Survei: Orang Indonesia Ingin Dibiayai Anak Saat Pensiun

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Selasa, 12 Februari 2019 18:15
Survei: Orang Indonesia Ingin Dibiayai Anak Saat Pensiun
Hanya sepertiga orang Indonesia yang sadar akan investasi pensiun.

Dream – Mayoritas orang Indonesia ingin hidup nyaman saat pensiun. Namun sayangnya, hanya sedikit orang yang sadar melakukan investasi untuk masa tua mereka. 

Itulah hasil survei Future of Retirement, Bridging the Gap HSBC terhadap 1.050 responden yang berumur 21 tahun hingga usia pensiun.

Hasil survei menunjukkan 68 persen orang Indonesia menginginkan hidup nyaman ketika pensiun. Namun, hanya 30 persen yang sadar akan investasi untuk masa tua.

Head of Wealth Management PT Bank HSBC Indonesia, Steven Suryana, mengatakan, investasi dana pensiun seharusnya segera dilakukan.

" Masa pensiun merupakan saat seseorang idealnya menikmati masa istirahat bersama setelah bertahun-tahun bekerja," kata Seteven di Jakarta, Selasa 12 Februari 2019.

Tiga perempat responden survei itu, kata Steven, berharap mendapatkan biaya hidup dari anak-anaknya. Nyatanya, hanya sepertiga yang mendapatkan biaya hidup dari anak-anak mereka.

“ Kenyataannya saat ini hanya kurang dari sepertiga responden usia pensiun menerima bantuan dari anaknya,” kata dia.

Steven mengatakan, ada 54 persen responden ingin berwirausaha ketika pensiun. Sebanyak 29 persen responden mengandalkan biaya hidup dari tabungan. Sementara, 25 persen responden ingin mencari pekerjaan baru, dan 19 persen ingin membangun indekos atau menyewakan rumah.

Dia mengatakan, ada juga yang berharap mendapatkan uang tunjangan pensiun dari perusahaan. “ Yang pasti, semakin dini kita mempersiapkan diri, semakin bisa kita mewujudkan mimpi menjadi crazy rich retiree di Indonesia,” kata dia.

1 dari 3 halaman

4 Tips Mudah Tambah Pemasukan Buat Masa Pensiun

Dream – Kita semua punya tahap kehidupan yang berbeda. Untuk beberapa orang, masa pensiun tinggal mungkin tinggal hitungan tahun atau mungkin bulan. Di saat seperti inilah muncuk kekhawatiran kebutuan hidup kelak tak tercukupi.,

Sementara mereka yang masih muda, jarang terpikir dalam kehidupan mereka tentang merancang masa pensiun bahagia. Alasannya, masa pensiun masih sangat lama.

Ya, bukan masalah usia bagi orang-orang yang ingin pensiun. Berhenti total dari karier memang harus ada dalam pikiran orang. Semakin tua usia, semakin dekat pula dengan masa pensiun. Tapi, uang yang dihasilkan ketika masih muda akan lebih berharga.

Makanya, lebih baik orang muda mempersiapkan pensiun sejak dini. 

Menabung menjadi cara yang umum dilakukan untuk mempersiapkan diri untuk pensiun. Ada lima cara yang bisa dilakukan agar uang yang dihemat bisa dialihkan ke dana pensiun. Berikut ini caranya, dikutip dari Lifehack, Senin 3 September 2018. 

2 dari 3 halaman

Jangan Lupa Pekerjaan Sampingan

Punya Pekerjaan Sampingan

Banyak orang memiliki pekerjaan sampingan. Pekerjaan ini bisa menambah pundi-pundi tabungan. Disarankan kamu bekerja sampingan di akhir pekan.

Ubah Kebiasaan

Setiap orang punya kebiasaan yang bisa membuat pengeluaran ekstra. Misalnya, minum kopi setiap pagi. Atau, pergi makan di luar setiap hari.

Apa pun kebiasaanmu itu, kini saatnya untuk dipangkas. Kopi menjadi salah satu kebiasaan yang membuatmu boros. Kamu bisa mendapatkan manfaat dari mengurangi kebiasaan ngopi. Uang yang dibelanjakan untuk minum kopi, bisa kamu alihkan ke tabungan pensiun.

3 dari 3 halaman

Ingat, Beli Rumah

Lakukan Saja

Beberapa orang menghasilkan uang yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Mereka juga tidak mengubah banyak perubahan setiap harinya. Mereka hanya menyisihkan uang setiap bulan.

 Memasuki Masa Pensiun, Coba Bisnis Ini...

Kalau kamu ingin seperti mereka yang berkecukupan, tinggal menabung saja dengan rutin. Ingat, menabung uang dengan rutin juga bisa membuat tabunganmu membengkak.

Beli Rumah

Kalau masih mengontrak rumah, tapi mampu beli hunian, ya, lebih baik beli rumah. Banyak orang pensiun diri dengan penghasilannya dari memiliki banyak rumah. Harga rumah telah terbukti naik dari waktu ke waktu.

Kalau membeli rumah, kamu bisa menghemat uang kontrakan. Uang ini bisa dialihkan ke dana pensiun. Kalau mengontrak rumah, sama saja kamu membayar orang untuk pensiun dini. 

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik