Kopi Kenangan
Dream - Peritel minuman kopi di Indonesia, Kopi Kenangan, mengalokasikan dana sebesar Rp15 miliar untuk mendukung upaya menghadapi pandemi virus corona. Dana tersebut akan disalurkan kepada tenaga medis, karyawan Kopi Kenangan yang terpaksa tak bisa bekerja, serta sejumlah pihak yang terkena dampak Covid-19.
" Kopi Kenangan sadar bahwa pandemi Covid-19 'memaksa' kita untuk beradaptasi dengan melakukan berbagai perubahan sekaligus mengubah cara hidup sehari-hari. Sesuai visi kami, 'Dari Indonesia untuk Dunia,' Kopi Kenangan ingin turut bekerja bersama masyarakat Indonesia dan menghadapi masa-masa menantang ini," ujar CEO Kopi Kenangan, Edward Tirtanata, melalui keterangan tertulis.
Tak hanya itu, Kopi Kenangan juga meluncurkan sejumlah strategi untuk bersama masyarakat menghadapi situasi sulit. Mulai dari pembagian 50 ribu cangkir Kopi Kenangan gratis untuk tenaga medis, memastikan tidak melakukan PHK terhadap barista dan karyawan tetap Kopi Kenangan, hingga gaji Rp1 untuk para pimpinan.
Dari dana Rp15 miliar yang disiapkan untuk mengatasi dampak Covid-19, Rp13 miliar disalurkan untuk melindungi kesehatan dan keamanan pelanggan, barista dan produk Kopi Kenangan melalui pembelian mesin sterilisasi, hand sanitizer, termometer, dan masker non-medis.
Sedangkan Rp2 miliar didonasikan kepada beberapa partner yang bekerjasama dengan Kopi Kenangan untuk mengatasi pandemi corona.
Pada 9 Maret lalu, Kopi Kenangan telah meluncurkan kampanye SENANG atau Sehat Bersama Kenangan sebagai upaya perlindungan kesehatan dan keselamatan bagi karyawan dan pelanggan.
Kampanye ini fokus pada sterilisasi dan kesehatan barista serta mitra Kopi Kenangan. Implementasinya melalui pemeriksaan suhu tubuh karyawan dan mitra pengiriman, kebijakan mencuci tangan dan penggunaan hand sanitizer, penggunaan masker dan sarung tangan, serta pembersihan area kerja dengan disinfektan.
Kopi Kenangan juga mendukung imbauan pemerintah dengan physical distancing. Hal itu dilakukan dengan meniadakan area duduk di gerai kopi kenangan.
Kopi Kenangan berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam perjuangan menghadapi pandemi Covid-19.
Dream - Kopi Kenangan mendapatkan tambahan modal seri A sebesar US$20 juta (Rp279,89 miliar). Suntikan modal ini didapat dari Arrive, Serena Ventures, pebasket Caris Levert, dan CEO Sweetgreen, Jonathan Neman.
Sequoia India menjadi pemimpin investasi seri A ini.
Sekadar informasi, Arrive merupakan anak usaha Roc Nation yang didirikan oleh rapper Jay-Z dan Serena Ventures oleh Serena Williams.
Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 23 Desember 2019, salah satu founder dan CEO Arrivem, Neil Sirni, takjub dengan perkembangan Kopi Kenangan. Dikatakan bahwa kedai kopi ini telah memperluas jaringan ke 18 kota dan punya 200 gerai. Kedai ini juga mempekerjakan 1.800 pegawai.
“ Kami bangga bisa menjadi investor dan mitra Kopi Kenangan dalam upaya mereka memperkenalkan kopi khas Indonesia ke dunia,” kata Sirni.
Sekadar informasi, Kopi Kenangan didirikan oleh Edward Tirnata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa.
Setahun lalu, Kopi Kenangan baru mengelola 16 toko dan menyajikan beberapa ribu gelas kopi per hari. Sekarang, kedai kopi grab n go itu memiliki lebih dari 200 gerai secara nasional dan menyajikan lebih dari tiga juta gelas kopi per bulan.
