Libur Panjang, Tol Cikarang Bakal Dilalui 98.065 Kendaraan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 30 November 2017 11:45
Libur Panjang, Tol Cikarang Bakal Dilalui 98.065 Kendaraan
Libur panjang Maulid Nabi membuat arus lalu lintas di GT Cikarang meningkat.

Dream – Sahabat Dream yang ingin menikmati libur akhir pekan ke luar kota sebaiknya harus bersiap diri. Selain fisik, emosi juga harus dikendalikan. Menyambut libur Maulid Nabi pada Jumat 1 Desember 2017, ruas tol ke arah Cikampek diperkirakan akan meningkat. 

AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru memperkirakan jumlah kendaraan yang melintasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama akan meningkat 31,13 persen dari hari biasanya.

Jika di hari normal kendaraan yang melintas sebanyak 74.785 kendaraan, pada hari libur panjang akhir pekan ini diperkirakan mobil roda empat ke atas yang melintas bisa mencapai 98.065 kendaraan.

“ Diprediksi puncak arus mudik libur panjang Maulid Nabi melalui GT Cikarang Utama arah Jakarta, terjadi pada H-1, yakni Kamis, 30 November 2017,” kata Heru di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, hari ini.

Menghadapi peningkatan arus kendaraan itu, pihak Jasa Marga akan membuat langkah antisipasi dengan sinkronisasi pelaksanaan tahapan pekerjaan proyek dengan pengaturan kegiatan proyek yang berpotensi mempengaruhi kondisi lalu lintas selama periode libur panjang. 

Jasa Marga juga akan mengurangi beban lalu lintas saat peak hour dengan mengalihkan rute perjalanan ke jalan arteri alternatif, dan meningkatkan kapasitas lajur dengan rekayasa lalu lintas contraflow atas diskresi polisi.

“ Selain itu, Jasa Marga telah memastikan kesiapan operasional untuk merealisasikan strategi-strategi yang berguna untuk mengurai kepadatan kendaraan, di antaranya dengan mempersiapkan petugas Call Center dengan nomor 14080, pemantauan kondisi lalu lintas melalui CCTV, penyampaian informasi lalu lintas melalui 17 VMS dan aplikasi mobile JMCARe, serta menyediakan layanan informasi kondisi lalu lintas terkini yang disampaikan melalui beberapa radio swasta,” kata dia.

Heru mengingatkan pengguna jalan agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas, memastikan kecukupan saldo uang elektronik, BBM, dan bekal yang cukup. “ Selain itu, para pengguna jalan juga diimbau untuk memastikan estimasi waktu tempuh, mengingat saat libur panjang ini, tidak ada pembatasan kendaraan berat,” kata dia.

Selamat berlibur, Sahabat Dream.

(Sah)

Beri Komentar
Sekarang Bang Ijal Hidup Kayak Atta Halilintar - Smartfren Milenial Males Jadi Miliuner Eps Spesial