Menilik Tren Libur Nataru: Inilah Negara, Kota dan Aktivitas Liburan yang Jadi Favorit

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Selasa, 22 November 2022 10:14
Menilik Tren Libur Nataru: Inilah Negara, Kota dan Aktivitas Liburan yang Jadi Favorit
Tercatat hampir 1 juta orang sudah berpartisipasi dalam acara ini dan melakukan perencanaan perjalanan akhir tahun 2022 baik untuk destinasi domestik maupun internasional

Dream - Hampir tiga tahun dunia dilanda pandemi virus Corona. Semua akses perjalanan lintas negara yang semula ditutup kini mulai dibuka.

Pastinya masyarakat rindu berkeliling belahan dunia, sangat antusias saat akses perjalanan lintas negara sudah dibuka kembali. Pelonggaran dan dibukanya kembali transportasi antarnegara menyebabkan lonjakan jumlah wisatawan.

Hal ini diperkuat dengan data dari Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWT) menyembutkan bahwa pariwisata internasional menunjukan pemulihan yang kuat.

Sebanyak 474 juta wisatawan melakukan perjalanan internasional selama periode Januari hingga Juli 2022, dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2021 dengan total jumlah 175 juta wisatawan.

" Dengan kondisi global yang semakin pulih dari pandemi, minat untuk melakukan perjalanan semakin menguat. Sepanjang tahun ini kita sudah mendengar istilah revenge travel dimana masyarakat di seluruh dunia memiliki keinginan kuat untuk kembali berwisata, begitu pun dengan masyarakat Indonesia. Tidak hanya untuk tujuan domestik, konsumen Traveloka juga turut mengincar destinasi internasional," jelas Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer Traveloka pada keterangan tertulis yang diterima Dream.

Apalagi kurang dari dua bulan lagi masyarakat Indonesia akan menyambut libur Natal dan tahun baru (Nataru) bersamaan dengan libur sekolah pada akhir tahun. Momen ini kerap dimanfaatkan sebagai momen berwisata oleh masyarakat.

Hal ini terefleksi dari data pemerintah yang menyebutkan bahwa potensi mobilitas masyarakat jelang Nataru 2022/2023 diprediksi akan mencapai 22,4% dari total populasi nasional.

Traveloka mencatat antusiasme konsumen yang cukup tinggi untuk merencanakan perjalanan jelang akhir tahun ini. Selama sepekan penyelenggaraannya, Traveloka Travel Fair 11.11 mencatat  hampir 1 juta orang sudah berpartisipasi dalam acara ini dan melakukan perencanaan perjalanan akhir tahun 2022 baik untuk destinasi domestik maupun internasional.

1 dari 4 halaman

Destinasi Negara Favorit

Melonjaknya minat masyarakat untuk berlibur akhir tahun, Traveloka mencatat bahwa minat masyarakat terhadap destinasi domestik maupun internasional terus mengalami pertumbuhan, terutama pada destinasi di Asia Tenggara.

Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan minat masyarakat yang tumbuh sebesar 40% untuk melakukan perjalanan ke destinasi internasional favorit, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Vietnam, Taiwan, dan Australia pada periode Traveloka Travel Fair 11.11 dibandingkan dengan periode biasa.

Beberapa negara tetangga Indonesia di Asia Tenggara, seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia, masih menjadi destinasi favorit konsumen karena menerapkan bebas visa dan memiliki akses yang mudah dengan berbagai pilihan penerbangan langsung. Namun, sejak kuartal III tahun ini, minat masyarakat Indonesia untuk bepergian ke Jepang dan Korea Selatan meningkat signifikan seiring dengan dibukanya perbatasan di kedua negara itu.

 

2 dari 4 halaman

Destinasi Kota Favorit

Selain destinasi luar negeri yang mengalami lonjakan peminat, destinasi domestik juga tetap menjadi primadona bagi konsumen Traveloka. Destinasi-destinasi favorit kota besar yang menjadi incaran selama Traveloka Travel Fair 11.11. adalah Bali, Medan, Surabaya, Makassar, dan Jakarta.

Menariknya, promosi Traveloka ini juga menunjukkan munculnya minat terhadap destinasi-destinasi wisata yang mulai berkembang, seperti Batam, Pekanbaru, Biak, Mando, Timika, dan Kendari.

 

3 dari 4 halaman

Tren Wisata dan Atraksi yang Digemari

Data yang dihimpun dari Traveloka Travel Fair 11.11 menunjukkan bahwa selain berwisata, minat konsumen untuk beraktivitas di luar ruang, melihat atraksi atau mengunjungi taman bermain juga menunjukkan tren positif.

Hal ini terlihat dari meningkatnya pemesanan tiket atraksi lokal melalui Traveloka Xperience selama periode Traveloka Travel Fair 11.11 hingga 24% dibandingkan dengan periode biasa.

Jenis taman wisata atau atraksi yang digemari oleh konsumen adalah destinasi yang menawarkan beragam permainan untuk seluruh keluarga, seperti Dufan di Jakarta, Jatim Park di Kota Batu, dan Trans Studio di Bandung, hingga Universal Studios di Singapura.

 

4 dari 4 halaman

Tren Staycation

 Tidak hanya itu, tren staycation yang marak setelah pandemi juga tetap diminati oleh konsumen Traveloka. Staycation merupakan bentuk wisata singkat di berbagai jenis akomodasi, baik di dalam kota, maupun di luar kota.
 
" Traveloka Travel Fair 11.11 hadir untuk membantu konsumen merencanakan perjalanan impian dengan lebih mudah dan nyaman, baik untuk destinasi di dalam negeri maupun luar negeri. Komitmen ini menegaskan Traveloka sebagai platform perjalanan dan gaya hidup yang senantiasa menghadirkan best value atau harga-harga yang memberikan keuntungan lebih bagi para konsumen dalam mewujudkan rencana perjalanannya," tutup Shirley.

Beri Komentar