Secara rata-rata, perusahaan membuka lebih dari satu gerai per hari. Perusahaan yang telah mencatatkan keuntungan ini juga menorehkan pertumbuhan pendapatan sebanyak 20 kali lipat sejak menerima pendanaan seed round yang dipimpin Alpha JWC tahun lalu.
Edward berencana untuk memperluas bisnis kopi ke Asia Tenggara dan menambah lebih dari 1000 gerai dalam dua tahun ke depan.
“ Kami ingin membangun brand yang legendaris dan kami sangat senang dapat bekerja bersama para investor dan penasihat baru kami yang telah sukses membangun waralaba konsumen global di bidang olahraga, hiburan, makanan dan minuman, serta teknologi,” kata dia.
Dream – Jika ditanya bisnis apa yang sedang menjamur selain online shop, kamu pasti akan sepakat salah satunya adalah kopi. Hampir di sudut kota kita bisa menemukan kedai kopi, kafe, atau sekadar warung kopi bertebaran di pinggir jalan.
Kopi telah naik status dari sekadar makanan penghilang kantuk menjadi gaya hidup. Banyak ditemukan anak muda hangout di kafe-kafe yang menyediakan kopi sebagai sajian utama.
Jika berbicara tren kopi, perhatian kita mungkin akan langsung tertuju pada salah satu merek minuman ternama, Kopi Kenangan.
Dikutip dari Merdeka.com, Rabu 2 Oktober 2019, CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, Edward Tirtanata, menempuh cara khusus agar bisa menggaet pelanggan. Kafenya selalu menyediakan kopi dengan harga terjangkau. Dengan begitu, para pelanggan tak terbebani saat menyeruput minuman pahit tersebut.
" Kita 22 September 2017 buka. Untuk tren kopi market sebenarnya semakin lama semakin ingin affordable," kata Edward di Jakarta.
Sejak awal dibuka pada 22 September 2017, Kopi Kenangan menawarkan harga yang relatif terjangkau. Misalnya untuk menu andalan 'Kopi Kenangan Mantan' dibanderol Rp18 ribu.
Dari hasil survei kecil-kecilan, Kopi Kenangan menetapkan harga segelas kopi Rp18 ribu. Harga itu sudah memperhitungkan kemampuan pelanggan untuk membeli kopi. Angka ini juga mempertimbangkan upah minimum regional (UMR).
" Karena kebanyakan masyarakat tidak bisa konsumsi kopi harga Rp40 ribu—Rp50 ribu," kata dia.
Edward mengatakan, harga segelas kopi bisa saja seharga Rp40 ribu jika UMR Indonesia tinggi. “ Kamu melakukan kalkulasi dengan UMR sekarang. Harga yang cocok sekitar Rp18 ribu,” kata dia.
Diharapkan dengan harga yang demikian semua golongan masyarakat, terutama penyuka kopi dapat menikmati kopi lebih sering. " Dengan harga (kopi kenangan) di bawah Rp20 ribu orang bisa minum kopi tiap hari, paling tidak 2-3 kali seminggu lah," kata dia.
Advertisement
Asam Urat di Usia Muda? Ini 7 Penyebab dan Cara Mencegahnya
Komunitas Muda Mudi Surabaya, Peduli Lingkungan Lewat Langkah Kecil Berdampak Nyata
BPKH Setor Rp2,7 Triliun ke Arab Saudi untuk DP Haji 2026
10 Usulan Dewan Pers Soal Perubahan UU tentang Hak Cipta
Arab Saudi Buat Proyek `Sulap` Sampah Jadi Energi Listrik
5 Sumber Penghasilan Amanda Manopo yang Menikah di Hotel Mewah
Hj.Erni Makmur Berdayakan Perempuan Kalimantan Timur Lewat PKK
Inovasi Koper Akses Ganda untuk Pengalaman Traveling Lebih Praktis dan Stylish
Ruang Aman Baru untuk Perempuan: Salon Premium yang Hadirkan Privasi dan Pemberdayaan
Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia, Saling Membantu dan Memberi Dukungan
4 Rekomendasi Susu Penambah Nafsu Makan Anak yang Bikin Lahap Lagi di 2025