di Tiongkok, masyarakat Tiongkok harus membawa dokumen-dokumen ketika naik kereta. Otoritas pemerintah melarang orang yang berutang tinggi naik kereta berkecepatan tinggi. Belum lagi, pemerintah sedang mengawasi masyarakat yang beragama minoritas.

Penerapan teknologi untuk pengawasan ini ditentang oleh lembaga hak asasi manusia. Direktur Human Right Watch untuk Tiongkok, Sophie Richardson, mengatakan teknologi bisa merampas hak privasi karena pemerintah mengawasi masyarakat sampai detail terkecil.

“ Program ini bisa memperuncing permusuhan masyarakat dengan pemerintah. Beijing harus menghentikan programnya dan menghancurkan semua data,” kata Sophie.

(Sah)

 

Beri Komentar