PPKM Kembali Diperpanjang, Ini Syarat Naik KRL

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 24 Agustus 2021 13:14
PPKM Kembali Diperpanjang, Ini Syarat Naik KRL
Apa saja ya dokumen yang harus dibawa?

Dream – Pemerintah kembali memperpanjang PPKM mulai hari ini, Selasa 24 Agustus 2021 hingga 30 Agustus 2021. PT KAI Commuter tetap memberlakukan dokumen syarat perjalanan dengan KRL.

Persyaratan ini berlaku untuk pengguna di sektor esensial dan kritikal.

“ Para pengguna tetap diwajibkan menunjukkan kelengkapan dokumen yang disyaratkan tersebut kepada petugas di stasiun,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis KAI Commuter.

Anne menyebut aturan perjalanan menggunakan KRL masih sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan RI No. 58 tahun 2021. Kalau ada ketentuan terbaru dari pemerintah, KAI Commuter akan mengikutinya.

1 dari 4 halaman

Ini Dokumennya

Berikut ini adalah dokumen syarat perjalanan yang harus ditunjukkan oleh para pengguna KRL.

1. STRP atau surat keterangan dari pemerintah daerah setempat.

2. Surat tugas dari pimpinan perusahaan maupun instansi pemerintahan tempat bekerja.

3. Untuk kebutuhan mendesak seperti keperluan medis/pengobatan, persalinan, duka cita, vaksinasi, pengguna wajib menunjukkan dokumen atau surat keterangan yang sesuai.

2 dari 4 halaman

Gelar Vaksinasi

KAI Commuter, lanjut Anne, mendukung program percepatan vaksinasi di stasiun KRL. Sejak 25 Juli 2021 lalu perusahaan ini bersama Dinas Kesehatan setempat telah melaksanakan vaksinasi di sembilan stasiun antara lain Stasiun Duri, Angke, Jakarta Kota, Maja, Rangkasbitung, Cikarang, Lenteng Agung, serta Stasiun Kalideres.

Tercatat sudah lebih dari 10 ribu pengguna KRL dan masyarakat umum sekitar stasiun berhasil divaksin di stasiun.

Hari ini, vaksinasi juga akan berlangsung di Stasiun Duri dengan vaksin AstraZeneca dosis 1 dan 2 serta Sinovac dosis 1 dan 2 untuk remaja dan ibu hamil. Peserta vaksinasi diharapkan membawa identitas diri.

“ Para calon peserta vaksinasi kami imbau datang lebih awal untuk melakukan pendaftaran di lokasi,” kata dia.

3 dari 4 halaman

Ini Kelonggaran-Kelonggaran PPKM yang Diperpanjang hingga 30 Agustus 2021

Dream - Presiden Joko Widodo memperpanjang pelaksanaan PPKM hingga 30 Agustus 2021. Tetapi pada perpanjangan kali ini diterapkan penyesuaian kondisi dengan memperlonggar pengetatan menyusul membaiknya beberapa indikator penanganan Covid-19.

" Tempat ibadah diperbolehkan dibuka untuk kegiatan ibadah maksimal 25 persen kapasitas atau maksimal 30 orang," ujar Jokowi dalam konferensi pers disiarkan Sekretariat Presiden.

 

© Dream

 

Restoran, kata Jokowi, boleh menyediakan layanan makan di tempat (dine-in). Jumlah pengunjung dalam ruangan dibatasi maksimal 25 persen dari kapasitas.

" 2 orang per meja dan pembatasan jam operasional hingga pukul 20.00," terang Jokowi.

 

4 dari 4 halaman

Mall Buka dengan Kapasitas 50 Persen

Selain itu, pusat perbelanjaan atau mall boleh buka sampai pukul 20.00. Kapasitas pengunjung dibatasi maksimal 50 persen.

" Dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat yang diatur lebih lanjut oleh pemerintah daerah," kata Jokowi.

Industri berorientasi ekspor dan penunjang dibolehkan menggelar Work From Office 100 persen. Tetapi jika terjadi klaster penularan Covid-19, maka ditutup sementara selama 5 hari.

" Penyesuaian atas beberapa PPKM ini dibarengi dengan protokol kesehatan yang ketat dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk," ucap Jokowi.

Beri Komentar